Mungkin kamu pernah bertanya-tanya bahwa ketika kamu merindukan seseorang, apakah itu menjadi pertanda jika kamu menyukai atau mencintai orang tersebut? Tentu saja ketika kamu merindukan seseorang, ada alasan di baliknya, bukan?

Nah, sebenarnya munculnya perasaan kangen atau rindu ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini alasan mengapa kamu bisa merasakan rasa kangen atau rindu terhadap seseorang.

1. Kamu selalu membutuhkan seseorang di sisimu

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan Ilmiahnyastatic.independent.co.uk

Dilansir luvze.com, beberapa orang, khususnya wanita, kerap kali merasa tidak aman dan merasa jika dirinya membutuhkan seseorang untuk membantu menjaga diri. Nah, orang-orang tersebut biasanya akan berpikir jika dirinya selalu membutuhkan seseorang di sisinya. 

2. Dia selalu membuatmu tersenyum

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan IlmiahnyaPexels.com/Renato Abati

Secara ilmiah, perasaan senang dapat membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan bahagia. Hal inilah yang menjadi alasan ketika kamu kerap kali dibuat tersenyum, maka akan timbul perasaan nyaman sehingga saat ditinggal oleh orang tersebut kamu akan langsung merasa merindukannya.

3. Hormon dan zat kimia yang dihasilkan tubuh membentuk ikatan emosional

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan IlmiahnyaPexels.com/Luiz Clas

Dikutip theodyssey.com, secara evolusi, bahan kimia yang dihasilkan oleh kelenjar dan neurotransmitter, yang berhubungan dengan perasaan cinta dapat membantu kita dalam membentuk ikatan emosional untuk dapat mempertahankan hubungan kelompok, hubungan intim, dan hubungan orangtua. Oleh karenanya, saat tidak memproduksi hormon tersebut, kamu akan merasa rindu.

4. Kamu kecanduan hormon yang berhubungan dengan cinta

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan IlmiahnyaPixabay.com/annca

Saat kamu sedang jatuh cinta atau mengagumi seseorang, maka tubuh akan mulai memproduksi hormon yang berhubungan dengan cinta, seperti estrogen atau testoteron, dan oksitosin. Sehingga, ketika kamu menghabiskan waktu yang lama dengan seseorang yang kamu cintai, maka pada dasarnya kamu akan menjadi kecanduan pada semua hormon dan zat kimia yang dihasilkan tubuh tersebut. Tubuh yang terbiasa memproduksi semua bahan kimia dan memprosesnya dengan cepat ini akan merasa kehilangan dan tidak dapat bekerja dengan baik di saat dia tidak sedang bersama dirimu.

5. Kamu jatuh cinta dengan sifat dan kualitas pribadi mereka

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan IlmiahnyaInstagram.com/Shvets Anna

Ketika kamu kehilangan seseorang yang istimewa bisa saja hal tersebut disebabkan karena kamu sudah jatuh cinta dengan sifat dan kualitas pribadi mereka yang sangat baik. Di saat itu terjadi, kamu akan merasa rindu dan selalu ingin berada di dekat orang tersebut.

6. Kamu penasaran dengan dirinya

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan IlmiahnyaPexels.com/Edward Eyer

Alasan lain kenapa kamu merasa kangen adalah kamu mulai tertarik dan penasaran. Sejatinya, hal ini terjadi karena kamu belum terlalu mengetahui banyak tentang orang tersebut dan penasaran dengan apa yang ada di dirinya sehingga ingin mengenalnya lebih jauh dan kerap memikirkannya.

7. Terdapat koneksi antara kamu dengan dirinya

7 Alasan Kamu Merasa Kangen Pada Seseorang, Ini Penjelasan IlmiahnyaPexels.com/Dương Nhân

Terdapat beberapa makna yang berbeda mengapa seseorang saling merindukan. Dikutip psychologytoday.com, ketika kamu kehilangan seseorang yang kamu cintai dan sukai, maka kamu akan merasa kehilangan dan tidak lengkap tanpa orang tersebut. Hal ini lah yang disebut dengan koneksi dan ikatan kuat yang terjalin pada saat sedang menjalani sebuah hubungan.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu merasa kangen atau rindu dengan seseorang. Kangen sama orang yang disuka boleh-boleh aja, kok. Asal kamu jangan kangen sama pacar orang, ya!