Kamu tentunya ingin memiliki seseorang yang dekat denganmu, di mana kamu bisa berbicara dan berbagi kehidupan sehari-hari dengan orang tersebut. Namun, terkadang sulit untuk mengetahui bagaimana hal-hal dalam sebuah hubungan akan berkembang lebih jauh jika hubungan sedang berlangsung.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membantu kamu mengidentifikasi apakah hubungan kalian sedang dan bisa berlanjut ke tahap berikutnya.

1. Memiliki topik tak berujung untuk dibicarakan

Mampu menemukan seseorang dan menghabiskan waktu sebanyak mungkin akan memberi kamu pandangan ke dalam pikiran dan psikologisnya. Jika kamu bersama seseorang yang dapat kamu ajak mengobrol panjang, bahkan setelah 10 tahun mengenalnya, ini adalah pertanda yang sangat bagus.

Ini berarti kamu akan selalu memiliki sesuatu untuk dibicarakan satu sama lain karena kalian berdua merasa percakapan kalian sangat menarik. Kamu nggak harus berbicara tentang politik atau berita dunia, bahkan percakapan panjang tentang hewan favoritmu atau subjek yang nggak dianggap penting dapat menjaga eratnya hubungan.

2. Memiliki banyak lelucon bersama

Makin Erat, Ini 7 Tanda Hubunganmu Akan Menuju Tingkat SelanjutnyaUnsplash.com/Priscilla du Preez

Memiliki hubungan dengan seseorang yang bisa kamu sebut sahabat adalah sesuatu yang bisa membuat hubungan bertahan lama. Bahkan jika kalian jauh, kalian masih berbagi detail kecil yang berakhir dengan lelucon dalam, itu menunjukkan bahwa kalian memiliki ikatan yang kuat satu sama lain dan berbagi selera humor yang sama.

Dua sejoli yang menganggap pasangannya sebagai sahabat mereka memiliki tingkat kebahagiaan dan kepuasan yang lebih tinggi daripada yang tidak. Berada dalam hubungan dengan seseorang yang dapat kamu hubungi sebagai sahabat, berarti kalian memiliki komunikasi yang hebat. Kalian bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama dan merasa cukup nyaman untuk berbagi detail kecil yang memalukan dan bisa ditertawakan.

3. Menjadikan kebiasaan menjengkelkan pasangan sebagai hal yang lucu

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk yang kecil, tetapi begitu kamu bersama seseorang untuk waktu yang lama, kamu akan mulai memperhatikan hal-hal kecil yang menjengkelkan, tapi menjadikannya istimewa. Misalnya, pasangan mungkin memiliki kebiasaan buruk untuk nggak pernah memeriksa teleponnya sehingga kamu hampir nggak bisa menghubunginya.

Meskipun sebagian besar orang menganggap hal itu menjengkelkan, kamu mengenal mereka dengan sangat baik dan mungkin menganggapnya lucu karena itu berarti pasanganmu nggak kecanduan ponsel setiap saat. Ada banyak sifat dan kebiasaannya yang menurut kebanyakan orang menjengkelkan, tetapi ketika kamu bersama seseorang yang benar-benar kamu sayangi, kamu melihat kebiasaan itu sebagai bagian dari identitasnya dan kamu lebih mencintai pasanganmu karena hal itu.

4. Kalian berdua sering menggunakan kata kami

Makin Erat, Ini 7 Tanda Hubunganmu Akan Menuju Tingkat SelanjutnyaUnsplash.com/Priscilla du Preez

Ketika kalian menjalin hubungan dengan seseorang, kalian mungkin selalu berusaha mencari waktu untuk bermain bersama teman dan keluarga sehingga itu bisa merusak hubungan kalian. Namun, karena kalian cenderung menghabiskan sebagian besar waktu bersama, kegiatanmu menjadi kegiatan berdua dan sebaliknya. Dan saat itulah kata "kami" mulai menjadi kata yang umum dalam kosakata kalian berdua.

Kamu akan mengatakan hal-hal seperti, "Kami menonton film ini bersama-sama," atau "Kami pergi bersama dengan semua teman kami," dan sebagainya. Ketika situasi seperti ini mulai memasuki hidup kalian, itu berarti bahwa aktivitas yang kalian lakukan sendiri sekarang adalah kegiatan yang kalian berdua nikmati.

5. Kamu menyebutkannya dalam percakapan acak

Adalah normal di awal setiap hubungan untuk menyebutkan pasanganmu cukup sering karena kamu sedang jatuh cinta dan nggak bisa berhenti memikirkannya. Namun, ketika kamu menemukan dirimu menyebutkannya dalam percakapan yang nggak ada hubungannya dengan dia secara khusus, ini berarti bahwa kamu sudah melihatnya sebagai bagian dari identitas dirimu.

Kamu bergaul dengan pasanganmu sedemikian rupa sehingga ketika sebuah percakapan yang memiliki hubungan sekecil apa pun dengannya muncul, kamu menyebutkannya karena tahu banyak tentang dia dan sudah menjadi bagian besar dari hidupmu. Ini adalah saat kamu secara nggak sadar menyadari bahwa dia berpotensi menjadi orang yang mungkin menemanimu seumur hidup.

6. Sering meninggalkan barang di tempat pasangan

Makin Erat, Ini 7 Tanda Hubunganmu Akan Menuju Tingkat SelanjutnyaUnsplash.com/Toa Heftiba

Saat hubungan berjalan, itu normal untuk meninggalkan beberapa barang di rumah pasanganmu. Tindakan sederhana, seperti meninggalkan sebuah sikat gigi atau sikat rambut di rumah pasangan, dapat memiliki makna simbolis yang sangat dalam di masyarakat secara umum. Ini bukan berarti bahwa kamu berencana untuk tinggal bersama, tetapi itu berarti kamu menikmati menghabiskan sore dan malam hari bersama-sama pasangan daripada sendirian.

Jika kamu mulai memperhatikan bahwa kamu memiliki sikat gigi ekstra dan beberapa kebutuhan di tempat pasangan tanpa menjadi gangguan bagi kalian berdua, itu berarti bahwa hubungan kalian bisa perlahan-lahan berkembang ke tingkat berikutnya.

7. Beradu argumen menjadi hal yang menarik

Sangat wajar untuk berdebat dengan seseorang sesekali, terutama ketika kalian sudah lama bersama. Jika ini terjadi dan argumen ini memicu keseluruhan perasaanmu terhadap satu sama lain alih-alih menguras emosi, ini berarti itu adalah sesuatu yang pasti akan bertahan lama. Ini karena memiliki argumen sehat sambil tetap menyampaikan maksud dapat membantu meningkatkan hubungan dan membantu kamu untuk belajar lebih banyak tentang satu sama lain daripada menyetujui segala sesuatu dan kehilangan minat dalam jangka panjang.

Jadi Bela, apa pendapatmu tentang tanda-tanda ini? Silakan berbagi pengalaman hubungan yang kamu miliki di komentar, ya!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Makin Erat, 7 Tanda Bahwa Hubunganmu Akan Menuju Tingkat Selanjutnya"

Baca Juga: Nggak Banyak Janji, 10 Kalimat Sederhana Tanda Si Dia adalah Jodohmu