Dalam hubungan asmara, cemburu adalah perasaan yang wajar. Baik laki-laki maupun perempuan pasti pasti pernah merasakan kecemburuan, misalnya saat pasangannya sedang bersama teman lawan jenis. Selama masih dalam batas wajar, kecemburuan adalah salah satu bukti cinta yang normal. Malah, hal itu bisa mempererat hubungan.

Tapi, segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak negatif. Begitu pula dengan kecemburuan. Rasa cemburu yang terlalu besar akan membuat kita selalu dipenuhi rasa curiga dan tidak tenang. Pasangan pun pasti capek dicemburui terus, bahkan lama-lama bisa kesal.

Cemburu berlebihan juga bisa berakibat fatal jika tak segera diatasi. Maka kecemburuan yang berlebihan harus dicegah. Bagaimana caranya? Dengan melakukan lima hal berikut ini.

1. Ingat sikap pasanganmu selama ini

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 5 Cara Ini agar Hubungan Makin BahagiaUnsplash.com/Andrik Langfield

Seringkali kecemburuan timbul hanya karena ketakutan bahwa pasangan mungkin akan berpaling pada orang lain. Tapi kalau dipikir-pikir, kadang ketakutan tersebut sebenarnya berlebihan dan nggak berdasar. Bahkan, terkadang hal-hal negatif itu muncul karena kamu terlalu overthinking, Bela.

Coba ingat sikap pasanganmu selama ini. Kalau ia sudah membuktikan kesetiaannya, bukankah itu alasan yang kuat untuk percaya padanya? Dicurigai itu tidak enak, maka jangan curigai pasanganmu yang bukan-bukan. Buktikan rasa sayangmu dengan cara memberinya kepercayaan yang memang pantas ia terima.

2. Ingat bahwa pasanganmu butuh interaksi dengan orang lain, termasuk lawan jenis

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 5 Cara Ini agar Hubungan Makin BahagiaUnsplash.com/Helena Lopes

Mustahil seseorang bisa hidup di dunia ini tanpa berinteraksi dengan lawan jenis sama sekali kecuali pasangannya. Entah di kampus, tempat kerja, atau di mana pun, interaksi dengan lawan jenis seringkali tidak bisa dihindari, bahkan harus dilakukan. Maka, kecemburuanmu yang berlebihan pasti akan membuat pasanganmu kesulitan melakukan aktivitasnya.

Lagipula interaksi dengan lawan jenis bukan hanya sekadar keharusan, tapi juga kebutuhan. Pasanganmu pasti punya teman-teman lawan jenis yang baik, dan dia butuh berinteraksi dengan mereka. Kalau kamu melarangnya, ia malah akan stres sendiri. Kalau kamu benar-benar sayang padanya, pasti kamu nggak mau kan ia mengalami itu? Berikan saja kepercayaan pada pasanganmu bahwa dirinya hanya beriteraksi karena butuh, bukan karena ada main di belakangmu.

3. Ungkapkan perasaanmu pada pasangan

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 5 Cara Ini agar Hubungan Makin BahagiaUnsplash.com/

Komunikasi yang terbuka dengan pasangan juga bisa membantu mengatasi cemburu berlebihan. Katakan sejujurnya pada pasangan bahwa kamu cemburu, apa yang menyebabkan kamu cemburu, dan apa yang kamu harapkan dari dia. Lalu dengarkan tanggapannya.

Karena sayang padamu, mungkin pasanganmu bersedia berkompromi dan menyesuaikan beberapa hal supaya kamu nggak terlalu cemburu. Tapi supaya adil, kamu sendiri juga harus mau berkompromi. Kalau dalam beberapa hal dia memang harus berurusan dengan lawan jenis, pahami itu dan jangan paksakan kemauanmu.

Dan tentu saja kamu nggak boleh egois. Jika dia sudah mau menyesuaikan diri dengan keinginanmu, kamu juga harus mau menyesuaikan diri jika dia meminta sesuatu. Jangan mau menang sendiri karena itu bisa membuat rasa sayangnya padamu lenyap. Ingatlah, hubungan akan berjalan baik jika keduanya mau saling berkompromi dan menurunkan ego masing-masing, bukan hanya salah satunya saja.

4. Terus mengembangkan diri

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 5 Cara Ini agar Hubungan Makin BahagiaUnsplash.com/Hean Prinsloo

Kecemburuan juga bisa timbul jika kamu melihat pasangan punya teman lawan jenis yang tampaknya lebih menarik daripada kamu. Hal itu bisa memunculkan rasa insecure, dan akhirnya jadi curiga serta cemburu berlebihan setiap kali pasangan sedang berurusan dengannya.

Kalau itu yang kamu rasakan, coba kembangkan terus dirimu menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan hanya secara penampilan, tapi yang lebih penting adalah sifat. Dan bukan hanya demi pasangan, tapi buat kebaikanmu sendiri pula. Kalau rasa insecure sudah berkurang, maka perasaan cemburu berlebihan akan lebih mudah teratasi. Kamu jadi lebih percaya diri bahwa kamu adalah sosok yang terbaik untuk pasanganmu.

5. Terus memperkuat hubungan

Atasi Cemburu Berlebihan dengan 5 Cara Ini agar Hubungan Makin BahagiaUnsplash.com/Kyle Bearden

Kunci utama yang bisa membuat seseorang setia pada pasangan adalah hubungan yang kuat. Tidak peduli sesempurna apa pun dirimu, pasanganmu akan tetap berpaling kalau hubungan kalian tidak kuat. Sebaliknya, sekuat apa pun godaan, kamu dan dia pasti bisa menangkalnya kalau hubungan kalian kuat.

Maka, teruslah perkuat hubungan kalian. Dengan melakukannya, ia pasti akan termotivasi untuk terus setia padamu apa pun yang terjadi. Kamu akan merasakan hal itu pada dirinya, sehingga kamu percaya bahwa ia akan selalu setia. Pada akhirnya, rasa cemburumu pasti akan berkurang karena kamu yakin ia nggak akan berpaling pada siapa pun. Siap melakukannya, Bela?

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cemburu berlebihan. Jika kamu melakukannya, pasti kamu bisa mengendalikan rasa cemburu dan bisa lebih menikmati hubunganmu dengan pasangan.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Atasi Cemburu Berlebihan, Biar Hubungan Lebih Bahagia"

Baca Juga: 9 Jenis Cemburu Berlebihan yang Dapat Merusak Hubungan, Hati-Hati!

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Kamu Sangat Cemburuan, Bisa Diatasi Kok!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Buat Orang Lain Cemburu padamu