Susah ataukah mudah menjalani hubungan jarak jauh? Yaps, ini tergantung dari bagaimana kamu dan pasangan mengatur hubungan kalian. Banyak yang harus dikorbankan ketika jarak berada di antara kalian. Menahan rindu, harus hidup mandiri bahkan kesepian. Hal ini wajar-wajar saja kok, Bela. Tetapi bagaimana bisa ya mereka yang bertaun-tahun tetap awet dalam hubungan jarak jauh?

1. Sempatkan waktu

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Langgeng Hingga Menikahpexels.com/ mentatdgt

Minimal satu atau dua jam tiap harinya untuk kamu bercerita melalui pesan di ponselmu ataupun meneleponnya. Tanyakan bagaimana hari ini dia melakukan sesuatu. Karena dengan perhatian kecil ini, dia merasa kamu membutuhkannya walaupun berada di jarak yang jauh.

2. Hindari perselisihan yang nggak penting

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Langgeng Hingga Menikahpexels.com/ Kat Jayne

Karena mengingat kamu nggak selalu bisa bertemu setiap saat, kurangi perdebatan atau perselisihan yang nggak penting. Jika kamu merasa nggak ada hal berat yang harus diperselisihkan, kenapa nggak untuk membuat hubungan yang fun.

3. Terbuka satu sama lain

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Langgeng Hingga Menikahpexels.com/ Rawpixel

Saat kamu dan pasangan berada di jarak yang cukup jauh, terbuka akan segala hal yang berkaitan dengan hubunganmu juga diperlukan. Kamu dapat menceritakan tentang hal keseharianmu, baik itu rekan kerja, kondisimu saat ini dan keinginanmu dalam hubunganmu ini. Berani untuk mengutarakan sesuatu sangatlah sah-sah saja selama penyampaianmu juga dengan baik.

4. Tetap memberikan dia ruang

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Langgeng Hingga Menikahpexels.com/ Pixabay

Walaupun kamu dan dia adalah sepasang sejoli, tetap memberikan ruang untuk dirinya melakukan me time sangatlah penting. Terkadang dia akan lebih memilih pergi berolahraga di weekend daripada meneleponmu kamu harus maklum. Jangan baper dulu ya, Bela, karena hal ini akan membuatmu nyaman.

5. Hindari menuntut

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Langgeng Hingga Menikahpexels.com/ Nathan Cowley

Sadar atau nggak sadar, terkadang perempuan yang menjalani hubungan jarak jauh ingin menuntut pasangannya menemuinya. Hal ini terbilang wajar jika sesekali diucapkan, tetapi jika sudah beberapa kali laki-laki justru merasa dia tertuntut olehmu. Bertemu antarkota bahkan negara nggak semudah di dalam kota, dia memerlukan waktu, tenaga dan biaya yang lebih.

6. Sisakan waktu sebulan atau dua bulan sekali untuk bertemu

Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Langgeng Hingga Menikahpexels.com/ Genaro Servín

Jika kamu berada di kota yang berbeda, kamu bisa menyempatkan waktu sebulan atau dua bulan sekali untuk mengunjunginya. Hal ini akan membuat pertemuan yang berkualitas. Kamu dan dia bisa melepas rindu. Ya, walau nanti berpisah jarak lagi, kangen akan terobati kan?

Nah, itulah bebreapa cara untuk mempertahankan hubungan jarak jauh, Jadi selama bisa dipertahankan, mengapa harus menyerah hanya karena jarak?

Baca Juga: Nggak Sanggup LDR, Pasangan Ini Lakukan Hal Unik Sebelum Putus