Mencari pasangan hidup sering kali memerlukan proses yang panjang. Nggak hanya masalah cocok, tapi sering kali pertikaian kecil akan menjadi bumerang untukmu dan pasangan. Sama juga seperti rumah tangga, yang susah adalah menjaga hubungan agar tetap harmonis dan jauh dari kaya nggak nyaman. Sebenarnya sesulit apa sih untuk mempertahankan hubungan harmonis di dalam hubungan ataupun rumah tangga?

Arti hubungan harmonis

Hubungan Harmonis dan Cara Mempertahankannyapexels.com/ Pixabay

Sebenarnya hubungan harmonis adalah bagaimana kamu menjaga hubunganmu dengan pasangan. Tetap memberikan aura positif, saling support dan memiliki satu sama lain. Terkadang, merasa sudah terlalu dekat ataupun hubungan sudah lama membuatmu menyepelekan di kehadirannya. Hal-hal inilah yang sebenarnya akan merusak keharmonisanmu.

Bagaimana cara mempertahankan hubungan harmonis?

Hubungan Harmonis dan Cara Mempertahankannyapexels.com/ Freestock

Mempertahankan apa yang sudah kamu dapat juga merupakan PR terbesarmu dalam menjalani hubungan ataupun rumah tangga. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankannya lho, Bela.

1. Memahami urusannya

Memahami dan merasa empati juga salah satu kuncinya. Dengarkan dia ketika bercerita dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Menjadi good listener adalah sosok yang dibutuhkannya, apalagi kamu bisa aktif merespons pasanganmu saat berkeluh-kesah denganmu.

2. Selalu respek

Walaupun dia adalah pasanganmu, tunjukkan sikap menghargai dan rasa hormat kepadanya. Tunjukkan kepadanya sikapmu itu, dia akan merasa kamu adalah pasangan yang mengerti dan percaya kepadanya.

3. Bersikap tulus

Jadilah kamu apa adanya, datanglah dengan niat yang tulus tanpa paksaan siapa pun. Beri sikap terbaikmu untuknya, inilah yang jelas akan menambah ikatan emosionalmu dengan dia.

4. Selalu berkomunikasi dengan baik

Walaupun kamu dan dia mempunyai lingkungan yang berbeda, melakukan sharing atau deep talk juga bisa mempertahankan dan bahkan menambah keharmonisan. Komunikasi yang baik akan merefleksikan bagaimana kamu dan dia merasa didengar dan dipahami.

5. Suportif

Mendukung dan membantu apa yang sedang dilakukannya sekarang akan membuat dia selalu bersemangat untuk berprogres di masa depan. Nggak ada salahnya untuk menanyakan setiap hal yang sedang pasanganmu lakukan.

Hal yang bisa merusak keharmonisan hubungan

Hubungan Harmonis dan Cara Mempertahankannyapexels.com/ fotografierende

Ada yang bilang mendapatkan lebih mudah daripada mempertahankan, seperti itu juga arti keharmonisan. Mungkin di hubunganmu yang awal kamu dan pasangan sedang hangat-hangatnya ataupun kemesraan selalu hadir, tetapi di beberapa tahun berlalu semuanya berkurang. Bahkan ada hal-hal kecil yang sebenarnya mengurangi keharmonisan hubunganmu.

1. Nggak peduli

Peduli nggak melulu tentang membantu atau melakukan sesuatu. Disadari atau nggak, kamu terkadang nggak peduli di momen-momen yang pasanganmu butuhkan. Semisal pasanganmu pulang kantor, kamu bisa membuatkannya secangkir kopi untuk melepas malamnya.

2. Monoton

Nah, rutinitas yang melelahkan terkadang membawa kamu dan pasangan merasa jenuh. Jika di dengannya juga kamu tetap berlaku monoton, jenuh yang ada di otak akan semakin bertambah. Untuk menguranginya, kamu bisa melakukan hal-hal yang berbeda tiap minggunya, seperti memasak bersama, movie date, staycation, bahkan berlibur bersama.

3. Menuntut

Seorang perempuan pastinya ingin selalu merasa diperhatikan, diperlakukan spesial oleh pasangannya, akan tetapi sampai batas mana kamu memaknainya? Terkadang diperlakukan terus-menerus spesial membuat kamu lupa jika itu di luar batas wajar dan lebih menuntutnya untuk menjadi yang kamu mau.

4. Dominan

Dalam suatu hubungan akan ada salah satu darimu yang lebih dominan, lebih sering perempuan. Jangan sampai sifatmu yang dominan membuat keharmonisan hubunganmu terkikis lambat laun ya, Bela. Saling mengisi akan lebih baik daripada bersikap dominan.

Baca Juga: Ilustrasi Ini Bukti Komunikasi Positif Bisa Buat Hubungan Harmonis