Cemburu? Yup, perasaan manusiawi yang sering ditujukan kepada pasangan. Respons emosional karena merasa dalam keadaan terancam ini memang terkadang diperlukan untuk menjaga romantisme terhadap pasangan. Sejatinya cemburu adalah pertanda pasangan merasa sayang dan takut kehilangan terhadap hubungan kamu. Akan tetapi Bela, hal yang harus kamu ingat adalah cemburu yang terlalu berlebih nggak baik terhadap kamu, pasangan dan hubunganmu.

Menurut Dr. Gary Brown, seorang terapis hubungan terkemuka di Los Angeles, cemburu yang tergolong masih sehat itu hanya sedikit, rasa terancam akan kehilangan pasanganmu yang ditunjukkan terlalu berlebih akan membuat rasa kebencian, ketakutan, kecurigaan dan rasa persaingan. Hal ini jelas sangat toxic dalam hubungan. Oleh karena itu inilah dampak negatif dari rasa cemburu yang terlalu tinggi.

1. Menimbulkan rasa insecure terhadap diri sendiri

Para Ahli Ingatkan Dampak Ini jika Kamu Terlalu Cemburu ke Diastocksy.com/ kkgas

Salah satu dampak cemburu yang berlebih menurut Dr. Brown adalah meragukan diri sendiri. Seiring berjalannya waktu perasaan ini juga akan semakin bertambah. Tentu saja nggak baik untuk hubunganmu dengan dia, kamu akan berfokus dengan kehidupan orang lain dan membanding-bandingkannya dengan kehidupanmu. Jika hal ini terjadi, kamu akan lupa dengan kelebihan dirimu yang nggak semua orang mempunyainya. Jadi dirimu sendiri, dan kamu harus percaya diri akan hal itu.

2. Cemburu akan membuat kamu renggang

Para Ahli Ingatkan Dampak Ini jika Kamu Terlalu Cemburu ke Diafreepik.com/ yanalya

Brown juga menjelaskan saat kamu merasa takut kehilangan pasanganmu, rasa posesif akan muncul sendirinya. Sayangnya, sifat posesif sangatlah dibenci laki-laki. Pasanganmu akan merasa nggak nyaman dengan kamu yang selalu mengekangnya dan berusaha untuk mengemudikannya perlahan. Padahal laki-laki juga ingin mempunyai kepercayaan untuk melakukan kebebasannya dari pasangannya.

3. Membuat hubunganmu nggak sehat

Para Ahli Ingatkan Dampak Ini jika Kamu Terlalu Cemburu ke Diastocksy.com/ Trinity Kubassek

Richardson menjelaskan, rasa cemburu yang berlebih membuat hubunganmu nggak sehat secara nggak langsung. Ketika seseorang dianggap lebih baik atau lebih berharga di dalam satu hubungan, ikatan emosional akan berubah. Ini akan membuat hubunganmu mengacu pada rasa egois dan ingin menang sendiri.

4. Menyebabkan rusaknya komunikasi

Para Ahli Ingatkan Dampak Ini jika Kamu Terlalu Cemburu ke Diafreepik.com/

Komunikasi yang sehat akan menjadi dasar hubungan kamu dan pasangan yang baik. Jika kamu cemburu, itu akan mengacu kepada salah satu pihak membela diri atas apa yang dianut. Kamu juga mungkin akan bersikap defensif, di mana hal ini nggak akan mendapatkan solusi dan memperkeruh keadaan.

5. Membuat pikiran negatif di hubunganmu

Para Ahli Ingatkan Dampak Ini jika Kamu Terlalu Cemburu ke Diafreepik.com/ spukkato

Jika kamu terpengaruh rasa cemburu yang besar, kamu akan selalu berpikiran negatif dan berprasangka buruk kepada pasanganmu. Hal itu yang akan selalu kamu pikirkan, bahkan saat pasanganmu bersikap baik sekalipun. Rasa percaya yang dulu selalu ada perlahan akan menghilang dan membuat kamu dan pasangan selalu curiga dan menyebabkan pertengkaran di antara kalian.

Baca Juga: Catat, Ini Tanda Pasanganmu Berprogres di Masa Depan