Tidak semua pasangan bisa mendapatkan hubungan yang mendewasakan. Masih banyak pasangan yang hanya menjalin sebuah hubungan sebatas berjalan, tanpa mau sama-sama belajar. Mungkin, kalau hanya sekadar untuk berpetualang mencari pengalaman nggak apa-apa, ya, Bela. Tapi bagaimana kalau kalian sama-sama berada di usia yang sudah tidak remaja lagi dan sudah cukup dipusingkan dengan permasalahan hidup lainnya, tentu kalian mencari pasangan yang matang bukan?

Ketika masalah hidup sudah cukup runyam, tentu kalian tidak ingin ditambah dengan permasalahan rumit dari pasangan. Kalian tentu menginginkan hal yang bisa membuat bahagia. Untuk itu kalian akan berusaha untuk menjalin hubungan yang matang dan mulai belajar seperti apa, sih, ciri hubungan yang matang? 

Berikut ini Popbela rangkum 10 cirinya, simak yuk!

1. Minim perdebatan

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangfreepik.com/ lookstudio

Pertengkaran dalam sebuah hubungan memang tidak bisa dihindari. Namun, bukan berarti pertengkaran harus selalu dibiarkan terjadi, lho. Jika kamu dan pasangan mampu meminimalisir sebuah perdebatan dari masalah-masalah sepele, maka itu tandanya hubunganmu sudah masuk ke dalam fase yang lebih matang. Artinya, kalian sudah sama-sama menjadi orang yang lebih pengertian.

2. Argumen kalian adalah argumen yang produktif

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang MatangPexels.com/Jopwell

Ketika kalian dihadapkan oleh sebuah pertengkaran atau argumen, pasangan yang matang biasanya menjadikan hasil akhirnya menjadi sesuatu yang produktif. Bertengkar atau berargumen bukan lagi hanya saling berteriak dan berburuk sangka satu sama lain, tetapi untuk tujuan yang lebih baik.

Pasangan yang matang akan menjadikan argumen pasangannya sebagai perbedaan pendapat yang perlu dihargai dan didengarkan satu sama lain dengan pikiran terbuka. Kebiasaan ini bisa membuat hubungan jauh lebih tenang dan menghindari dari rasa benci, lho, Bela.

3. Kamu dan pasangan saling percaya satu sama lain

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangfreepik.com/ lookstudio

Ketika kamu mengizinkan pasanganmu untuk pergi bersama teman-temannya, tetap menjaga apa yang menjadi privasinya, tidak mudah cemburu melihat pasangan berinteraksi dengan teman lawan jenisnya, atau mungkin tidak memiliki keraguan bahwa pasangan akan tetap menjaga komitmen, maka kamu sudah menunjukkan sebuah kedewasaan. Jika pasanganmu melakukan hal yang sama kepadamu, selamat, ya, Bela! Kalian berada dalam hubungan yang matang.

4. Kamu merasa senang dengan apa yang menjadi tujuanmu

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangunsplash.com/Jennifer Marquez

Ketika kamu berada dalam hubungan yang dewasa, maka masa depanmu akan terlihat cerah. Kamu bisa tersenyum saat berpikir bagaimana dirimu ke depan dan saat membayangkan kehidupan bersama pasanganmu di masa yang akan datang. Jauh di lubuk hati, kamu tahu bahwa kamu melakukan hal yang benar dan bahwa kamu bersama orang yang tepat.

5. Kamu tidak pernah menyesal bersama pasanganmu

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangunplash.com/Carly Rae Hobbins

Saat kamu berada dalam hubungan yang matang, maka kamu tidak akan pernah merasa menyesal bersamanya. Kamu tidak ingin bersama orang lain dan kamu hanya peduli dengan orang yang bersamamu. Hal ini karena hubunganmu akan terasa begitu ringan.

6. Kalian memiliki komunikasi yang baik

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangfreepik.com/benevolente82

Dalam hubungan yang matang, kamu dan pasangan bisa dengan bebas berbicara tentang apa pun. Kalian akan suka mendiskusikan berbagai topik, masalah, kekhawatiran, rencana, dan ide. Selain itu kalian berdua berada di tujuan yang sama dan akan selalu berusaha untuk saling menyesuaikan.

7. Lebih sering mengedepankan perspektif “kita” daripada “aku”

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangpetapixel.com

Saat menjalin sebuah hubungan, maka kamu sudah tidak sendiri lagi. Ada pasangan di sampingmu yang turut serta dalam hari-harimu. Walaupun memang, kamu masih punya kebebasan atas dirimu sendiri. Namun, bukan berarti kamu harus selalu mementingkan dirimu sendiri, ya, Bela.

Ketika membuat sebuah keputusan dalam hubungan, pasangan yang dewasa biasanya lebih memilih untuk berdiskusi dibandingkan memaksakan kehendak masing-masing.

8. Kamu menghormati pasanganmu, begitupun sebaliknya

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangunsplash.com/Candice Picard

Pasangan yang dewasa biasanya menghindari hal-hal yang dirasa memusingkan, maka mereka lebih senang menghargai apa pun yang dilakukan pasangannya. Kamu akan menghargai karakternya, usahanya, perasaannya dan semua pandangannya, begitu pula sebaliknya.Satu lagi yang tidak kalah penting, kalian sangat menghargai hubungan yang kalian jalani.

9. Kalian sangat fleksibel

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangunsplash.com/Cody Black

Saat menjalin hubungan, akan ada banyak masalah dan rintangan yang dihadapi. Akan tetapi, pasangan yang dewasa justru akan tumbuh dari hal ini. Ketika terjadi perubahan-perubahan dalam hidup, pasangan yang mampu untuk tetap ada, bersedia mengikuti perubahan rencana dan harapan, adalah pasangan yang sepatutnya kamu pertahankan, ya, Bela! Begitupun sebaliknya. Jika kalian bisa sama-sama fleksibel dengan perubahan apa pun yang terjadi, maka itu tandanya hubungan kalian adalah hubungan yang matang.

10. Kalian memiliki kebiasaan mengatur keuangan yang baik

Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matangunsplash.com/Leon

Membahas soal keuangan dengan pasangan sering kali dianggap sebagai sesuatu yang sensitif. Akan tetapi, ini merupakan hal yang penting, lho, Bela. Dengan kamu saling mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan masing-masing, maka setidaknya kalian akan memiliki gambaran orang seperti apa pasangan kalian. Apakah mereka cukup bertanggung jawab atas apa yang mereka miliki? Atau apakah kalian memiliki tujuan yang sama?

Pasangan yang sama-sama dewasa, akan memiliki tujuan hidup yang jelas. Maka tentunya, mereka akan bisa mengatur keuangan mereka dengan sangat baik.

Nah, itu dia ciri-ciri hubungan yang matang yang bisa kamu terapkan dalam hubunganmu atau calon pasanganmu. Semoga kamu dan pasangan bisa bahagia selalu, ya, Bela!

Baca Juga: 9 Tanda Cemburu Berlebihan yang Nggak Sehat dalam Hubungan

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Belum Siap Memulai Hubungan karena Trauma

Baca Juga: 6 Cara Tepat Mengakhiri Hubungan Tanpa Membuat Si Dia Terluka