Kamu akan menghabiskan banyak waktumu di tempat kerja, dari jam 8.00 hingga 17.00 bahkan lebih. Wajar jika pertemanan dan ketertarikan satu sama lain akan muncul dari waktu ke waktu. Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu dapat membatasi kehidupan pribadi dan lingkungan kerja untuk menghindari konflik dari office romance.

Untuk melakukannya, cobalah untuk mempertahankan profesionalisme dalam hubungan kerja. Jika terdapat masalah muncul dengan rekan kerja, pastikan kamu tahu akan batasan-batasan itu. Inilah cara menghindari office romance di lingkungan kerja.

1. Tentukan batasanmu

Nggak Mau Terjebak Cinta Lokasi di Kantor? Begini Cara Menghindarinyafreepik.com/senivpetro

Jika kamu sudah memutuskan untuk nggak terikat dalam office romance, kamu perlu mencari cara untuk benar-benar menerapkan batasan terhadap rekan kerjamu. Misalnya saja kamu nggak menerima ajakan untuk makan malam dengan lawan jenis di luar jam kantor. Setelah menerapkannya, kamu mempunyai aturan yang tegas pada dirimu sendiri.

2. Jaga komitmen akan batasanmu

Nggak Mau Terjebak Cinta Lokasi di Kantor? Begini Cara Menghindarinyafreepik.com/freepik

Menentukan batasan adalah langkah awal. Selanjutnya, kamu perlu memastikan mengikuti aturan yang kamu buat tanpa melukai hati orang lain. Misalnya jika seseorang mengajakmu untuk membahas pekerjaan di luar jam kerja, kamu bisa mengajak rekan kerja yang lain untuk kalian bersama nggak hanya berdua saja.

3. Mendiskusikan batasan yang kamu buat dengan rekan kerja

Nggak Mau Terjebak Cinta Lokasi di Kantor? Begini Cara Menghindarinyabamboohr.com/

Jika kamu mempunyai rekan kerja yang merupakan lawan jenis dan kalian dituntut untuk selalu bersama, diskusikan hal itu. Ada banyak kemungkinan seseorang memiliki ketertarikan satu sama lain jika selalu bersama. Ajak dia berdiskusi agar dia tetap menghargai batasan yang kamu buat oleh dirimu.

4. Coba untuk nggak berdua saja dengan rekan kerja yang membuatmu tertarik

Nggak Mau Terjebak Cinta Lokasi di Kantor? Begini Cara Menghindarinyafreepik.com/yanalya

Setiap kali kamu berdua dengan rekan kerjamu dalam waktu yang lama, ada kemungkinan kamu terjerat office romance. Kamu mungkin nggak bisa membatasi interaksi profesionalisme pekerjaan ini, tetapi kamu bisa mengalihkannya dengan cara melakukan pekerjaan itu bersama dengan rekan kerja yang lain.

5. Ingatlah jika kamu ada dalam office romance

Nggak Mau Terjebak Cinta Lokasi di Kantor? Begini Cara Menghindarinyabmmagazine.co.uk/

Office romance akan terasa rumit, karena jika kamu mempunyai hubungan spesial dengan seseorang satu kantor akan menimbulkan potensi drama dan mengganggu produktivitas kinerja yang kamu punya. Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika suatu saat hubungan itu berakhir.

6. Minta untuk melakukan interaksi sesuai kebutuhan

Nggak Mau Terjebak Cinta Lokasi di Kantor? Begini Cara Menghindarinyarawpixel.com/

Jika perlu, kamu dapat meminta kepada rekan kerjamu itu untuk berinteraksi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan saja. Karena mungkin dia sering mengajakmu pergi bersama dan kamu merasa nggak nyaman akan hal itu, mengapa tidak untuk berani speak up?

Baca Juga: 8 Momen Penting dalam Hubungan yang Dapat Kamu Ingat bersama Pasangan