Apakah kamu pernah merasakan cinta bertepuk sebelah tangan? Kamu menyukai dia sepenuh hati, tahu-tahunya cintamu tak berbalas. Merasakannya satu kali saja sudah bikin nyesek, apalagi jika harus merasakannya berulang kali. Masa iya orang yang kamu suka, tak ada satu pun yang menyukaimu balik?

Segala sesuatunya tentu punya alasan yang kuat. Mungkin salah satu dari lima poin berikut adalah alasan kenapa kamu sering merasakan cinta bertepuk sebelah tangan. 

1. Kamu tak pernah merasa dirimu pantas di dekatnya

5 Alasan Kamu Sering Merasakan Cinta Bertepuk Sebelah TanganUnsplash.com/Anton Shakirov

Di dalam dirimu terdapat dua energi, yaitu positif dan negatif. Ketika dirimu diselimuti energi negatif, percayalah kamu nggak akan pernah mendapatkan apa yang diinginkan. Hal yang sama juga berlaku saat kamu menyukai seseorang. 

Mungkin kamu merasa diri kamu tak semenarik orang lain, tapi harusnya kamu bisa melihat sisi positif dirimu yang bisa dibanggakan. Jangan hanya fokus pada kekuranganmu.

2. Kamu cuma suka kalau dia menjadi sosok yang kamu inginkan, bukan dia yang apa adanya

5 Alasan Kamu Sering Merasakan Cinta Bertepuk Sebelah Tanganhttps://www.pexels.com/@jep-gambardella

Ketika rasa sukamu itu bersyarat, dalam arti gak tulus, wajar kalau dia tak menyukai kamu balik. Dia pasti sadar kalau rasa sukamu itu sekadar saat dia mau mengikuti semua keinginanmu. Kalau tidak, hubungan kalian bisa hancur. 

Dia pasti nggak mau kalau hal ini sampai terjadi. Daripada menyukaimu balik membuatnya sakit hati, lebih baik dia menghilangkan perasaan ini sejak awal.

3. Kamu menjauh saat dia mulai penasaran denganmu

5 Alasan Kamu Sering Merasakan Cinta Bertepuk Sebelah TanganUnsplash.com/Maria Victoria Heredia

Terkadang bukan karena dia nggak suka, cuma karena kamu nggak sabar menunggu respons dari dia. Kamu mau begitu kamu suka, dia juga harus suka. Lah, mana bisa?

Segala sesuatunya butuh proses. Dia perlu mengenalimu lebih dalam supaya kisah cintanya awet. Lagipula, buru-buru pun nggak ada gunanya, karena nggak ada juga yang mau dikejar-kejar dalam hal cinta.

4. Overthinking!

5 Alasan Kamu Sering Merasakan Cinta Bertepuk Sebelah Tanganhttps://www.pexels.com/@katlovessteve

Sifatmu yang overthinking itu bisa jadi penyebabnya, lho! Siapa pun pasti kurang suka kalau berhubungan dengan orang yang suka mikir berlebihan karena sifatmu ini dapat menumbuhkan toxic dalam hubungan.

Kamu jadi mudah curiga, protektif, dan gampang sedih kalau dia memperlakukanmu agak berbeda dari biasanya. Daripada pacaran, tapi sering berantem, dia pasti memilih untuk berteman saja.

5. Masih PDKT, tapi kamu sudah berani mengunggah kebersamaan kalian

5 Alasan Kamu Sering Merasakan Cinta Bertepuk Sebelah TanganFreepik.com/Freepik

Nggak salah, sih, cuma nggak semua orang menyukai hal seperti ini. Sebagian orang mau agar masa PDKT-nya tetap menjadi privasi sampai benar-benar jadian. Kalau terlalu diumbar-umbar dan nggak jadian, bisa jadi bahan gosip. Benar, kan?

Jadi, buat kamu yang suka pamer kebersamaanmu dan gebetan, sekarang berhentilah. Jangan buat dia illfeel saat kencan pertama supaya PDKT berlanjut dan kalian bisa jadian. 

Sekarang, kamu sudah tahu, kan, kenapa kamu sering merasakan cinta bertepuk sebelah tangan. Semoga bisa dijadikan bahan introspeksi, ya!

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Kenapa Orang yang Kamu Suka Gak Pernah Menyukaimu Balik"

Baca Juga: 15 Tanda Seorang Laki-laki Serius PDKT Denganmu

Baca Juga: Curi Hati Si Dia Lewat 9 Topik Pembicaraan Saat PDKT Paling Asyik

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Kesalahan Cewek Saat PDKT sama Gebetan