Kamu mungkin sudah sering kali mendengar berbagai macam love language alias bahasa cinta dalam hubungan asmara. Dalam buku The 5 Love Languages karya Dr. Gary Chapman, kamu akan mendapat penjelasan lebih detail seputar bahasa cintamu, dan sederet masalah yang terjadi jika love language  kamu tidak cocok dengan pasanganmu.

Sekilas dalam buku Chapman, ia menjelaskan lima cara orang yang lebih suka memberi dan menerima cinta. Yakni, sentuhan, memberikan kata-kata penegasan, menghabiskan waktu bersama, menerima hadiah, dan setia melayani. Sebagai contoh, jika love language kamu adalah sentuhan fisik, kamu akan menyukai jika si dia memberikan pelukan atau ciuman. 

Jika love language pasanganmu adalah memberi hadiah, dia akan sangat senang memberikan hal yang terbaik di hari ulang tahun kamu. Namun, ketika kedua pasangan memiliki perbedaan love language, dan tidak saling memahami satu sama lain, ini akan menyebabkan perasaan kecewa dan kesalahpahaman. 

Perlu diketahui, kamu tidak harus memiliki love language yang sama, kamu hanya perlu memahami dan menghormati satu sama lain. Kali ini, Popbela akan membahas 6 tanda bahasa cinta kamu dan pasanganmu tidak cocok, yang dikutip dari laman Bustle.com sebagai berikut.

1. Pasanganmu sering salah paham

6 Tanda Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganmu Tidak CocokPexels.com/Andres Ayrton

Ketika kamu tidak merasa mendapatkan apa yang kamu inginkan, mungkin saja kamu akan merasa diabaikan. Menurut seorang psikolog, hal terbaik yang bisa dilakukan sebagai pasangan ialah mendiskusikan apa yang dibutuhkan dan mencari cara mengekspresikan cinta masing-masing. Kamu dan pasanganmu harus saling mengenali bagaimana cara kalian menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang itu dengan perbedaan besar dan saling menerima perasaan pasangannya.

2. Kamu kecewa jika pasanganmu tidak bisa menebak apa yang kamu inginkan

6 Tanda Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganmu Tidak CocokPexels.com/ANTONI SHKRABA production

Jika love language kamu dan pasangan tidak cocok, kamu akan merasa harus memberi petunjuk kepada pasanganmu untuk memenuhi keinginanmu. Namun, terkadang dia masih tidak mengerti. Menurut Nuttle, hal inilah yang menjadi penyebab pertengkaran hebat antar pasangan. Pasanganmu tidak secara intuitif mengerti apa yang kamu inginkan, dan kamu masih harus mengingatkan si dia berulang kali tentang apa yang kamu butuhkan.

3. Muncul rasa frustrasi di antara kalian

6 Tanda Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganmu Tidak CocokPexels.com/MART PRODUCTION

Ketidakcocokan bahasa cinta antar pasangan bisa membuat hubungan di ambang pertengkaran. Menurut seorang konselor, Monte Drenner, pertanda besar dari perbedaan bahasa cinta pasangan ialah bisa membuat mereka bingung dan frustrasi. Mereka akan bingung, karena mereka merasa saling mencintai, namun di sisi lain merasa tidak dicintai oleh pasangan. Jika tidak bisa ditangani, perpisahan akan menjadi kemungkinan terburuk.

4. Merasa diabaikan

6 Tanda Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganmu Tidak CocokPexels.com/Tima Miroshnichenko

Sebenarnya, pasanganmu mungkin saja mengekspresikan rasa cinta itu. Namun, jika kamu tidak memahami bahasa cinta si dia, ini akan membuat pikiranmu menjadi kalut. Misalnya, love language kamu adalah act of service, tetapi karena kamu melakukan semua bahasa cinta pelayanan itu, kamu jadi tidak menghabiskan waktu bersama pasanganmu, yang ternyata itulah love language si dia. Menurut Drenner, pasangan seperti itu akan frustrasi, karena mereka tahu saling mencintai, namun tidak ada ikatan emosional.

5. Kamu merasa pasangan tidak mengenalimu

6 Tanda Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganmu Tidak CocokPexels.com/Cup of Couple

Sebagai contoh, jika kamu seorang pemberi dan penerima hadiah, namun pasanganmu tidak seperti itu, mungkin mereka akan merasa tidak mengenalimu dengan baik dalam memberi hadiah, hal ini akan menyakitkan hati. 

"Ini adalah penghinaan pribadi bahwa pasangan mereka 'tidak cukup mengenal mereka' atau 'cukup peduli tentang mereka' untuk mengetahui apa yang mereka inginkan," kata Milrad.

Jika kamu tidak terbiasa dengan love language yang seperti itu, mungkin saja pasanganmu akan merasa tidak dianggap penting dan tidak dihargai.

6. Berdebat tentang masalah komunikasi

6 Tanda Bahasa Cinta Kamu dan Pasanganmu Tidak CocokPexels.com/Timur Weber

Ketika love language kamu tidak cocok dengan pasanganmu, masalah akan muncul dalam bentuk miskomunikasi. Menurut psikoterapis dan pelatih hubungan Toni Coleman, LCSW, CMC, jika pasanganmu berbicara love language yang berbeda, mereka kerap kali memiliki masalah komunikasi, karena perbedaan ini akan menyebabkan kesalahpahaman. Keduanya sering salah tafsir tentang perasaan masing-masing dan berasumsi yang salah tentang perasaan keduanya.

Itulah 6 tanda bahasa cinta kamu dan pasanganmu tidak cocok. Apakah kamu pernah merasakan tanda-tanda di atas, Bela? Jika iya, bicaralah dengan pasanganmu untuk memenuhi keinginan satu sama lain dengan lebih baik, maka kamu akan memiliki hubungan yang sehat.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menerapkan Love Language dalam Hubungan

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Perbedaan Bahasa Cinta dengan Pasangan

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Tahu Bahasa Cinta Kamu dan Pasangan