Ketika seseorang sudah memutuskan untuk komitmen dengan pasangannya, tentu mereka akan mengorbankan segalanya. Mulai dari energi, waktu, cinta, dalam jangka waktu yang sangat panjang. Kendati demikian, meskipun terlihat selalu romantis, tetaplah tidak ada hubungan yang sempurna di dunia ini.

Hubungan yang memuaskan sekalipun pastinya membutuhkan perhatian, pelayanan, dan memastikan kesehatan satu sama lain. Tak sedikit orang yang meninggalkan pasangannya karena perasaan yang masih terikat dengan orang lain, ada pula yang masih belum memahami tentang keterikatan emosional yang matang.

Kamu harus mengetahui pertanda kapan hubunganmu sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki lagi. Maka dari itu, Popbela akan membahas 6 tanda hubungan tidak bisa diperbaiki lagi menurut ahli yang dikutip dari laman Mind Body Green sebagai berikut.

1. Kamu merasa kebutuhan dan keinginanmu tidak terpenuhi

Kenali 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sudah Tak Bisa DiperbaikiPexels.com/Gustavo Fring

Ini menjadi tanda penting yang paling sering terjadi. Para ahli sering menemukan pasangan yang merasa tidak bahagia dengan hubungannya, namun mereka memilih tidak mengungkapkannya secara langsung perasaannya dengan pasangannya sendiri. Padahal, jika kamu ingin hubunganmu berhasil, kamu harus membiasakan jujur tentang apa yang diinginkan.

Ketika kamu merasa mengatakan hal yang benar bagimu, itu juga mendukung dirimu sendiri. Apa yang dilakukan atau dikatakan orang lain hanyalah sebatas informasi tambahan saja, untuk menilai apakah hubunganmu masih bisa diperbaiki atau tidak.

2. Tidak ada lagi keterikatan hubungan emosional

Kenali 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sudah Tak Bisa DiperbaikiPexels.com/Pavel Danilyuk

Merasa aman dan diperhatikan adalah dua landasan penting agar hubunganmu dan si dia menjadi lebih kuat. Dengan keterbukaan, kamu bisa secara bebas mengekspresikan perasaanmu dengan aman. Tetapi, jika kamu mulai menyembunyikan perasaan itu dari pasanganmu dan mencari berbagai alasan untuk menghindari waktu bersama, kemungkinan besar kamu sudah tidak ingin memperbaiki hubunganmu lagi.

3. Sudah tidak tertarik lagi dengan keintiman fisik dan kasih sayang

Kenali 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sudah Tak Bisa DiperbaikiPexels.com/Kampus Production

Keintiman fisik juga menjadi hal penting dalam suatu hubungan. Beberapa faktor, seperti stresor kehidupan dan masalah lainnya, dapat mengubah suasana ritme keintiman dalam hubungan kalian. Mungkin, sebelumnya kamu masih menginginkan sentuhan pasangan, seperti cara dia memberi ciuman manis, atau segala jenis keintiman fisik lainnya. 

Namun, jika kamu sudah tidak terpikirkan lagi, dan mungkin sudah tidak bersemangat lagi tentang itu, menjadi kemungkinan besar bahwa hubunganmu dengan pasanganmu sudah tidak bisa lagi diperbaiki.

4. Merasa sulit untuk menyetujui apa pun

Kenali 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sudah Tak Bisa DiperbaikiPexels.com/Mikhail Nilov

Tanda lainnya hubungan yang tidak bisa diperbaiki adalah kamu dan pasanganmu tidak lagi menjalin komunikasi dengan baik. Ketika konflik terus-menerus muncul dalam hubunganmu dan itu berakibat saling salah paham atau saling menyakiti, maka ini akan menghilangkan hal positif dalam hubunganmu.

Para ahli pun menjelaskan bahwa jika seseorang terus bertengkar dengan pasangannya, bahkan hanya hitungan menit saja untuk berdamai, kamu harus menanggapi ini dengan serius. Sebenarnya, konflik dalam hubungan itu hal yang biasa, namun jika terus terjadi, sudah jelas bahwa hubunganmu sudah rusak.

5. Rasa percaya sudah hilang

Kenali 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sudah Tak Bisa DiperbaikiPexels.com/MART PRODUCTION

Kita semua sepakat bahwa kepercayaan adalah hal yang hakiki dalam hubungan asmara. Jika seseorang pernah mengalami diselingkuhi, saling menyimpan rahasia, atau melanggar batasan yang berulang, jelas kepercayaan itu akan sulit dibangun. Ketika kamu mulai tidak mempercayai pasanganmu, kamu harus memperbaikinya. Bahkan, bisa saja sudah waktunya untuk kamu lepaskan jika tidak ada kerja sama untuk memperbaiki akar kehancuran itu.

6. Memikirkan dirimu dengan orang lain

Kenali 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Sudah Tak Bisa DiperbaikiPexels.com/Pavel Danilyuk

Tertarik pada orang lain sebenarnya adalah hal yang lumrah, Namun, jika kamu tidak memiliki hubungan yang secara terbuka dan memikirkan ini secara diam-diam, ini bisa menjadi pertanda bahwa kebutuhanmu tidak terpenuhi dalam hubunganmu yang sebenarnya.

Ketika kamu membayangkan dirimu dengan orang lain sehingga itu sampai menyita waktumu, maka kamu telah membuka jalan keluar. Lebih baik jujurlah pada diri sendiri dan bicarakan ini dengan pasangan.

Itulah 6 tanda hubungan yang sudah tidak bisa diperbaiki. Apakah kamu merasakan tanda-tanda itu, Bela?

Baca Juga: 8 Jenis Rasa Percaya yang Harus Ada dalam Hubungan

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Mindfulness saat Berhubungan Seks

Baca Juga: 7 Efek Samping yang Mungkin Kamu Rasakan Akibat Hubungan Toxic