Dalam suatu hubungan, pasti kamu pernah merasakan cemburu dengan pasanganmu. Terkadang hal sepele pun menjadi alasan kamu cemburu, seperti pasanganmu menghabiskan waktu bersama temannya. Sebel banget ya rasanya kalau sedang cemburu. Tapi apa benar kalau cemburu artinya nggak percaya dengan pasangan? Nah, ini penjelasan menurut para ahli! 

Membangun kepercayaan dalam suatu hubungan pastinya membutuhkan waktu. Apalagi kalau kamu pernah memiliki pengalaman buruk, seperti dibohongi, diselingkuhi dan melanggar kepercayaan lainnya. “Memiliki dasar komunikasi, rasa hormat, dan saling pengertian yang kuat sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat dan saling percaya. Membangun sebuah komunikasi dapat membantu membuat perjanjian, batasan hubungan dan mengatasi masalah ketika muncul," jelas Spesialis Pencegahan Kekerasan, Leah Dirkse.

Cemburu Bukan Nggak Percaya dengan Pasangan, Ini Penjelasan Para Ahlifacebook.com/Leah Dirkse, instagram.com/sarahmirk

Menurut para ahli, rasa cemburu bukan berarti kamu nggak mempercayai pasangan. Itu hanya menunjukkan kalau kamu seorang manusia normal yang memiliki perasaan, Bela. Dikutip dari Elite Daily, menurut Sarah Mirk, penulis Sex from Scratch: Making Your Own Relationship Rules, kecemburuan adalah emosi yang biasa terjadi pada manusia. Sedangkan menurut Dirkse, menjadi cemburu bukan berarti kamu nggak mempercayai pasangan, itu hanya berarti ya kamu memang merasa cemburu. Selain itu, merasa cemburu itu sangat normal dan mencari tahu dari mana kecemburuan itu berasal dapat membantu untuk mengatasinya.

Cemburu Bukan Nggak Percaya dengan Pasangan, Ini Penjelasan Para Ahliinstagram.com/sarahmirk

Daripada menilai kecemburuan dengan rasa kurangnya kepercayaan, Mirk mengatakan bahwa kamu dapat menggunakan kecemburuan sebagai introspeksi dengan diri kita sendiri. Kecemburuan menimbulkan rasa yang nggak nyaman dalam diri sendiri. Contohnya ketika Mirk merasa iri dengan pasangannya dan dia mencoba untuk mempertimbangkan alasannya merasa seperti itu. Mirk juga mengatakan, "Bagi saya, cara yang baik untuk mengatasi kecemburuan adalah dengan memikirkan apa yang menjadi pemicunya, kemudian membicarakannya dengan pasangan saya tentang hal itu." Dirkse juga setuju dengan Mirk bahwa memahami akar kecemburuan merupakan hal yang penting dan dapat membantu.

Cemburu nggak berarti kurangnya kepercayaan dengan pasanganmu, tetapi itu bisa menjadi cara untuk melihat hal-hal lain yang kamu rasakan. Ketika kamu sampai pada tahap kepercayaan dalam hubungan dengan bersikap terbuka dan jujur ​​dpada pasangan itu adalah hal yang penting di atas segalanya. Artinya kamu sudah bersikap jujur dengan dirimu sendiri lho, Bela!

Seperti itulah penjelasan rasa cemburu menurut para ahli. Coba temukan alasan kecemburuanmu dan bicarakan baik-baik dengan pasanganmu, ya.

Baca Juga: 7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu