Ada ciri-ciri kepribadian yang bisa membuat seseorang yang sempurna berubah menjadi mimpi buruk dalam hubungan. Salah satu yang paling menyebalkan, yaitu kepribadian pacar yang pelit.

Yup! Siapa pun itu baik laki-kaki maupun perempuan, pasti akan merasa jengkel jika harus bertemu dengan orang yang kelewat perhitungan, apalagi orang itu adalah pacarnya. Hal ini karena pacaran biasanya identik dengan kasih sayang dalam bentuk apa pun itu, sedangkan orang pelit sangat jauh dari gambaran kasih sayang itu sendiri.

Nah, bagi kamu yang merasa mengalaminya, berikut ini Popbela kasih 5 tips menghadapi pacar pelit. Disimak yuk!

1. Ekspresikan apa yang kamu rasakan padanya

Bikin Jengkel, Ini 5 Tips Menghadapi Pacar PelitFreepik.com/yanalya

Saat kamu sudah merasa kesulitan dan frustasi menghadapi sikap pacarmu yang pelit, cobalah untuk mengomunikasikannya. Ajak pacarmu bicara empat mata dari hati ke hati, jangan di hadapan orang banyak.

Pada dasarnya, sikap pelit itu merupakan sebuah kebiasaan. Jadi, mungkin saja pacarmu menganggap sikap pelitnya ini sebagai bagian dari kebiasaannya berhemat, yang padahal sebenarnya itu cukup membuatmu jengkel.

Melalui percakapan yang kamu lakukan, buat ia mengakui bahwa ini memang benar-benar ciri kepribadian mereka.

2. Jangan mencoba mengubah dia

Bikin Jengkel, Ini 5 Tips Menghadapi Pacar PelitFreepik.com/yanalya

Sekali lagi, karena sikap pelit merupakan sebuah kebiasaan, maka akan cukup sulit dan butuh usaha ekstra untuk mengubahnya. Maka tips menghadapi pacar pelit selanjutnya adalah jangan mencoba mengubahnya.

Jika kamu sudah mengungkapkan rasa frustasimu kepada pasangan dan ia mengatakan ingin berubah, maka itu pertanda yang sangat baik. Namun, jika sebaliknya, pasanganmu malah defensif dan menolak untuk berubah, jangan menetapkan ultimatum atau mempraktikkan jenis perilaku hubungan manipulatif lainnya. Itu semua akan berakhir sia-sia.

3. Jangan mengkritik atau membicarakannya di belakang

Bikin Jengkel, Ini 5 Tips Menghadapi Pacar PelitPexels.com/Liza Summer

Tips menghadapi pacar pelit yang ketiga adalah, jangan mengkritik atau membicarakannya di belakang.  Siapa pun itu pasti tidak ingin jika mendengar atau mendapati ada orang yang sengaja membicarakan dirinya di belakangnya, begitu pula pacarmu. Terlebih lagi jika yang dibicarakan adalah sebuah kekurangan atau aibnya.

Yup! Kalau kamu pikir mengkritik sikap pelitnya kepada teman-temanmu bisa membuatnya berubah karena malu, kamu salah! Hal itu justru bisa menimbulkan masalah baru.

4. Jangan menaruh ekspektasi padanya

Bikin Jengkel, Ini 5 Tips Menghadapi Pacar Pelitfreepik.com/azerbaijan_stockers

Sejujurnya, tidak ada yang bisa diharakan dari orang pelit. Mereka hanya akan dan selalu memikirkan dirinya sendiri. Bahkan, pada beberapa orang, sikap pelit juga dilakukan dengan orang-orang terdekat mereka. Nggak heran, kalau kamu akan jarang menemukan orang di sekelilingnya yang mengeluh.

Mereka sudah terbiasa untuk tidak menaruh harapan dan ekspektasinya pada orang pelit. Jadi, kamu pun harus bersikap demikian. Jangan pernah menaruh harapan bahwa ia akan mengeluarkan uangnya untukmu. Jika pun ia ingin, pasti akan dilakukan, tapi jangan berekspektasi akan hal ini.

5. Belajarlah untuk menerimanya

Bikin Jengkel, Ini 5 Tips Menghadapi Pacar Pelitfreepik.com/wayhomestudio

Ketika memiliki pacar pelit, kamu akan sadar bahwa kamu tentu tidak akan dilimpahi hadiah atau perjalanan-perjalanan yang mengejutkan. Tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengubahnya kecuali perubahan itu datang dari dirinya sendiri.

Untuk itu, saat kamu mulai menyadarinya, cobalah untuk menyesuaikan diri dengan kenyataan ini. Kalau kamu merasa bahwa ini adalah sesuatu yang tidak dapat kamu bayangkan, mungkin ini saatnya untuk mulai memikirkan perspektif jangka panjang dari hubunganmu.

Ingat bahwa nggak ada manusia yang sempurna dan pacarmu pasti memiliki kekurangan sama seperti manusia lainnya. Coba saja fokus pada hal-hal lain di mana dia bisa membuatmu bahagia dan dicintai, alih-alih membesar-besarkan kekurangannya. Barangkali dengan begitu ia akan berubah dengan sendirinya.

Itulah tips menghadapi pacar pelit yang bisa kamu lakukan. Semoga berhasil!

Baca Juga: Harus Punya Pacar, Ini 5 Zodiak yang Tidak Betah Menjomblo

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Pacar Clingy, Biar Nggak Risih!

Baca Juga: 6 Cara Menjadi Sosok yang Lebih Mandiri Meski Telah Memiliki Kekasih