Setiap menjalin hubungan, tentu saja kamu ingin hubungan asmara yang kamu jalani ini bisa langgeng. Kamu tentu merasa lelah, jika terus-menerus merasakan hubungan yang kandas di tengah jalan. Inginnya, sih, langsung menjalani hubungan jangka panjang yang berakhir ke jenjang pernikahan.

Namun kadang realita tak sesuai ekspektasi. Kadang hubungan yang kamu jalani tak sesuai dengan harapan. Meski begitu kamu memilih bertahan, karena tak ingin sendiri. Tapi sebenarnya, kamu juga harus memperhatikan apakah hubungan yang kamu jalani saat ini sehat atau tidak.

Jika selama kamu menjalani hubungan dengan pasanganmu, dirinya nggak pernah melakukan beberapa hal di bawah ini, sebaiknya kamu putus saja.

1. Semua hal yang kamu lakukan untuknya, tak pernah diapresiasi

Jika Tak Ada 5 Hal Ini dalam Hubunganmu, Sebaiknya Putus Saja!Unsplash.com/Joanna Nix

Meski saat ini kalian tengah bersama, bukan berarti segala hal dan sekecil apa pun yang kamu lakukan untuk mengistimewakan pasangan nggak pernah diapresiasi olehnya. Apresiasi itu perlu agar rasa cinta dalam hubungan nggak terkikis oleh perasaan bosan karena diperlakukan tidak adil satu sama lain.

Jika dia nggak pernah mengapresiasi perlakuanmu, walau hanya sekadar ucapan terima kasih, maka tinggalkan dirinya. Itu artinya dia sama sekali tidak menganggapmu sebagai pasangan. 

2. Berjuang dan berkorban untuk mempertahankan hubungan

Jika Tak Ada 5 Hal Ini dalam Hubunganmu, Sebaiknya Putus Saja!https://www.pexels.com/@sushant-photographyy-745299

Hubungan asmara itu dijalani oleh dua pihak, yakni kamu dan pasanganmu. Jangan diam saja jika selama ini hanya kamu yang berjuang dan berkorban dalam hubungan dengan alasan cinta. Jika dia nggak melakukan hal yang sama denganmu, maka sudahi saja hubungan ini. Mungkin sebenarnya dia nggak ada niat untuk serius menjalani hubungan jangka panjang denganmu. 

3. Menjaga kesetiaan pada dirimu

Jika Tak Ada 5 Hal Ini dalam Hubunganmu, Sebaiknya Putus Saja!Pexels.com/Taryn Elliot

Ingat, kesetiaan itu adalah modal untuk keberlangsungan hubunganmu dengannya agar bisa sampai pada pernikahan. Jika semasa pacaran saja dia nggak menjaga kesetiaannya padamu, maka itu membuktikan bahwa dirinya bukanlah sosok yang baik. Bertahan dengannya pun akan percuma kamu lakukan, karena cepat atau lambat kamu akan diselingkuhi olehnya.

4. Tutur kata yang baik

Jika Tak Ada 5 Hal Ini dalam Hubunganmu, Sebaiknya Putus Saja!Unsplash.com/Chandra Daru Nusastiawan

Jika dia menganggapmu sebagai sosok yang istimewa dalam hidupnya, maka dia akan memperlakukanmu dengan sangat lembut. Perilaku yang dilakukan dan tutur kata yang diucapkannya nggak akan pernah kasar dan menyakiti hatimu. 

Namun, berbeda mana kala dia kasar dan mengabaikan dirimu. Hal itu membuktikan bahwa dia bukanlah pasangan yang baik dan segeralah putuskan hubungan dengannya. 

5. Mengenalkan statusmu sebagai pasangannya

Jika Tak Ada 5 Hal Ini dalam Hubunganmu, Sebaiknya Putus Saja!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ada beberapa orang yang tentunya ingin hubungan cinta yang dijalani nggak diumbar di media sosial, karena itu percuma. Hal itu memang wajar, tapi berbeda jika dia sama sekali nggak pernah mengenalkanmu pada orang-orang di sekelilingnya, entah keluarga, kerabat, teman, bahkan sahabat. 

Jika dia menyembunyikan statusmu sebagai pasangannya, bisa jadi dia malu dengan hubungannya denganmu atau dia tidak benar-benar yakin dengan hubungan kalian.

Meski kamu sekarang sangat mencintai dirinya, jika pasanganmu nggak pernah melakukan lima hal di atas, maka itu percuma saja. Kamu berhak mendapatkan yang lebih baik!

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Berhenti Bertahan jika Pasangan Gak Melakukan 5 Hal Ini Padamu"

Baca Juga: Saling Melengkapi, 6 Pasang Zodiak Ini Bisa Jalin Hubungan yang Awet

Baca Juga: 6 Hal Ini Wajib Ada di dalam Hubunganmu

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihilangkan Agar Hubungan Selalu Harmonis