Ketika kita berbicara tentang anatomi perempuan, sepertinya Miss V mendapat perhatian paling besar. Bagaimana tidak, selain harus dijaga kebersihan dan kesehatannya, di sanalah nanti akan menjadi aset terbesarmu. Berbicara tentang Miss V, pasti erat kaitannya dengan klitoris.

Klitoris sendiri adalah sekelompok saraf yang terletak tepat di atas lubang Miss V. ada yang bilang, klitoris seperti tombol kecil di Miss V. Meskipun kecil, di sinilah kamu akan mendapatkan orgasme maksimal.

Elizabeth Newell, MD, seorang OBGYN di Swedish Medical Center di Littleton, Colorado mengungkapkan ada berbagai fakta menarik tentang klitoris yang akan mengejutkan kamu. Wah, apa saja, ya?

1. Nggak memiliki fungsi selain kesenangan

Perempuan Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Tentang Klitorisfreepik.com/ alexander1202

Sebagian organ di tubuh kita memiliki fungsi yang diperlukan untuk keberlangsungan hidup kita. Jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, paru-paru untuk mengirimkan oksigen saat kita bernafas, dan lainnya.

Akan tetapi, klitoris memang difungsikan untuk kesenangan atau mendapatkan orgasme saja. Bahkan Dr. Alfred Kinsey, seorang ahli biologi Amerika dan pendiri Institut Penelitian Seks di Universitas Indiana, menyebutnya sebagai "pusat kesenangan perempuan".

2. Lebih banyak mempunyai ujung syaraf daripada penis

Perempuan Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Tentang Klitorisfreepik.com/ alexander1202

Seperti yang diketahui penis mempunyai 4.000 ujung syaraf yang menakjubkan, terdengar sangat banyak. Akan tetapi, klitoris mempunyai hampir dua kali lipatnya, yaitu antara 7.000 hingga 8.000 ujung syaraf.

Ujung syaraf adalah sensor yang berfungsi untuk mengirim pesan untuk kembali ke otak. Ujung syaraf dapat ditemukan di seluruh tubuh, terutama tempat seperti kaki, tangan, dan organ intim. Di sinilah kamu dapat menjauhkan diri dari bahaya dan mengingatkan otak untuk menghindari sesuatu, semisal panas, dingin, dan tajam. Jadi, fungsi klitoris, yaitu mengirim sinyal kesenangan ke otak.

3. Dapat menghasilkan orgasme

Perempuan Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Tentang Klitorisfreepik.com/ dmytrenko

Jika kamu ingin mendapatkan orgasme maksimal dari stimulasi Miss V, sepertinya klitoris juga merupakan kuncinya. Mayoritas perempuan membutuhkan rangsangan klitoris untuk mencapai klimaks. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memberi stimulasi halus ke klitoris, ataupun gesekan nggak langsung saat berhubungan seks. Oleh karena itu, letak klitoris dekat di lubang Miss V.

4. Klitoris jauh lebih besar daripada yang kamu pikir

Perempuan Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Tentang Klitorisfreepik.com/ kukuruzaphoto

Meskipun kamu hanya melihat sebagian kecil yang tampak di luar, sebenarnya klitoris mempunyai ukuran yang lebih besar. Klitoris membentang jauh ke dalam tubuh, memanjang dengan ukuran 7-10 cm dan akan terus bertambah seiring bertambahnya usia.

5. Dapat melakukan ereksi

Perempuan Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Tentang Klitorisfreepik.com/ bilahata

Seperti halnya dengan penis pada laki-laki, klitoris bisa melakukan ereksi. Selama gairah sensual meningkat, pembuluh darah membesar, mengirimkan lebih banyak darah ke area tersebut yang akan membuatnya seperti membengkak.

Ketika ukuran klitoris meningkat atau mengembang, proses itulah yang disebut vasokongesti.

Saat terangsang, klitoris pada perempuan bisa berlipat ganda, ereksi ini mereda dalam waktu 10 menit. Akan tetapi saat klitoris berereksi dan nggak mencapai klimaks, hal itu akan berlangsung selama beberapa jam.  

6. Setiap klitoris berbeda-beda

Perempuan Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Tentang Klitorisfreepik.com/ haritanita

Perempuan pasti datang dalam beragam versi, hal inilah juga yang berlaku pada klitoris. Jadi, nggak usah khawatir jika akan ada perbedaan bentuk dan warna dari berbagai anatomi yang ada.

Ada perempuan yang memiliki tudung yang menutupi klitoris dan menonjol, ataupun tersembunyi. Ini normal adanya. Terlepas dari ukuran, bentuk atau warna, yang penting kamu tahu fungsi dari klitoris yang sangat penting untuk kesenanganmu sendiri.

Itulah beberapa fakta penting seputar klitoris. Ternyata menarik banget, ya, Bela!

Baca Juga: 7 Tips Blowjob untuk Memuaskan Pasangan

Baca Juga: 3 Jenis Orgasme Vagina yang Harus Kamu Tahu

Baca Juga: Raih Orgasme Bersamaan, Coba 5 Posisi Seks Ini Dengan Pasangan