Situasi mood dan perasaan setiap orang bukanlah sesuatu yang bisa diprediksi. Sekalipun kamu merasa begitu mengenal dan tahu orang tersebut, kamu tetap nggak akan bisa menebak bagaimana kepastiannya. Untuk itu, sering kali ditemui dalam sebuah hubungan, pasangan yang tiba-tiba menjauh dan mencoba menjaga jarak. Pertanyaan yang pertama kali muncul pasti adalah, "Aku salah apa ya?"

Sebenarnya, pasangan yang menjaga jarak tidak selalu disebabkan oleh hal-hal yang berat, kok. Bisa saja alasan dan penyebabnya sepele. Mungkin ia hanya merasa lelah dan membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. 

Nah, kalau kamu dihadapkan dengan situasi pasangan yang menjaga jarak, jangan negative thinking dulu ya, Bela. Coba, deh, lakukan 5 hal berikut ini!

1. Memberikan waktu dan ruang sendiri padanya

Jangan Risau! Coba Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Menjaga JarakPexels.com/Sam Lion

Saat berada dalam sebuah hubungan bukan berarti waktu yang kita miliki sepenuhnya milik pasangan, lho, Bela. Setiap orang tetap memiliki privasi dan kebebasan atas dirinya sendiri. Untuk itu, kalau pasangan seolah menjaga jarak, cukup berikan saja mereka waktu dan kepercayaan sepenuhnya.

Walau mungkin pada awalnya akan sulit, kamu perlu yakin kalau dia punya alasan tersendiri mengapa perlu menjauh dari hubungan. Bisa jadi ia memang sedang memiliki sebuah masalah dan tidak mau itu menjadi beban untukmu.

2. Jangan berasumsi dan berburuk sangka

Jangan Risau! Coba Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Menjaga JarakPexels.com/Ketut Subiyanto

Kepercayaan selalu menjadi kunci suksesnya setiap hubungan. Maka, ketika pasangan berusaha menjaga jarak, coba kasih kepercayaan padanya. Jangan biarkan asumsi-asumsi negatif menguasai pikiranmu, ya. Pikirkan saja kalau memang dia akan baik-baik saja setelah memiliki waktu dengan dirinya sendiri.

Selain membuat pasangan menjadi tidak nyaman, asumsi negatif juga bisa menambah beban pikiranmu, lho. Terlebih kalau yang kamu pikirkan tidak bisa dibuktikan.

3. Tanyakan langsung padanya

Jangan Risau! Coba Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Menjaga JarakPexels.com/Anete Lusiana

Daripada berasumsi, lebih baik kamu tanyakan langsung padanya apa yang menjadi alasannya menjaga jarak. Tetapi, dengan pendekatan yang baik, ya, Bela. Jangan memaksa dan mendorongnya menjadi lebih jauh. Kalau memang ia tidak bisa langsung terbuka, coba pahami dan sabarlah menunggu waktu yang tepat.

4. Coba instrospeksi hubungan dan lakukan sesuatu yang membuatnya bahagia

Jangan Risau! Coba Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Menjaga JarakUnsplash.com/Chandra Daru Nusastiawan

Ketika kamu sudah tahu apa yang menjadi masalahnya tentu ini lebih baik. Kalian jadi bisa mendiskusikan bagaimana baiknya dan apa jalan keluarnya.

Selain itu, jadikan hal ini sebagai bahan untuk instropeksi diri juga, ya. Mungkin selama ini ada beberapa hal yang memang masih perlu diperbaiki dari diri kalian masing-masing. Lalu setelah itu, kamu bisa menebusnya dengan mencoba melakukan sesuatu yang membuatnya bahagia agar ia tidak lama-lama menjaga jarak.

5. Ambil kesempatan untuk saling mengembangkan diri

Jangan Risau! Coba Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Menjaga JarakPexels.com/Chevanon Photography

Selagi memberinya ruang untuk pasangan, kamu bisa juga memanfaatkan waktumu sendiri untuk hal-hal yang bermanfaat. Kamu bisa mencoba mengembangkan dirimu sendiri. Mungkin dengan menikmati hobi, mencoba belajar hal baru yang bisa mengasah skill dan kreativitasmu.

Coba lakukanlah hal-hal yang bisa memberikan energi positif kepada dirimu sendiri. Jadi, ketika kalian kembali bersama, ada begitu banyak hal positif yang bisa kalian bagikan masing-masing. Dan hubungan kalian bisa menjadi lebih berwarna.

Itulah hal-hal yang perlu kamu lakukan saat pasangan menjaga jarak. Jadi, jangan terlalu diambil pusing, ya. Agar semuanya terasa lebih ringan.

Baca Juga: Catat Nih! 5 Tindakan Nyata yang Bikin Pasangan Merasa Dicintai

Baca Juga: Nggak Takut Bucin, 5 Zodiak Ini Ekspresif Banget Kalau Sudah Sayang

Baca Juga: Ternyata, Ini Cara Orangtua Pasangan Pengaruhi Hubunganmu