Menjalin hubungan dengan seseorang memang nggak akan pernah mudah. Namanya menyatukan dua kepala dalam satu ikatan cinta, pastilah di tengah perjalanan, kamu akan menemukan berbagai perbedaan dan hambatan.

Saat masalah terjadi berulang kali, terkadang kamu jadi bimbang, apakah hubungan ini memang layak dipertahankan, atau sebenarnya sudah tak ada harapan. Supaya kamu nggak bingung memilih, ada beberapa ciri kalau hubunganmu sudah tak punya masa depan lagi, jadi sebaiknya nggak perlu dipaksakan.

1. Setiap kali ada konflik, selalu kamu yang bersalah

5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Punya Harapan, Lepaskan Saja!Unsplash.com/Courtney Clayton

Di dalam hubungan pasti ada konflik. Sayangnya, setiap konflik yang terjadi, selalu kamu yang jadi terdakwa, meskipun sudah jelas kalau dia yang salah. Hidup dengan tipe orang yang maunya benar sendiri dan sama sekali tak merasa salah, siap-siap bakal sering makan hati, deh.

Padahal, kalau dewasa, justru konflik dalam hubungan bisa sangat menguntungkan. Dari situ, kalian bisa sama-sama belajar untuk saling memperbaiki diri. Dengan syarat, kedua pihak mau dengan jujur mengakui kesalahan, dan berkomitmen untuk nggak melakukannya lagi.

2. Nggak ada lagi kedekatan emosional

5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Punya Harapan, Lepaskan Saja!Unsplash.com/Charlie Foster

Dekat atau tidaknya kamu dan pasangan, tak semata urusan jarak. Meski kalian terpisah jarak yang jauh, tapi kalau hati sama-sama terasa menyatu, maka hubungan kalian akan kuat.

Sementara itu, kalau dalam hati sudah tak ada lagi kedekatan emosional, meski jarak bukan masalah, rasanya berat untuk bersama. Menyendiri jauh lebih membuatmu bahagia, dibanding ketika berdua dengannya. Kalau sudah begitu, berarti hubunganmu sudah sangat bermasalah.

3. Dia sudah banyak memberi batasan yang di luar nalar

5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Punya Harapan, Lepaskan Saja!Unsplash.com/Emma Frances Logan

Secara logika, sebagai pasangan, tentu dia ingin yang terbaik bagimu. Dan motif inilah yang membuat dia memberi batasan ini-itu.

Hanya saja, sikap demikian juga rentan pada tindakan mengontrol. Yang dilakukannya bukan lagi murni demi kebaikanmu, melainkan untuk memperlihatkan siapa yang mendominasi dalam hubungan.

Ketika larangan dan permintaannya sudah banyak di luar nalar, ini membuktikan bahwa tak ada rasa percaya yang dia berikan. Tidak adanya kepercayaan ini sangat fatal dalam hubungan. Iya sih, kamu punya pasangan, tapi dengan harga hilangnya kemerdekaan pribadi, yakin itu yang kamu mau?

4. Pihak ketiga jauh memiliki daya tarik daripada pasangan sendiri

5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Punya Harapan, Lepaskan Saja!Unsplash.com/Jakob Owens

Jangan memaksakan hubungan pada seseorang yang hatinya mudah terbagi. Meski dia mengaku cinta, tapi kalau ketertarikannya mudah sekali teralihkan oleh godaan pihak ketiga, artinya dia bukanlah pasangan yang layak kamu pertahankan.

Jika terus bersama dengannya, hubunganmu benar-benar nggak sehat. Pikiranmu akan penuh dengan rasa curiga, karena mengenal tabiatnya yang memang sulit setia. Isi pertemuan dan komunikasi kalian pun nggak akan jauh-jauh dari pertengkaran.

5. Katanya serius, tapi saat diajak bertemu dengan orangtua, ada aja alasannya

5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Punya Harapan, Lepaskan Saja!Unsplash.com/Toa Heftiba

Hubungan yang sudah terjalin lama bukan jaminan bahwa kalian bakal memiliki masa depan. Pacaran tahunan dan nggak kehitung berapa kali dia meyakinkan kalau apa yang kalian jalani serius, nggak akan ada artinya kalau saat diminta bertemu orangtua sebagai pembuktian, selalu pintar ngeles-nya.

Hal tersebut bisa jadi pertanda kalau asmara kalian nggak akan ke mana-mana. Pacaran saja terus, tanpa ada niatan untuk ke pelaminan. Benarkah ini yang kamu inginkan?

Kalau sudah ada tanda-tanda yang telah dijelaskan tadi, sebaiknya kamu terima bahwa memang mungkin sampai di sini saja hubungan kalian berdua. Sebab, sudah tak ada harapan untuk diselamatkan. Jalinan cinta kalian tak punya masa depan!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Ciri Hubunganmu Sudah Tak Lagi Miliki Harapan, Gak Perlu Dipaksakan"

Baca Juga: 6 Tanda Hubunganmu dan Pasangan Belum Siap Dibawa ke Pernikahan

Baca Juga: Tak Perlu Diperjuangkan, Ini 5 Tanda Dia Mencintaimu Secara Terpaksa

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Tak Akan Meninggalkanmu Demi Orang yang Menarik