Kehadiran media sosial, kerap membuat kamu jadi sering teracuni dengan berbagai unggahan romantis dari para pasangan yang sudah menikah. Melihat kehidupan pernikahan para selebritas yang terlihat begitu indah, mau tak mau membuatmu jadi ingin juga merasakan seperti mereka.

Walaupun pasanganmu sudah ada dan kalian pun telah saling cinta, sebaiknya jangan ngebet nikah dulu kalau belum benar-benar mengenal pasanganmu. Pastikan kelima hal berikut ini sudah kamu tahu, sebelum memutuskan bahwa dia adalah sosok yang ingin kamu jadikan pasangan untuk menghabiskan sisa waktu berdua.

Ini dia 5 hal penting yang harus kamu tahu dari pasangan sebelum menikah!

1. Sikapnya saat marah

Jangan Ngebet Nikah! Ketahui Dulu 5 Hal Ini dari Pasanganbrightside.me/

Perdebatan dan percekcokan itu adalah hal yang lumrah dalam sebuah hubungan. Bahkan pasangan suami istri yang sudah berumah tangga puluhan tahun pun, tetap mengalami yang namanya konflik.

Di awal pacaran, pasangan akan berusaha jaga citra baik. Sifat asli seseorang itu biasanya baru keluar ketika sedang marah. Apakah dia kasar atau tetap bisa bersikap tenang, baru tampak ketika kalian mengalami konflik.

Makanya, jangan ngebet nikah dulu. Apalagi jika belum begitu mengenal sikapnya dalam tiap situasi. Susah, kan, kalau semula mengira dia tipe yang baik, tapi ternyata setelah berumah tangga, baru terbuka bahwa perangainya abusive.

2. Sikapnya ketika stres

Jangan Ngebet Nikah! Ketahui Dulu 5 Hal Ini dari PasanganUnsplash.com/Tim Gouw

Setiap orang punya cara menyikapi stres yang berbeda-beda. Ada yang tipe reaktif, baru kena stres sedikit, langsung panik atau marah-marah. Tapi, ada pula yang tetap bisa kalem meskipun level stresnya sudah bikin kamu ternganga.

Dengan mengetahui bagaimana pasanganmu bereaksi saat stres melanda, setidaknya kamu jadi punya gambaran bagaimana menghadapinya saat situasi tidak kondusif. Dari pengamatan, kamu pun bisa menilai apakah dia sudah layak dan siap menuju tahap pernikahan, di mana peran dan tanggung jawabnya lebih besar, dibanding kalian masih tahap pacaran.

3. Cara pandangnya perihal komunikasi

Jangan Ngebet Nikah! Ketahui Dulu 5 Hal Ini dari PasanganPexels.com/cottonbro

Komunikasi begitu krusial dalam sebuah hubungan, tapi sayangnya banyak pasangan yang abai tentangnya.

Sebelum kamu memantapkan pilihan pasangan hidup padanya, pastikan dulu bahwa kalian sudah satu frekuensi mengenai cara pandang komunikasi ini. Jangan sampai, apa yang menurutnya sudah menunjukkan perhatian, tapi kamu merasa hal itu kurang. Jadi nggak klop, kan?

Jika nggak diatur supaya bisa saling memahami, di kemudian hari, bakal sering terjadi salah paham dan pertengkaran disebabkan masalah komunikasi.

4. Bagaimana pandangannya terhadap masa depan

Jangan Ngebet Nikah! Ketahui Dulu 5 Hal Ini dari PasanganPexels.com/Samson Katt

Agar kamu nggak termasuk bagian dari barisan orang sakit hati akibat salah pilih, pastikan dulu bahwa orang yang kelak kamu pilih jadi pendamping hidup, memang memiliki pandangan masa depan yang jelas dan terarah. Cari tahu apakah dia sudah punya gambaran bagaimana hidup yang nantinya ingin dijalani.

Pasangan yang sudah memiliki arah yang jelas dengan hidupnya, biasanya tipe yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Ia seorang pekerja keras dan serius dalam menjalankan perannya.

5. Bagaimana caranya memperlakukan keluarga

Jangan Ngebet Nikah! Ketahui Dulu 5 Hal Ini dari Pasanganhttps://www.pexels.com/@nicole-michalou

Terkadang, ada yang bisa bersikap begitu baik pada orang lain, tapi ketika dengan keluarga sendiri cuek atau bahkan kejam. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan menuju pelaminan, pastikan dulu kamu sudah tahu bagaimana perlakuannya terhadap keluarganya sendiri.

Kalau ia sayang dan perhatian, itu bisa menjadi tanda kalau dia akan memperlakukanmu dengan cara yang sama, yaitu penuh kasih sayang. Tapi kalau ia kasar atau tidak peduli dengan keluarganya, bagaimana nanti dia bisa membangun keluarga bersamamu? Bagaimana dia memaknai sebuah keluarga juga penting untuk kamu lihat.

Jangan terbuai dengan pemandangan indah yang kamu lihat di media sosial. Apa yang kamu lihat romantis, belum tentu menggambarkan keseluruhan dari kenyataan pernikahan itu sendiri. Jadi, pertimbangkan dulu matang-matang, ya, sebelum kamu mengambil keputusan besar itu.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Jangan Ngebet Nikah Dulu kalau Kamu Belum Tahu 5 Hal Ini dari Pasangan"

Baca Juga: 15 Kumpulan Puisi Cinta Romantis untuk Meluluhkan Pasangan

Baca Juga: 7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh Cinta

Baca Juga: Pemaaf, 5 Zodiak Ini Tetap Pertahankan Hubungan Meski Sering Disakiti