Dalam hubungan asmara, terkadang kamu tidak akan mendapatkan seseorang yang seratus persen adalah tipemu. Untuk dapat mencapai sebuah hubungan yang solid, maka dibutuhkan penerimaan dan kompromi. Namanya juga hubungan dengan manusia, pasti ada kelebihan dan kekurangan. 

Tinggal bagaimana kamu dapat memberikan toleransi pada pasangan. Namun, jika pasangan sering melakukan lima hal ini, sebaiknya jangan terus diberi maaf, ya. Karena kamu juga berhak bahagia. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya. 

1. Tidak ada waktu untuk mendengar keluh kesahmu

Jangan Toleransi Pasangan Saat Dia Lakukan 5 Hal Iniclickrelationships.org

Memang tidak baik selalu mengeluh. Namun, setidaknya kamu butuh seseorang yang bisa diajak curhat untuk bisa melegakan hati dan pikiran. Nah, saat ini kamu sudah memiliki pasangan, yang pasti dia adalah orang terdekatmu. Tapi, ternyata dia selalu enggan untuk meluangkan waktu demi mendengar keluh kesahmu.

Seringnya, dia malah menganggap dirimu orang yang lemah, tidak mandiri, dan sebagainya. Tentu kesal, kan? Sehingga jika pasangan terus menerus berperilaku seperti itu, harus dicek apakah dia benar-benar sayang kamu atau tidak.

2. Berbohong

Jangan Toleransi Pasangan Saat Dia Lakukan 5 Hal IniPexels.com/Daniel Spase

Kesannya simpel, hanya bohong saja. Namun, semua pengkhianatan cinta dimulai dari kebiasaan berbohong. Kamu harus sadar bahwa kebohongan itu hanya akan membuahkan hal negatif. Jadi, jika pasangan mulai menunjukkan bibit tersebut, maka sebaiknya kamu langsung ambil tindakan tegas.

Meski dia berkilah, kebohongannya itu untuk kebaikan, jangan sampai jadi kebiasaan. Kebohongan kecil, lama-lama bisa jadi besar juga, lho. Pada akhirnya, jika dia kebanyakan bohong, kamu tak bisa lagi membedakan mana omongannya yang benar dan mana yang hanya bualan belaka.

3. Membandingkan dirimu dengan orang lain

Jangan Toleransi Pasangan Saat Dia Lakukan 5 Hal IniPexels.com/Ron Lach

Tidak ada orang yang senang jika terus dibandingkan dengan orang lain. Apalagi sang pelaku adalah orang yang dicintai. Pasangan sering sekali membandingkan dirimu dengan orang lain. Bentuknya macam-macam, mulai dari wajah, bentuk tubuh, pencapaian karier, hingga keahlian yang kamu miliki.

Dia mungkin beralasan melakukan ini karena mencintaimu dan ingin membuat kamu merasa termotivasi. Alih-alih jadi termotivasi, yang ada kamu malah jadi sakit hati.

Maka dari itu, jangan mau terus dibandingkan apalagi sampai dihina oleh pasangan. Kalau dia terus-menerus membandingkan dirimu dengan yang lain, sama saja dia tidak puas dengan kehadiran dirimu.

4. Meremehkan atau menghalangi suatu hal yang kamu cita-citakan

Jangan Toleransi Pasangan Saat Dia Lakukan 5 Hal IniFreepik.com

Selama cita-cita itu positif, rasanya tidak ada seorang pun yang berhak menghalangi keinginan dalam dirimu. Apalagi jika memang itu merupakan passion dalam dirimu. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih pasangan yang memang mengerti tentang kemampuan dirimu. 

Jangan sampai berhubungan dengan orang yang malah membuatmu mengubur mimpi demi hanya bisa bersama orang tersebut. Ingat, hidup hanya sekali. Kejarlah apa yang menjadi passion dirimu bersama orang yang suportif. 

5. Enggan membawamu mengenal dunianya

Jangan Toleransi Pasangan Saat Dia Lakukan 5 Hal IniPexels.com/Marcelo Chagas

Entah karena alasan apa, dia tidak pernah mengajakmu untuk mengenal keluarganya. Jangankan keluarga, siapa temannya saja kamu tidak pernah tahu. Informasi tentang dirinya sangat sulit terucap oleh dirinya. Sebaiknya jangan mempertahankan hubungan dengan orang yang seperti ini.

Milikilah hubungan dengan orang yang bangga menggandeng tanganmu dan memperkenalkan dirimu kepada dunianya. Untuk apa berhubungan dengan orang yang tak mau melihat dirimu di sisinya?

Maka dari itu, bagaimana sikap dan karakter pasangan sangat memiliki andil besar dalam sebuah hubungan. Jangan sampai kamu dibutakan oleh cinta dan mau saja menjadi korban dalam hubungan. Dirimu berharga dan layak untuk bahagia. 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Hal yang Tidak Boleh Ditolerir jika Pasangan Melakukannya!"

Baca Juga: Wah! 5 Sikap Romantis Ini Ternyata Berbahaya Bagi Hubunganmu

Baca Juga: 12 Tanda Orang Memiliki Sifat Egois

Baca Juga: 9 Mitos Soal Hubungan Asmara yang Masih Dipercaya