Memulai sebuah hubungan baru merupakan sebuah awalan yang segar untuk membuat hidupmu lebih berwarna. Mempunyai seseorang yang dapat menjadi penyemangat dan pendampingmu di masa depan, itu pasti akan membuatmu lebih bahagia. Akan tetapi Bela, bagaimana jika kamu memulai hubungan itu dalam hubungan jarak jauh?

Kamu mempunyai dia sebagai seorang pasangan akan tetapi bukan untuk kehadirannya, hal realistis ini yang mungkin harus kamu ingat lagi. Nggak hanya hal itu, LDR juga membentuk kamu untuk menjadi seorang yang mandiri dan menghargai waktu. Pasti ada plus dan minusnya dari hal tersebut. Nah inilah hal yang harus kamu ingat sebelum memulai LDR.

Step 1: Jangan pernah mengucapkan statement jika belum mencobanya

6 Langkah yang Harus Kamu Lalui sebelum Memutuskan untuk LDRpexels.com/ Diego Alves

Mungkin ada banyak orang di sekitarmu yang pernah mengalami LDR. Beberapa ada yang berhasil adapun yang gagal. Ingat, itu pengalaman mereka ya, Bela, bukan kamu. Bisa jadi kamu termasuk yang berhasil di antara mereka. Mencoba terlebih dahulu dan membangun hubungan yang optimis akan lebih baik daripada termakan omongan orang, kan?

Step 2: Menyiapkan rencana ke depan

6 Langkah yang Harus Kamu Lalui sebelum Memutuskan untuk LDRpixabay.com/ takmeomeo

Walaupun pasanganmu berada jauh di sana, kamu dan dia juga harus mempunyai keadaan ke depan dari LDR itu. Apakah kamu akan meninggalkan orangtua yang sudah lanjut usia, ikut mendampingi berkerja bersamanya, kamu akan tetap bersamanya meski dengan jarak di antara kalian, ataupun meninggalkan pekerjaan yang kamu sukai. Sampaikan apa yang kamu harapkan tentang hubungan jarak jauh ini. Jangan kamu pendam, karena saat kamu hidup bersama dengannya, inilah penyelesaiannya.

Step 3: Ada effort lebih yang dilakukan

6 Langkah yang Harus Kamu Lalui sebelum Memutuskan untuk LDRpexels.com/ Inna Lesyk

Sebelum kamu memulai LDR, pastikan jika kamu sudah benar-benar siap akan adanya effort lebih yang dilakukan. Untuk bertemu saja, kamu dan pasangan harus menyisihkan tenaga, waktu dan uang yang ekstra. Ini nggak akan ditemukan bagi pasangan yang berada dalam satu kota. Menjadi lebih sabar dan nggak gegabah adalah kuncinya. Syukuri setiap pertemuan dengannya karena untuk mendapatkannya tidaklah mudah.

Step 4: Lihat tanggal merah pada kalender

6 Langkah yang Harus Kamu Lalui sebelum Memutuskan untuk LDRpexels.com/ Pixabay

Hal ini sangat penting untukmu yang melakukan hubungan jarak jauh. Perlu kamu tahu, Bela, karena satu hari di tanggal merah saja dapat menjadi ajang kalian bertemu. Selalu cari tanggal merah di kalender, terlebih jika kamu mendapatinya sebelum atau setelah weekend, tunggu apa lagi! Cari tiket dan berangkat untuk bertemu.

Step 5: Kualitas lebih penting daripada kuantitas

6 Langkah yang Harus Kamu Lalui sebelum Memutuskan untuk LDRpicjumbo.com/

Keluhan dari pasangan LDR adalah intensitas bertemu yang lebih minim. Kamu nggak bisa menikmati setiap weekend-mu dengan menonton film favorit kalian, makan bersama ataupun pergi ke tempat yang baru terus menerus. Pastikan setiap pertemuan kalian adalah hal yang berkualitas, entah sharing hal yang kamu anggap serius, menikmati waktu bersama dengan travelling atau melakukan hal yang membuat kamu lebih merasa dekat dengannya.

Step 6: Nggak semua rencana berjalan mulus

6 Langkah yang Harus Kamu Lalui sebelum Memutuskan untuk LDRpexels.com/ Pixabay

Kamu harus siap jika rencana yang jauh-jauh hari kamu siapkan akan berantakan karena suatu alasan. Mungkin saja salah satu dari kalian sakit, ketinggalan kereta ataupun pesawat ataupun menstruasi kamu datang lebih awal. Hal ini mungkin akan membuat kamu atau dia merasa kesal. Untuk meminimalisir adanya pertengkaran akan hal itu, siapkan plan B untuk mengatasinya. 

Baca Juga: Para Ahli Ingatkan Dampak Ini jika Kamu Terlalu Cemburu ke Dia