Betty Ting Pei, mantan aktris Taiwan yang aktif di tahun 1970-an sekaligus kekasih gelap Bruce Lee, kembali menjadi perbincangan. Ini karena munculnya teori baru dari kematian aktor laga Hongkong-Amerika itu. 

Betty Ting Pei sendiri menjadi saksi dari kematian kekasih gelapnya itu. Berawal dari pertemuan di pesta, keduanya menjalanin hubungan cukup intens. Mereka berpisah karena maut, di mana Bruce Lee meninggal dunia di ranjang kekasihnya itu. 

Berikut kisah cinta tragis Bruce Lee dan Betty Ting Pei sang kekasih gelapnya. 

1. Bertemu di sebuah pesta, Bruce Lee adalah idola Betty

Kisah Cinta Betty Ting Pei, Kekasih Gelap dan Saksi Kematian Bruce Leequora.com

Betty Ting Pei mengidolakan Bruce Lee sejak lama. Bruce Lee dan Betty Ting Pei bertemu pertama kali di sebuah pesta. Mereka bertemu pada tahun 1972 di sebuah hotel di Hong Kong, bersama dengan produser film, Raymond Chow Man-wai, dan Linda Emery, istri Bruce Lee.

Penampilan Betty Ting Pei saat datang ke pesta itu pun maksimal. Tak disangka, sosoknya membuat takjub Bruce Lee. Setelahnya, Bruce Lee yang pertama kali yang mendekati dan menggoda Betty. 

2. Bruce Lee pertama kali mendekati Betty

Kisah Cinta Betty Ting Pei, Kekasih Gelap dan Saksi Kematian Bruce Leescmp

Bruce Lee mengajak Betty bertemu lagi untuk membahas film Way of the Dragon yang saat itu sedang syuting. Keduanya dengan cepat menjadi teman dekat dan rumor kedekatan mereka pun semakin menyebar. 
 
“Kami memiliki kesamaan, kami berdua tulus kepada orang-orang. Dia adalah orang yang tidak pernah berbohong,” kata Betty dalam sebuah wawancara. 

3. Berpacaran lebih dari setahun, jadi kekasih gelap

Kisah Cinta Betty Ting Pei, Kekasih Gelap dan Saksi Kematian Bruce LeeDok. Internet

Bruce Lee sendiri memang sudah menikah dengan Linda Cadwell dan memiliki satu anak. Namun, hal tersebut tak menyurutkan Bruce Lee untuk menjalin hubungan dengan Betty. Hubungan mereka dilakukan secara terang-terangan, bahkan Betty Ting Pei disebut mengakui perasaannya kepada Linda.

"Saya sangat mencintai Bruce Lee," katanya seperti dilansir Day News.

"Dia adalah laki-laki pertama yang benar-benar saya hormati dalam hidup saya dan saya sangat mengaguminya. Sebelum dia, saya tidak serius dengan hubungan, dan saya tidak tahu apa-apa tentang cinta," katanya.

"Dia berbicara kepada saya tentang filosofi meskipun saya tidak begitu mengerti apa yang dia katakan. Dulu, saya tidak mengerti arti hubungan mental dan spiritual. Tapi sekarang saya tahu," tambah Betty lagi.

Aktris itu dikabarkan menjalin hubungan dengan Bruce Lee selama lebih dari setahun. 

4. Betty bukan satu-satunya selingkuhan

Kisah Cinta Betty Ting Pei, Kekasih Gelap dan Saksi Kematian Bruce LeeDok. Internet

Menurut buku, Bruce Lee: A Life, Bruce Lee mengklaim bahwa Betty bukan satu-satunya selingkuhannya. Betty hanya salah satu yang paling terkenal.

"Itu hanya selingan. Aku akan menyingkirkan dia (Ting Pei). Dia tidak berarti apa-apa bagiku. Aku punya banyak gadis," kata sang aktor, mengutip dari buku tersebut.

5. Jadi saksi kematian Bruce Lee

Kisah Cinta Betty Ting Pei, Kekasih Gelap dan Saksi Kematian Bruce Leetheringer.com/GettyImages

Namun sayangnya, saat-saat bahagia mereka terhenti. Pada 20 Juli 1973, Bruce Lee ditemukan tewas di tempat tidur Betty.

“Saya tahu apa yang orang pikirkan tentang Bruce dan saya, dan ini membuat saya hidup dalam mimpi buruk selama 10 tahun terakhir. Saya pikir ini tidak adil, tidak hanya untuk saya, tetapi juga untuk Bruce karena dia sudah meninggal,” ungkap Ting dalam sebuah wawancara TV pada tahun 1983, satu dekade setelah kematian Bruce Lee.

Betty menjadi orang yang dituding menjadi penyebab kematian Bruce Lee. Ada teori yang mengatakan bahwa Bruce Lee meninggal saat mereka bercinta di tempat tidur Betty. Tapi. rumor tersebut langsung dibantah Betty. 

Menurut kabar yang beredar, pada suatu malam, mereka berencana untuk bertemu di kediaman Betty dan membahas naskah film Game of Death. Namun dalam biografinya, Betty mengaku Bruce Lee merasa tak enak badan dan pusing. Ia lalu memberikan obat penghilang rasa sakit yang diketahui adalah Equagesic. 

Bruce Lee beristirahat di ranjang Betty. Beberapa lama setelahnya, Betty datang untuk membangunkan kekasihnya itu, tapi Bruce Lee tak kunjung bangun. Dokter dipanggil untuk memeriksa keadaan Bruce Lee, namun aktor tersebut dinyatakan meninggal saat tiba di Rumah Sakit Queen Elizabeth.

Itulah kisah cinta tragis Bruce Lee dan Betty Ting Pei yang adalah kekasih gelap sekaligus menjadi saksi kematian sang aktor. 

Baca Juga: Angkat Budaya China, Desainer Ini Hidupkan Lagi Sosok Bruce Lee

Baca Juga: Kisah Cinta Pilu Aaron Carter dan Kekasih Sebelum Meninggal

Baca Juga: Lama Menikah, Ini Kisah Cinta 7 Pasangan Artis yang Dipisahkan Maut