Tak perlu menunggu pasangan untuk lebih perhatian, tak perlu mengharap pasangan untuk lebih mencintai. Mulai saja semua darimu, bukankah melihat orang yang kamu cintai bahagia, bisa bikin kamu ikut bahagia?

Pasangan yang sudah bersedia menjalin hubungan serius denganmu, sebenarnya ia sudah memberikan hatinya padamu. Hanya saja ia masih belum terlatih untuk mengekspresikannya dengan baik. 

Nah, supaya dia tetap jadi milikmu seutuhnya dan kamu pun makin bahagia dalam menjalin hubungan cinta dengannya, cobalah terapkan beberapa perubahan berikut ini.

1. Ubah sikap ingin menang sendiri dengan memahami keinginannya

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaPexels.com/Văn Thắng

Memahami apa yang pasangan inginkan kadang masih terasa sulit, bahkan dalam hubungan yang sudah panjang sekalipun. Tapi kalau kamu tetap terbiasa menomorsatukan keinginanmu, lambat laun cintanya padamu bakal terasa hambar. Jangan pandang buruk keinginannya, kali ini cobalah untuk mendukungnya.

2. Ubah sikap jelekmu menjadi lebih baik sesuai harapannya

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaUnsplash.com/Travis Grossen

Pasti ada kan sikapmu yang bikin pasangan sering jengkel? Jangan bersikap bodoh amat dan berlindung dalam dalih "terima aku apa adanya". Meski sulit untuk diubah, cobalah kamu tunjukkan usahamu untuk mengubah kebiasaan jelek itu padanya. Mungkin perubahannya hanya sedikit, tapi usahamu untuk mencoba tetap terkesan manis di matanya. 

3. Ubah sikap mendominasimu dengan menerima pengaruh darinya

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaPexels.com/Bruce Mars

Sesekali kamu harus belajar mengalah. Biarkan dia yang mengatur kemana kalian harus melangkah. Beri dia kesempatan untuk menyuarakan pendapatnya. Terus menekan pasangan dengan sikap otoritermu karena merasa telah memilikinya, justru sikap yang salah. Dia memang patuh padamu karena mencintaimu, tapi dia juga harus punya ruang untuk berdiri sendiri dan memberikan pengaruhnya padamu.

4. Ubah sikap menuntutmu dengan menerima dia apa adanya

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaUnsplash.com/Milan Popovic

Untuk hal-hal kurang baik yang masih bisa diubah pada diri pasangan, kamu memang perlu memotivasinya. Tapi tentu ada fase dan bagian yang gak bisa kamu paksakan. Misalnya, saat pasangan sudah berusaha maksimal meraih posisi karir yang kamu harapkan tapi gagal, kamu gak boleh menyudutkannya. Menuntut pasangan di luar batas kemampuannya, lambat laun bisa bikin dia tertekan dan menjauh darimu.

5. Ubah pandanganmu yang menilainya sebelah mata dengan pandangan menghormati

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaPexels.com/Josh Willink

Pasanganmu pasti gak luput dari yang namanya kekurangan. Entah itu sikap ataupun fisiknya. Diam-diam pasanganmu bisa merasakan pandangan remehmu pada kelemahannya lho, meski ia gak banyak bicara. Untuk itu belajarlah lebih menghargai dan menghormati peran pasangan tanpa mengungkit kekurangannya.

6. Ubah rasa ragumu pada kesetiaannya dengan menjadikan ia belahan jiwa

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaFreepik.com

Rasa saling percaya adalah salah satu kunci yang wajib ada dalam hubungan. Sikap curiga yang belum tentu terbukti kebenarannya hanya jadi pengganjal hati yang bikin kamu sulit menemukan rasa damai dalam hubungan. Pandanglah ia sebagai belahan jiwa yang bakal kamu temani seumur hidup. Tanpa keyakinan seperti ini, kamu bakal sulit untuk mencintai dia sepenuhnya.

7. Ubah hubungan yang seperti pimpinan-bawahan menjadi sahabat sejati

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaPexels.com/Dương Nhân

Pada pasangan yang sudah menikah, kadang terjadi perubahan hubungan yang bergeser menjadi semacam pimpinan dan bawahan, misalnya suami yang bersikap otoriter pada istrinya. Meski kamu merasa berhak, tapi pasangan hidup sebaiknya kamu jadikan partner untuk saling berbagi dan menguatkan. Jadikan ia ibarat sahabat sejati yang sehati.

8. Ubah cintamu yang hanya berorientasi dunia, menjadi cinta yang berharap surga

8 Hal yang Perlu Kamu Ubah Agar Makin Bahagia dalam Menjalin CintaCosmo.ph

Saat kamu dan pasangan sudah disatukan dalam ikatan yang halal, ada bentuk cinta yang harus kamu ubah ke tingkat yang lebih agung. Cintailah pasangan tak hanya untuk di dunia, tapi juga agar bisa bersama sampai ke surga. Untuk itu, sebagai pasangan yang baik, kamu harus bangun hubungan yang bersandar pada agama Tuhan. Hadirkan cinta yang tak hanya untuk kebahagiaan di dunia, tapi juga kebahagiaan bersama di negeri akhirat.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "8 Hal yang Harus Kamu Ubah Supaya Pasangan Jadi Milikmu Seutuhnya"

Baca Juga: 5 Tips Menyemangati Diri untuk Single yang Lelah Jalin Hubungan