Menggunakan aplikasi online dating zaman sekarang sudah menjadi tren tersendiri. Berbeda dengan zaman orangtua kita dulu, sekarang mencari dan menemukan jodoh sangat mudah dan hanya mengandalkan gadget dan koneksi internet. Namun bagi kamu yang ingin mencari pasangan untuk taaruf, sekarang sudah ada aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Aplikasi tersebut dinamanya Muz Match.

Mengklaim bahwa aplikasi ini diciptakan untuk para Muslim yang ingin serius melangkah ke pernikahan dengan cara yang halal, menyenangkan dan gratis, Popbela pun mencoba untuk mengunduh aplikasi ini. Buat kamu yang penasaran cara kerja Muz Match ini, yuk ikuti penuturannya di bawah.

1. Registrasi

Aplikasi Ini Siap Bantu Carikan Pasangan Taaruf Buat Kamu

Setelah mengunduh aplikasi ini, seperti aplikasi online dating lainnya, saya diminta untuk registrasi menggunakan email. Selain itu, Muz Match juga menanyakan usia, jenis kelamin, profesi, etnis, hingga identitas keislaman. Bahkan setelah mengunggah foto, saya diminta untuk selfie untuk membuktikan bahwa akun yang saya buat adalah akun asli (bukan pakai foto orang lain).

2. Mencari berdasarkan lokasi

Aplikasi Ini Siap Bantu Carikan Pasangan Taaruf Buat Kamu

Setelah berhasil mendaftarkan diri, Muz Match akan mencarikan lawan jenis sesuai dengan lokasi tempat saya berada. Data diri seorang pria langsung muncul di aplikasi saya, mulai dari foto-fotonya, usia, pekerjaan, status pernikahan hingga data lainnya. Mirip seperti Tinder, pada foto pria tersebut terdapat tombol checklist (V) untuk memilihnya dan lanjut ke tahap selanjutnya atau cross (X) untuk menghapusnya.

3. Fasilitas chat dan filter

Aplikasi Ini Siap Bantu Carikan Pasangan Taaruf Buat Kamu

Seperti kebanyakan aplikasi online dating, Muz Match dilengkapi dengan fasilitas chat supaya bisa saling bertanya-tanya atau berkenalan lebih lanjut. Saya juga bisa menentukan kriteria lawan jenis yang dicari berdasarkan lokasi, usia, etnis dan identitas keislamannya. Untuk filter premium sendiri, saya bisa lebih leluasa menentukan kriteria, seperti status pernikahan, profesi, pendidikan, kepemilikan anak, tinggi badan, rencana menikah hingga intensitas salat atau beribadah.

4. Aplikasi berbayar

Aplikasi Ini Siap Bantu Carikan Pasangan Taaruf Buat Kamu

Sedikit berbeda dengan aplikasi online dating lainnya, Muz Match menyediakan fasilitas premium dengan cara membayar secara bulanan. Pembayaran ini akan menguntungkan jika benar-benar ingin menjadi pasangan hidup untuk serius atau menemukan lawan jenis yang sesuai dengan kriteria. Lewat aplikasi ini jugalah, kita nggak perlu ragu untuk mendapatkan lawan jenis yang berbeda agama.

5. Klaim halal yang kurang tepat

Aplikasi Ini Siap Bantu Carikan Pasangan Taaruf Buat Kamu

Secara garis besar, aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi online dating lainnya. Biasanya, cara mencari jodoh secara halal dalam Islam adalah melalui perantara, entah itu orang yang disegani atau yang lebih tua dan sama-sama mengenal lawan jenis tersebut. Pada proses pengenalan lewat perantara itu pun, kita dilarang untuk sering berinteraksi dengan lawan jenis yang dituju.

Namun jika melalui aplikasi dengan fasilitas chat, maka interaksi antara dua orang ini bisa dilakukan secara intens bahkan bisa digunakan untuk berbagi foto. Hal ini bertentangan dengan istilah halal yang disebutkan. Lagipula, peran perantara nggak bisa digantikan dengan teknologi karena perantara ini berperan penting. Dialah yang tahu bagaimana keseharian lawan jenis yang kita sukai sehingga dia bisa memberikan kita saran atau informasi penting.

Gimana Bela, tertarik untuk mencoba aplikasi online dating ini?

BACA JUGA: Ini Cara Kenalan yang Bikin Orang Malas Balas Chat di Aplikasi Kencan​