Normalnya ketika menjalin suatu hubungan, kita akan menganggap kalau cinta yang dimiliki oleh pasangan tersebut hanya akan dibagi oleh keduanya. Namun, kenyataannya bisa berbeda. Rasa ketertarikan dengan orang lain bisa tetap ada karena itu sudah menjadi insting alami seorang manusia. Lantas, bagaimana ya kalau itu terjadi dengan laki-laki?

Pasalnya, fenomena untuk mencintai lebih dari satu orang umumnya dialami oleh laki-laki dan sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Mengapa begitu?

Berikut ini Popbela sudah merangkum dari berbagai sumber alasan laki-laki bisa mencintai lebih dari satu perempuan. 

1. Laki-laki mudah tertarik dengan visual

Mengapa Laki-laki Bisa Mencintai Lebih dari Satu Perempuan?Hancinema

Laki-laki itu berfantasi tentang fisik, sedangkan perempuan berfantasi tentang gaya hidup mereka," kata Clarissa Silva, ilmuwan perilaku dan penulis blog relationship, dalam laman Bustle.

Untuk itu, menurutnya, kunci perbedaan gender dalam gaya cinta laki-laki dan perempuan adalah karena biologi kita.

Sering kali, laki-laki sudah menyeimbangkan apa yang mereka butuhkan sebelum mereka bertemu pasangan yang sesuai dengan ideal mereka. Maka, ketika mereka memenuhi ideal itu, fantasi mereka bisa seolah-olah berubah menjadi hidup dan membuat mereka dengan mudahnya untuk 'jatuh' akan cinta.

Fantasi dan perasaan ini bahkan bisa muncul meski laki-laki tersebut sudah berada dalam sebuah hubungan, baik itu pacaran maupun berumah tangga. Ketika laki-laki melihat perempuan lain dengan visual yang membuat mereka tertarik, maka tanpa disadari otak mereka akan memproses bentuk visual itu dan membuat penilaian instan yang akhirnya menjadi dasar ketertarikannya.

2. Insting mencintai didasari oleh dorongan bawah sadar otak

Mengapa Laki-laki Bisa Mencintai Lebih dari Satu Perempuan?Hancinema

Selanjutnya alasan laki-laki bisa mencintai lebih dari satu perempuan adalah karena adanya insting yang didasari oleh dorongan bawah sadar otak. Hal itu merupakan warisan dari manusia zaman purba yang menganggap bahwa seks adalah aktivitas untuk berkembang biak guna memastikan keturunan.

Untuk itu, banyak pakar yang menilai bahwa mencintai dua orang atau lebih bukanlah sesuatu yang mustahil. Hal ini diumpamakan dalam bentuk pilihan sebuah es krim. Es krim stroberi dan cokelat pasti rasanya sama-sama enak, namun mereka jelas berbeda bukan? Ketika seorang laki-laki memilih salah satu di antaranya, tentu sensasi rasa yang diberikan juga akan berbeda.

Hal yang sama juga berlaku pada perasaan laki-laki. Ketika mereka menemukan perempuan lain yang sifat atau mungkin karakternya tidak ia temukan pada pasangannya, maka ia bisa mencintai perempuan tersebut. Bahkan, dari kedua perempuan yang ia temui itu, ia bisa mendapatkan kepuasan batin karena menemukan keseimbangan dalam dua hubungan tersebut.

3. Mencintai dua perempuan atau lebih sebagai sebuah pelampiasan dan ego dari laki-laki

Mengapa Laki-laki Bisa Mencintai Lebih dari Satu Perempuan?www.viu.com

Biasanya, ketika seseorang sudah merasa bahagia dan nyaman dengan dirinya sendiri, maka ia akan sangat terbuka dengan orang-orang baru, begitu pun dengan laki-laki. Ketika terjadi perubahan positif dalam hidupnya, seperti misalnya mapan dalam hal ekonomi dan fisiknya menjadi lebih sehat dan bugar, bisa muncul percikan-percikan rasa ketertarikan pada perempuan lain, meski ia sudah memiliki pasangan.

Hal ini bisa juga ditambah dengan kenyataan bahwa ia sedang merasa terjebak dengan rasa bosan dalam hubungan. Maka mencintai perempuan lain bisa menjadi pelampiasan yang ia pilih.

Tips menghindari hubungan terjebak dalam perselingkuhan

Mengapa Laki-laki Bisa Mencintai Lebih dari Satu Perempuan?Hancinema

Dari beberapa penjelasan di atas, maka mencintai lebih dari satu perempuan bisa dianggap sebagai sebuah hal yang wajar. Namun, bukan berarti hal itu harus dibiarkan begitu saja. Perlu ada tindakan atau langkah-langkah yang diambil guna menghindari rasa sakit pada semua pihak yang terlibat.

Laki-laki harus berani tegas dengan diri sendiri dan membuat batasan agar hubungan dengan pasangannya tidak terjebak pada perselingkuhan. Ia harus menyadari bahwa rasa sakit yang diberikan oleh perselingkuhan akan sulit untuk diobati.

Untuk itu, tips yang perlu dilakukan adalah, laki-laki harus tahu apa yang ia cari dan butuhkan dari seorang perempuan untuk menjadi pasangan hidupnya. Lalu, jika sudah menemukannya, buat hubungan berdasarkan komitmen yang kuat. Sebab, cinta mungkin bisa memudar seiring berjalannya waktu, tapi komitmen akan berdiri kokoh dan menjadi sebuah hal yang harus ditepati.

Itulah beberapa alasan laki-laki bisa mencintai lebih dari satu perempuan. Sekali lagi, itu mungkin adalah hal yang wajar, namun jangan sampai itu dijadikan sebuah alasan kuat untuk terjebak dalam hubungan perselingkuhan.

Baca Juga: Nyesek! Ini 5 Tanda Pasangan Sudah Tak Lagi Mencintaimu

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Mencintai Orang yang Tepat, Beruntung Banget!

Baca Juga: 17 Panggilan Sayang untuk Pasangan dalam Berbagai Bahasa