Gimana perasaanmu ketika bertemu dengan orang yang benar-benar menarik perhatianmu? Apa kamu merasa langsung jatuh cinta padanya atau hanya tergila-gila padanya? Pikirkan dan pahami perasaanmu. Karena bagi sebagian orang, awal pertemuan cinta dan kegilaan terlihat cukup mirip.

Melansir dari laman Bustle, ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memahami perasaanmu, apakah kamu benar mencintai si dia atau hanya tergila-gila padanya.

Jangan Terjebak, Ini 6 Perbedaan Jatuh Cinta dan Tergila-Gila

Perasaan tergila-gila ini terjadi dengan sangat cepat, perasaan itu dipicu oleh fantasi dan ilusi yang hebat. Kamu membayangkan masa depan bersama kekasihmu sesuai dengan keinginanmu. Meskipun kekasihmu adalah sosok yang tak nyata tapi kamu terus mengisi pikiranmu dengan imajinasi yang kamu ciptakan sendiri.

Jangan Terjebak, Ini 6 Perbedaan Jatuh Cinta dan Tergila-Gila

Gairah adalah sifat dasar tergila-gila. Kamu hanya tertarik satu sama lain tanpa perasaan intens dari hati. Ya, itu hanya tentang kecenderungan seksual, nafsu atau daya tarik fisik. Perasaan ini akan cepat layu. Kasih sayang adalah dasar cinta yang berkembang. Dibangun lewat komunikasi yang intens dan dan semakin kuat dari waktu ke waktu.

Jangan Terjebak, Ini 6 Perbedaan Jatuh Cinta dan Tergila-Gila

Nggak diragukan lagi bahwa tergila-gila adalah perasaan dangkal, karena hanya didasarkan pada saat ini, daya tarik sesaat dan kesenangan sesaat. Ini adalah perasaan delusional yang membuat kamu ingin lebih tanpa banyak berpikir.

Pada saat yang sama, cinta adalah perasaan yang lebih matang. Kamu jelas memahami apa yang baik dan apa yang buruk dan akhirnya memberikan kamu kebahagiaan. Ini adalah semua tentang masa depan, keamanan dan kebahagiaan. Ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu hanya siap untuk memberi tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Jangan Terjebak, Ini 6 Perbedaan Jatuh Cinta dan Tergila-Gila

Obsesi adalah kata yang tepat untuk menjelaskan tergila-gila. Itu hanya naksir atau keinginan fisik untuk orang lain. Jika kamu nggak mendapatkannya, kemarahan dan kecemburuan muncul. Cinta adalah persis perasaan yang berlawanan. Seseorang akan bersabar dan siap untuk menerima tantangan yang muncul. Seseorang yang jatuh cinta akan berusaha menyelesaikan konflik daripada menyerah. Jadi, selalu ada rasa memiliki dan komitmen dalam cinta, yang nggak pernah bisa diharapkan dari tergila-gila.

Jangan Terjebak, Ini 6 Perbedaan Jatuh Cinta dan Tergila-Gila

Ada keamanan besar, jika kamu sedang jatuh cinta. Hal ini karena kamu tahu, apapun yang terjadi orang lain nggak akan meninggalkan kamu di masa depan. Tapi jika kamu hanya tergila-gila, kamu selalu memiliki rasa nggak aman karena kamu mungkin kehilangan pasanganmu yang menghianatimu.

Jangan Terjebak, Ini 6 Perbedaan Jatuh Cinta dan Tergila-Gila

Cinta merupakan perasaan yang indah dan sehat. Keindahan cinta berasal dari fakta bahwa ada penerimaan matang terhadap ketidaksempurnaan orang lain. Kamu diterima sebagaimana adanya kamu dan itu adalah hal yang besar.

Di sisi lain, tergila-gila bisa menjadi menakutkan karena nggak ada komitmen, dan kamu akan selalu merasa cemas tentang ketulusan orang lain. Nggak hanya itu, saat tergila-gila kamu cenderung hanya akan memikirkan diri sendiri. Kamu ingin pasangan kamu menjadi seperti yang kamu inginkan, dan sebagai hasilnya nggak pernah bisa menjadi perjalanan yang mulus.

BACA JUGA: Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Mencintai Seseorang dan Jatuh Cinta​