Pacaran bertahun-tahun tidak bisa menjamin kalau hubungan tersebut bisa berakhir di pelaminan. Bahkan, yang sudah melaksanakan tunangan pun masih bisa gagal dan tidak jadi menikah. Pasti rasanya sakit bukan main. Ditambah lagi, kalau tiba-tiba pasangan memutuskan untuk menikah dengan orang lain. Duh, nggak kebayang, deh.

Walau sakit, kehidupan harus terus berjalan. Kita tidak bisa diam dan menetap dalam perasaan tersebut. Untuk itu, ada sikap yang harus dilakukan saat kamu ditinggal nikah oleh pasangan. Pelajari, yuk!

1. Tidak memaksakan keadaan

5 Sikap yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Ditinggal MenikahPexels.com/Snapwire

Kita tidak bisa memilih jalan hidup yang akan kita lalui, termasuk kalau kita harus ditinggal menikah. Semua itu adalah misteri dan kehendak dari Sang Pencipta. Mau sekuat apa pun usahamu untuk tetap bersamanya, jika memang sudah bukan jalannya, maka semua akan menjadi sia-sia.

Memaksakan keadaan hanya membuat dirimu terlihat tidak dewasa. Jadi, meski tidak mudah, belajarlah untuk ikhlas dan menerimanya.

2. Jangan menyalahkan siapa pun

5 Sikap yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Ditinggal MenikahFreepik.com

Saat tahu kalau pasangan lebih memilih orang lain, kita pasti akan bingung dan dibuat bertanya-tanya, apa, sih, penyebabnya? Mengapa ia pergi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan memenuhi ruang kepalamu dan berakhir dengan menyalahkan diri sendiri.

Bisa juga, kamu justru menyalahkan orang yang dipilih pasanganmu. Kamu akan menganggap bahwa ia sudah merusak dan mengambil kebahagiaanmu.

Apa pun yang menjadi penyebabnya, ada baiknya untuk tidak menyalahkan siapa pun, Bela. Kalau memang masalahnya ada di kamu, jadikan saja ini pembelajaran agar kamu bisa lebih baik lagi.

3. Lakukan sesuatu untuk membuatmu sibuk

5 Sikap yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Ditinggal Menikahfreepik.com/freepik

Cara terbaik untuk melupakan rasa sakit dan luka yang kita rasakan adalah dengan menyibukkan diri. Daripada kamu larut dalam kesedihan ditinggal nikah, lebih baik cari kegiatan yang bisa membuat dirimu produktif.

Meski hasilnya tidak instan, secara perlahan aktivitas ini bisa membantumu mengatasi patah hati sekaligus membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih bermanfaat.

4. Jika masih terasa sulit, jangan datang ke pernikahannya

5 Sikap yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Ditinggal MenikahPexels.com/Cleyder Duque

Saat berpisah, apalagi secara tidak baik-baik, biasanya ego seseorang menjadi terluka. Untuk itu, ada beberapa orang yang ingin terlihat bijak dan dewasa dengan cara datang ke pernikahan mantan. Padahal, hati kecilnya masih menyimpan kesedihan.

Sebenarnya hal itu wajar. Biar bagaimanapun mantan pernah menjadi orang yang spesial dan memilik tempat di hati kita. Namun, kalau memang masih belum sanggup, kamu tidak perlu datang. Alih-alih terlihat keren, itu hanya akan menyulitkanmu. Cobalah untuk lebih jujur dengan diri sendiri.

5. Berpikir positif bahwa akan datang pengganti yang lebih baik

5 Sikap yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Ditinggal MenikahPexels.com/Sandro Crepulja

Bela, percayalah bahwa akan ada pelangi yang datang setelah hujan selesai. Artinya, akan ada kebahagiaan lain yang datang setelah kepahitan yang kamu rasakan.

Cobalah untuk berpikir positif dan terus percaya bahwa kehidupan selalu berputar. Mungkin bukan saat ini kamu menemukan bahagiamu, tetapi sesuatu atau seseorang yang lebih baik pasti menunggumu di depan.

Itulah kiranya beberapa sikap yang harus kamu lakukan saat ditinggal nikah oleh pasangan. Bersedih dan menangis itu boleh sekali, tetapi jangan terlalu lama, ya.

Baca Juga: Bikin Kaget! 5 Artis Ini Ternyata Punya Anak Tanpa Menikah

Baca Juga: Ini 9 Cara Membantu Sahabat Move On Pasca Putus Cinta

Baca Juga: Tetap Tegar, 10 Artis Ini Ditinggal Mantan Suami Menikah Duluan