Banyak orang mengatakan untuk memiliki hubungan asmara yang bahagia, memerlukan pengorbanan besar. Salah satu harus rela berkorban demi yang lain, sehingga hubungan harmonis dan awet. Tetapi, realitasnya tidak selalu demikian. 

Bahagia itu sangatlah sederhana, bahkan kamu tidak perlu terlalu sering berkorban untuk pacarmu. Kamu hanya perlu terapkan lima tips berikut untuk mewujudkan kebahagiaan itu. Yuk, disimak!

1. Kenali sifat pasanganmu sampai ke akar-akarnya

5 Tips Agar Hubungan Cinta Bahagia Tanpa Banyak BerkorbanUnsplash.com/Candice Waldeck

Dengan mengenal sifat pasangan, setidaknya porsi sakit hatimu bisa berkurang. Sebab, kamu tidak perlu sedih ketika responsnya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Misalnya, saat memberi kejutan. Kamu tidak perlu heran kalau dia tampak biasa saja karena memang seperti itulah dia dari dulu.

Kamu bisa memaklumi sifatnya, sehingga hubungan kalian jauh dari masalah. Sehingga kebahagiaanlah yang menyelimuti hubungan kalian.

2. Biarkan dia menikmati dunianya sendiri

5 Tips Agar Hubungan Cinta Bahagia Tanpa Banyak Berkorbanfreepik.com/ freepik

Sifat posesif dapat menyebabkan masalah, yang membuat hubunganmu jauh dari kata bahagia. Untuk itu, biarkan pacarmu melakukan hal-hal yang dia suka. Beri dia waktu dan jarak agar bisa menikmati dunianya sendiri.

Meskipun sayang, tapi dia tidak suka bila kamu terus-terusan dekat. Sebab, dia pun mau agar kamu menikmati duniamu juga. 

Dengan cara ini, percayalah hubungan kalian akan semakin kuat. Kalian pun mampu mengenal diri sendiri dengan baik.

3. Sampaikan apa yang kamu inginkan darinya

5 Tips Agar Hubungan Cinta Bahagia Tanpa Banyak Berkorbanhttps://www.pexels.com/@nick-bondarev

Ingat, pacarmu bukan orang pintar yang tahu apa yang kamu inginkan dan pikirkan. Mereka perlu diberitahu. Jadi bila kamu menginginkan sesuatu dalam bentuk apa pun, katakanlah kepada dia. 

Jangan biarkan dia diselimuti rasa penasaran karena ini dapat memicu masalah di dalam hubungan kalian. 

Kalau sudah bermasalah, yang ada hubungan kalian jauh dari harmonis. Jadi, jujurlah atas perasaanmu selama kalian berpacaran.

4. Berbagilah dalam segala hal

5 Tips Agar Hubungan Cinta Bahagia Tanpa Banyak BerkorbanFreepik.com

Berbagi dalam segala hal berarti dalam suka dan duka. Kamu tidak perlu ragu menceritakan masalahmu kepadanya karena di sini dia itu sudah menjadi pasanganmu. Masalahmu adalah masalah baginya, dan kalian harus menemukan jalan keluar bersama.

Jika kamu bersikap terbuka, percayalah dia pun akan melakukan hal yang sama. Jadi, tidak perlu ada yang ditutup-tutupi.

Dengan begini, kalian bisa saling mengenal satu sama lain lebih dalam lagi dan pastinya bisa saling menerima.

5. Peka terhadap situasi dan kondisi

5 Tips Agar Hubungan Cinta Bahagia Tanpa Banyak BerkorbanPexels.com/Gustavo Fring

Jauhkanlah sikap egois atau kekanakan selama menjalani hubungan. Sebab, sifatmu ini bisa jadi "api" yang memicu pertengkaran. Dan untuk meredamnya, salah satu pihak harus rela berkorban dengan mengalah. 

Satu atau dua kali mengalah, masih bisa diterima. Tapi bila sudah terlalu sering, siapa yang bisa tahan? Makanya, pekalah terhadap situasi dan kondisi agar semunya berjalan smooth

Di sisi lain, juga tidak ada pihak yang merasa jenuh karena mesti berkorban terus-menerus.

Untuk mendapatkan hal-hal baik yang membuahkan kebahagiaan memang membutuhkan pengorbanan. Namun dengan tips di atas, level berkorban setidaknya lebih kecil sehingga tidak ada satu pihak pun yang muak karena keseringan berkorban.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Tips Agar Kisah Cintamu Bahagia Tanpa Harus Banyak Berkorban"

Baca Juga: 6 Perubahan yang Pasti Terjadi dalam Hubungan Pertemanan di Usia 20-an

Baca Juga: Di Luar Ekspektasi, 20 Cara Kreatif Melamar Pacar Ini Bikin Kagum!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Bahagia Menjalani Hubungan dengan Si Dia, Pertahankan!