Berbohong dengan seseorang termasuk pasangan adalah hal yang harus kamu hindari, Bela. Dengan berbohong, kamu bisa kehilangan kepercayaan yang dia beri selama ini. Namun kalau dia yang berbohong, kamu nggak harus marah-marah saat menghadapi si dia. Kamu bisa meniru cara-cara elegan ini untuk bicara baik-baik dengannya.

1. Yakinlah kalau dia memang berbohong

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniBostonherald.com

Pastikan kalau dia sedang berbohong, Bela. Mengumpulkan fakta-fakta dan bicara dengan orang-orang terdekatnya bisa membuat kamu nggak asal tuduh.

2. Mempertimbangkan pendekatan yang ingin kamu lakukan

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniPopsugar.com

Lihat dulu kebohongan apa yang dia lakukan. Kalau dia ketahuan melakukan white lies yang sederhana seperti dia suka film yang kamu pilih, kamu bisa melupakannya. Tapi kalau kebohongan seperti selingkuh, kamu nggak boleh tinggal diam.

3. Tetap percaya diri dan siapkan bukti

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniRavepad.com

Fakta dan bukti harus kamu bawa dan siapkan sebelum berhadapan dengan si dia. Kalau bukti yang kamu kumpulkan sudah cukup dan bisa menyimpulkan kalau dia berbohong, jangan ragu untuk mempertahankan argumen kamu.

4. Berusaha menghadapi dia dengan pembawaan yang tenang

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniThegreatgatsby.wikia.com

Seorang motivator bernama Kimberly Giles menyatakan bahwa tujuan dari membicarakan kebohongan dia adalah hubungan yang lebih baik. Jadi ketimbang melakukannya dengan penuh amarah, kamu bisa mencoba untuk membicarakannya secara baik-baik.

5. Berhati-hati terhadap sikap manipulatifnya

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniIndependent.co.uk

Jika dia adalah pembohong yang handal, dia akan berusaha untuk memutarbalikkan perkataanmu dan fakta yang ada. Kamu perlu berhati-hati nih Bela, jangan sampai dia malah menyerangmu untuk menutupi kebohongannya.

6. Ubah perdebatan menjadi percakapan

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniNypost.com

Jangan memulai percakapan dengan suara yang tinggi atau kata-kata yang menyerang. Kamu bisa mengatakan, “Hai, ada hal yang ingin kubicarakan padamu” untuk membuka obrolan. Dia dengan sendirinya juga akan sadar bahwa obrolan ini bukanlah obrolan ringan.

7. Menanyakan hal-hal yang spesifik

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniUproxx.com

Nggak usah berbasa-basi, kamu harus menanyakan langsung kepadanya dengan memberikan pertanyaan yang spesifik. Seperti yang dilansir Forbes, bertanya secara spesifik dinilai efektif untuk menggali informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang lebih singkat.

8. Jelaskan bahwa kamu nggak memaklumi kebohongan

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniAljazeera.com

Kalau kalian memiliki rencana masa depan bersama, ingatlah bahwa kamu nggak bisa hidup selamanya dengan kebohongan-kebohongan yang ia katakan. Beritahu dia bahwa kamu nggak memberi toleransi terhadap kebohongan.

9. Rekam percakapan kalian bila perlu

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniFirerank.com

Orang yang berbohong cenderung mengatakan hal yang berbeda dari apa yang pernah dia katakan sebelumnya. Jadi, kalau kamu membutuhkan bukti tambahan bahwa ia sedang berbohong, kamu bisa merekam percapakan kalian.

10. Tetap luruskan pikiranmu bahwa nggak semua laki-laki seperti dia

Biar Nggak Diremehkan, Hadapi Si Tukang Bohong dengan Cara IniImdb.com

Nggak jarang kita sebagai wanita merasa desperate dan enggan mempercayai laki-laki. Tapi perlu diingat nih Bela, bahwa nggak semua laki-laki punya sifat yang sama dengan si dia.

Nah, kalau kamu merasa dia sedang berbohong, kamu bisa meniru cara-cara ini. Semoga berhasil, ya.

BACA JUGA: Awas! Kalau Sang Kekasih Menunjukkan 9 Tanda Ini, Berarti Dia Sedang Berbohong Padamu​