Pacaran yang baik adalah jalan persiapan menuju pernikahan. Di sini kamu dan dia akan saling mengenal satu sama lain, sekaligus bisa merasakan apakah kalian sudah siap menikah atau belum. Namun, ternyata nggak semua pacaran itu tujuannya untuk menikah, lho.

Kalau kamu merasakan 6 tanda ini, fix banget kalau hubungan kamu akan mentok tanpa ada ikatan pernikahan. 

1. Tidak saling mempercayai satu sama lain

6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan Pernikahanhttps://www.pexels.com/@d-ng-nhan-324384

Saling percaya adalah kunci keberhasilan hubungan. Tanpa ada rasa saling percaya, yang ada pikiran kamu isinya akan negatif melulu. Nah, ketika dia itu sulit percaya sama kamu, bahkan sering banget nuduh kamu dengan hal yang sebenarnya nggak pernah kamu lakukan, bisa dipastikan ajakan menikah nggak akan terucap olehnya.

2. Gak pernah diajak hang out bareng teman dan keluarganya

6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan PernikahanPexels.com/Helena Lopes

Orang yang serius dan ingin menikah denganmu pastinya membawamu ke dalam dunia dia, seperti sahabat dan keluarganya. Namun, ketika kamu hanya bernilai sebagai pacar yang nggak akan diseriusin, kamu akan selalu bertanya-tanya, kenapa dia nggak pernah mengajakmu untuk hang out dengan teman atau orangtuanya, padahal kamu dan dia sudah cukup lama pacarannya. Bagaimana, nih, perasaanmu?

3. Pasangan selalu mengelak ketika diajak berdiskusi tentang masa depan

6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan Pernikahanwww.goodtherapy.org

Orang yang serius denganmu pasti mengungkapkan visi misinya di masa depan. Dia akan mulai mempersiapkan segalanya, mulai dari finansial, pembicaraan seputar anak, keluarga, dan lainnya. Namun, kalau sudah lama dia nggak ada omongan sama sekali tentang pernikahan dan masa depan, sepertinya dia memang nggak berniat untuk serius sama kamu.

4. Kekurangan pasangan sering jadi penyebab pertengkaran

6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan Pernikahanhttps://www.pexels.com/@polina-zimmerman

Guys, gini lho. Ketika kalian menikah nanti, otomatis segala kelebihan dan kekurangan pasangan itu harus kamu terima bulat-bulat. Gak ada lagi kata menyesal setelah menikah. Nah, ketika dari pacaran aja, kekuranganmu itu selalu jadi biang amarah pacarmu yang gak bisa menerima itu, bagaimana mungkin dia akan mengajakmu menikah?

Karena pernikahan bersifat seumur hidup. Jadi, jika memang dia gak bisa kekuranganmu, sebelum dia yang mutusin, lebih baik kamu yang mundur. Karena percuma juga gak akan ada kata pernikahan yang terucap.

5. Pasangan sering menghilang tanpa kabar

6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan PernikahanFreepik.com

Dari pacaran aja, dia udah gak bisa menghargai kamu dengan sering menghilang tanpa kabar. Bagaimana bisa kamu mengharapkan dia akan punya gagasan pernikahan denganmu? Akan sengsara malahan kalau kamu menikah dengan orang yang tukang ngilang. Ingat lho, umur terus berjalan. Carilah pasangan yang memang ada value-nya. 

6. Terlalu mudah bilang putus

6 Tanda Hubunganmu Nggak Akan Berlanjut ke Ikatan PernikahanPexels.com/Cottonbro

Marah sedikit putus. Kamu salah sedikit putus. Ampun deh, semudah mengatakan amin setelah berdoa dia gampang mengucap kata putus. Lantas, sampai kapan kamu dan dia akan punya waktu untuk membahas pernikahan yang mana tantangannya akan semakin besar nantinya? Jadi lebih baik, kamu cari orang yang lebih dewasa dalam menyikapi permasalahan yang terjadi. Baru deh harapan kamu buat nikah bisa terwujud.

Beberapa dari kamu mungkin gak mengharapkan adanya pernikahan. Namun, jika kamu memang ingin menemukan pasangan hidup, sebaiknya saringlah dulu sebelum pacaran, daripada kamu buang waktu dengan orang yang gak sama pemikirannya denganmu, yakni untuk menikah.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "6 Tanda Hubungan yang Gak Akan Berlabuh dalam Ikatan Pernikahan"

Baca Juga: Sulit Dilupakan, 5 Zodiak Ini Masih Tetap Dicintai Meski Sudah Putus

Baca Juga: Dikabarkan Menikah, Ini 9 Foto Mesra Tara Basro dan Daniel Adnan

Baca Juga: 3 Janji yang Seharusnya Ada dalam Setiap Pernikahan