Masa lalu memang menjadi bagian dari diri setiap orang yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Namun terkadang, beberapa orang merasa kesulitan jika harus membahas mengenai masa lalu, apalagi jika itu bersinggungan dengan pasangannya saat ini.

Di sisi lain, ada juga ternyata beberapa orang yang sering mengungkit masa lalu, karena berbagai alasan. Hmm, kalau orang itu adalah pasanganmu bagaimana menghadapinya ya? Apalagi kalau yang ia ungkit itu masa lalu yang tidak mengenakkan terus, pasti bikin jengkel ya?

Tenang, Bela! Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Popbela punya 6 cara menghadapi pasangan yang selalu mengungkit masa lalu.

1. Kendalikan diri dan jangan cepat terbawa emosi

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengungkit Masa LaluPexels.com/Keira Burton

Menyebalkan memang ketika kita sudah memberikan sepenuhnya kepada hubungan dan pasangan, tapi ternyata ia masih melihat sisi lain yang sebenarnya tidak perlu, seperti masa lalu. Kesabaranmu mungkin akan diuji di sini.

Untuk itu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat pasangan terus saja mengungkit masa lalu adalah mengendalikan diri. Jangan langsung marah padanya, karena itu hanya akan membuat situasi semakin kacau. Bisa saja ia malah semakin tidak percaya dan merembet membicarakan ke hal lainnya. Jadi, belajarlah untuk mengalah sejenak dan jangan langsung mengutamakan ego.

2. Tanyakan apa yang membuatnya masih mengungkit masa lalu

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengungkit Masa LaluFreepik.com/yanalya

Akan selalu ada alasan di balik tindakan yang seseorang lakukan. Maka dalam kasus ini, pasti ada alasan mengapa pasangan suka mengungkit masa lalu terus-menerus. 

Jika yang diungkit itu masa lalu yang indah, bisa jadi ia sedang merindukan momen romantis bersamamu. Namun, bila yang diungkit itu masa lalu kelam, kamu perlu pastikan kembali padanya apa tujuannya terus membicarakan hal itu.

Sebab, bisa saja mungkin pikirannya masih terganjal, karena belum menemukan jawaban atas kejadian yang terjadi di masa lalu. Jadi, lebih baik kamu tanyakan dulu, ya, daripada langsung menyimpulkan.

3. Berikan pengertian padanya bahwa semua orang pasti memiliki masa lalu

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengungkit Masa LaluPexels.com/Jopwell

Biasanya, masa lalu yang buruk kerap membuat banyak orang menjadi denial. Namun, penting untuk tetap memberi pengertian bahwasanya setiap dari kita itu pasti memiliki masa lalu, tak terkecuali kamu dan pasanganmu. 

Berikan pasanganmu pengertian bahwa masa lalu sudah menjadi bagian yang melekat dalam diri kalian masing-masing. Jadi, jika tujuannya mengungkit untuk menghilangkan masa lalu itu dari dirimu, itu adalah sesuatu yang mustahil.

4. Tunjukan padanya bahwa kamu sudah berubah dan tidak bertahan di masa lalu

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengungkit Masa LaluPexels.com/Pavel Danilyuk

Menjadi bagian dari diri kita, bukan berarti masa lalu itu tidak berubah dan terus bertahan selamanya. Apalagi jika itu masa lalu yang buruk. Itu bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk memperbaiki diri ke depannya.

Jadi, daripada membiarkan pasangan berpikiran negatif terus menerus karena masa lalumu, tunjukkan padanya bahwa kamu sudah berubah menjadi versi dirimu yang lebih baik. 

Jika pasanganmu terkesan meremehkanmu untuk berubah, setidaknya usaha yang kamu lakukan itu untuk dirimu sendiri, Bela.

5. Jika ia sudah berlebihan, kamu boleh menegurnya secara baik-baik

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengungkit Masa Lalupexel.com/alex-green

Kamu sudah belajar mengalah atau mungkin sudah mencoba meminta maaf terkait masa lalu tetapi pasangan masih saja mengungkit kesalahanmu? Maka, nggak ada salahnya kalau kamu mengambil langkah yang lebih berani dengan menegurnya.

Tegur ia baik-baik dan ingatkan semua usaha yang sudah kamu lakukan untuk memperbaiki hubungan yang sedang panas karena ia terus-terusan mengungkit masa lalu. Sampaikan bagaimana perasaanmu yang sesungguhnya tanpa harus emosi. Sampaikan bahwa sebenarnya kamu nggak nyaman dan juga merasa bersalah, sebab pasangan masih saja mengungkit kesalahanmu.

6. Mintalah waktu sendiri padanya untuk saling intropeksi

6 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Mengungkit Masa LaluFreepik.com/wavebreakmedia_micro

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan dan situasi kalian tetap tidak membaik, mungkin ada baiknya jika memberikan jeda pada hubungan. Barangkali kalian masih belum bisa mengontrol ego masing-masing, sehingga penjelasan apa pun yang disampaikan tidak ada yang bisa diterima.

Tidak perlu lama-lama, cukup minta sedikit waktu agar kalian bisa saling menenangkan diri dan intropeksi. Mungkin dengan begitu kalian akan menyadari bahwa ada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan lagi.

Itulah beberapa cara menghadapi pasangan yang selalu mengungkit masa lalu. Semoga pasanganmu bisa berubah lebih baik, ya.

Baca Juga: 6 Manfaat Meditasi bersama Pasangan dalam Pernikahan

Baca Juga: 48 Kata-kata Kecewa Untuk Pasangan dalam Bahasa Inggris

Baca Juga: 13 Ide Kencan Penuh Tantangan, Cocok untuk Pasangan Petualang!