Diselingkuhi merupakan hal yang sangat nggak menyenangkan. Ketika perselingkuhan dilakukan oleh pasanganmu, kamu merasa nggak berdaya atau bahkan merasa tertantang untuk menyudahi semua hubungan kalian.

Menerima adanya perselingkuhan di suatu hubungan memang berat, terkadang kamu justru akan menyalahkan keadaan, diri sendiri atau pasanganmu, terutama jika perselingkuhan itu terjadi berkali-kali.

Jangan salah ambil Langkah, inilah hal yang harus kamu lakukan saat diselingkuhi berkali-kali.

1. Menyalahkannya nggak akan menyelesaikan masalah

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ freepik

Mungkin ketika pertama kali kamu mengetahui hal ini, menyalahkan pasanganmu bisa menjadi hal yang sering terjadi. Kamu tentu merasa bahwa perselingkuhan ini nggak adil dan dia yang salah karena melakukan hal ini.

Walaupun menyalahkan dia saat perselingkuhan terlihat lebih mudah dan membuatmu merasa lebih baik, pada akhirnya kesalahan ini nggak akan membawamu ke mana-mana. Menyalahkan nggak mengatasi masalah yang menyebabkan terjadinya perselingkuhan itu.

2. Tetapkan harga diri

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ lookstudio

Saat diselingkuhi pertama kali, kamu masih berusaha memberikan kesempatan kedua pada pasangan dengan harapan bisa memperbaiki hubungan kalian. Akan tetapi saat kamu sudah berkali-kali diselingkuhi, terkadang menyalahkan diri sendiri dengan berbagai kekuranganmu akan terjadi.

Ketika menyalahkan diri sendiri terus dilakukan, kamu akan memiliki harga diri yang nggak sehat. Oleh karena itu menetapkan harga diri dan standar untuk pasangan sangat penting adanya.

Nggak semua kesalahan itu dari kamu. Bisa juga justru pasanganmu memang nggak layak untuk dipertahankan. Know your self worth, Bela.

3. Pertimbangkan kembali setiap aspek hubunganmu

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ user4891512

Poin ini berlaku baik saat kamu sudah meninggalkan pasangan yang sudah selingkuh atau masih bersamanya. Hubungan itu sebenarnya nggak rumit, tetapi sesekali sangat kompleks.

Ada berbagai banyak hal yang harus dijadikan perhatian, ada banyak emosi dalam sebuah hubungan, dan kebutuhanmu serta pasangan bisa berubah-ubah.

Saat pasanganmu selingkuh, mungkin ada berbagai alasan kenapa dia melakukannya. Bisa jadi karena satu hal ataupun memang sudah banyak alasan. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan dari berbagai sudut pandang agar kamu semakin terbuka.

4. Pahami kenapa kamu diselingkuhi untuk beberapa kalinya

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ dashu83

Saat kau diselingkuhi lebih dari satu kali, ini bisa dari pasagan yang sama atau berbeda. Saat bersama orang yang sama, evaluasi apakah kamu ingin mau bertahan dengan seseorang yang jelas nggak menghargai hubunganmu lebih dari sekali?

Jika dengan orang berbeda, coba lihat lagi kebiasan di hubunganmu. Jika kamu tahu alasan mereka selingkuh, apakah hal ini sama di masing-masing hubungan? Bisa jadi ada kebutuhan mereka yang nggak bisa kamu penuhi secara konsisten.

Sekali lagi, bukan untuk menyalahkanmu, tetapi bukan berarti kamu nggak berperan sebagai sebabnya.

5. Coba hal baru dan bertemu orang baru juga

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ pressfoto

Keluar dari rutinitas dan zona nyaman mungkin nggak hal yang mudah untukmu. Apalagi kehilangan orang yang kamu sayangi dengan cara yang nggak menyenangkan. Tetapi itu salah satu cara untuk menghidupkan kehidupanmu lagi.

Alihkan pikiranmu dari perselingkuhan ataupun perasaan negatif, hal ini akan meringankan rasa sakitmu dan memberi ruang kepada dirimu. Mengenal orang baru bisa menjadi cara untukmu menambah teman, menjalin hubungan positif, atau bahkan mengisi ruang kosong di hidupmu.

6. Coba untuk healing terlebih dahulu

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ senivpetro

Diselingkuhi berkali-kali akan menjadi hal yang menyakitkan untukmu. Saat semua amarah, rasa sakit hati, dan dendam larut dalam satu perasaan negatif, kamu perlu healing dan istirahat sesaat. Biarkan kamu merasakan fresh dan bersiap kembali dengan hubunganmu yang baru.

7. Jangan lelah untuk mendapatkan seseorang yang tepat

Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kalifreepik.com/ ArthurHidden

Saat kamu sudah diselingkuhi berkali-kali, mungkin yang kamu pikir adalah percuma menjalin hubungan jika semua laki-laki sama saja. Akan tetapi hal ini salah adanya, ya, Bela. Pengalaman terburukmu mungkin akan menjadi bekal untukmu mendapatkan seseorang yang lebih baik lagi ke depannya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah beberapa kali diselingkuhi. Sakit, sih, Bela, tapi kamu tetap perlu melanjutkan hidup.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 6 Hal yang Enggan Didengar Laki-Laki Darimu

Baca Juga: 6 Zodiak yang Nggak Mudah Tergoda Perselingkuhan

Baca Juga: 10 Tanda Suami Kapok Selingkuh