Banyak yang bilang, memilih calon pasangan hidup haruslah memperhatikan bibit, bebet, dan bobot karena hal ini menyangkut untuk kehidupanmu selamanya. Jika nanti kamu salah memilih pasangan, maka besar kemungkinan kamu akan menyesalinya dan hidupmu jauh dari kata bahagia. 

Oleh karena itu, penting untukmu menghindari beberapa kesalahan dalam memilih pasangan ini agar kamu tepat memilih pasangan hidup. Berikut daftar dan ulasannya!

1. Hanya mengandalkan cinta semata

Ingin Pernikahanmu Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan IniPexels.com/Andrea Piacquadio

Hanya mengandalkan cinta saja itu nggak akan membuat hubunganmu dan pasangan jadi langgeng, karena cinta bisa hilang seiring berjalannya waktu. Kamu perlu mengetahui sifat dan karakter dari pasanganmu saat ini. Bahkan, keluarganya sekali pun.

Jangan malas untuk mencari dengan alasan kamu menerima dia apa adanya karena nantinya bila ada hal-hal yang nggak kamu suka terjadi, kamu akan menyesali semuanya dan cintamu padanya hilang. 

2. Niatmu salah saat akan menikah

Ingin Pernikahanmu Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan IniPexels.com

Menikahlah karena siap secara mental dan fisik, bukan karena rasa iri hati melihat seluruh teman-temanmu sudah menikah. Pernikahan yang diburu-buru akan membuatmu salah memilih pasangan.

Tujuanmu hanyalah menikah tanpa melihat, apakah pasanganmu sudah sesuai dengan kriteriamu selama ini atau belum? Akibatnya kamu akan salah memilih pasangan. 

3. Punya ekspektasi tinggi soal hubungan pernikahan

Ingin Pernikahanmu Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan IniPexels.com/Dziana Hasanbekava

Punya impian kehidupan pernikahan bahagia sangat wajar sekali, tapi kalau kamu sangat berekspektasi terlalu tinggi tentang pernikahan yang selalu membawa kebahagiaan, itu salah besar. Pasalnya, kehidupan pernikahan itu tetap ada masalah dan kamu harus bisa melalui itu semua bersama pasangan.

Jika hanya berharap bahagia saja, maka kamu akan menyesal menikah dan memilih untuk tetap lajang saja. Jadi, perbaiki lagi anggapan soal pernikahan. 

4. Menikah dengan seseorang yang punya prinsip berlawanan denganmu

Ingin Pernikahanmu Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan IniPexels.com/Mann Quang

Jika sudah jelas kamu dan dia punya prinsip yang berlawanan, maka jangan melanjutkan hubunganmu ke arah pernikahan dengan dalih dia akan mengalah dan ikut denganmu karena itu nggak mungkin. Prinsip seseorang itu akan selalu dipegang.

Kalau kamu memaksa untuk menikah, maka jangan heran bila akhirnya nanti rumah tanggamu dengannya akan memiliki banyak sekali pertengkaran.

5. Menganggap restu orangtua adalah hal yang remeh

Ingin Pernikahanmu Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan IniPexels.com/Andrea Piacquadio

Jangan sekalipun menyepelekan tentang restu dari kedua orangtuamu karena restu sangat berpengaruh untuk kebahagiaan dan ketenangan pernikahanmu dengannya. Jika kedua orangtua, atau salah satunya nggak memberikan restu, maka jangan nekat untuk menikah.

Ingatlah kalau restu nggak didapat berarti ada alasan besar mengapa orangtuamu nggak memberikannya. Lebih baik batal menikah daripada nanti menikah, tapi kamu nggak bahagia. 

Hindari lima kesalahan di atas jika mau pernikahanmu bahagia. Jangan nekat karena pernikahan itu bukanlah hal sepele. Ini menyangkut kebahagiaan untuk tuk seumur hidupmu bersama pasangan. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan Hidup agar Masa Depanmu Bahagia"

Baca Juga: 10 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Zodiak Leo dalam Hubungan

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Hubungan Kamu Mulai Retak

Baca Juga: Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo Akut