Era internet media sosial membuat cara orang selingkuh semakin beragam, bahkan pelakunya tidak sadar kalau perilakunya ini masuk ke dalam kategori selingkuh. Di era ini, dikenal istilah bernama 'micro-cheating' atau selingkuh mikro. Melanie Schilling, seorang psikolog asal Australia, menjelaskan apa sebenarnya micro cheating itu. Menurutnya, micro cheating bisa dilakukan di mana saja selama itu melibatkan teknologi. Misalnya, di media sosial, pasanganmu mengaku masih single, itu sudah termasuk micro cheating.

Meski polemik micro cheating baru populer belakangan ini, sebenarnya model selingkuh ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Sebelumnya, selingkuh seperti ini sudah dikenal sebagai selingkuh perasaan (emotional affair). Mungkin diam-diam telah melakukan hal ini, disadari ataupun tidak disadari. Apa saja tanda-tanda bahwa kamu telah melakukan micro-cheating? Berikut tujuh tanda yang menunjukkan bahwa kamu mungkin telah melakukan micro-cheating.

1. Memberi like dan komentar memuji pada foto dan status mantan di media sosial

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!nbcnews.com

Perilaku seperti ini bisa dikategorikan sebagai micro cheating, karena memperlihatkan bahwa seolah-olah kamu mengirim sinyal tertarik kepada mantan kekasih. Hati-hati, meski kamu menganggap perilaku ini tidak dikategorikan sebagai selingkuh, pasangan kamu bisa beranggapan sebaliknya begitu menemukan ‘jejak’ like dan comment kamu di media sosial mantan.

2. Mengunggah foto seksi di media sosial

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!huffingtonpost.com

Meski tak bermaksud untuk menggoda siapapun, pose seksi yang kamu unggah bisa mengundang like dan decak kagum dari teman-teman di media sosial, terutama lawan jenis. Bisa kamu bayangkan, bagaimana perasaan pasangan jika mendapati foto-foto kamu dipuji oleh orang lain? Jika kamu memang tak berniat menggoda siapa pun, simpan saja foto-foto seksi kamu itu di ponsel pribadi.

3. Curhat dengan lawan jenis

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!mensfitness.com

Curhat kepada lawan jenis yang bukan pasangan merupakan sinyal bahwa kamu memercayai orang tersebut. Dan bisa jadi, perasaan yang sama akan dirasakan juga oleh orang yang kamu curhati. Hati-hati, banyak kasus perselingkuhan diawali dengan curhat lho, Bela.

4. Menggunakan emoji menggoda

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!amazon.com

Tak perlu banyak kata-kata untuk memperlihatkan ketertarikan terhadap seseorang. Hadirnya emoji kini bisa menggambarkan ekspresi atau emosi seseorang hanya lewat gambar. Penggunaan emoji-emoji yang perlu diwaspadai antara lain emoji mengedipkan satu mata yang kerap dianggap sebagai bentuk menggoda lawan jenis. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakan emoji pada saat chatting.

5. Mem-follow mantan di media sosial

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!goodgamers.biz

Dengan semakin terbukanya media sosial, kini kita dapat dengan mudah mengetahui siapa saja yang di-follow oleh orang lain, termasuk pasangan. Misalnya, saat kamu mem-follow mantan pacar di Instagram, pasangan kamu bisa dengan mudah melihatnya lewat fitur following.

6. Memberi ‘nama samaran’ di kontak telepon

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!mtb.com

Jika kamu seorang cowok dan kamu menyimpan nomor kontak teman cewekmu dengan nama rahasia seperti "Bukan Siapa Siapa", "Teman Biasa", "Tanpa Nama", "Hello Kitty", "Sebut Saja Mawar", dan lainnya agar pasanganmu dan orang lainnya tidak tahu siapa pemilik nomor kontak yang sering kamu hubungi itu, ini juga sudah termasuk micro-cheating. Hal ini juga berlaku pada cewek. Jika kamu menyimpan nomor kontak teman cowokmu dengan nama samaran seperti "Hello Panda", "Beruangku", "Cuma Teman", dan lainnya agar pasanganmu tidak tahu siapa pemilik nomor yang sering kamu kirimkan pesan dan foto-fotomu, kamu juga sudah melakukan micro-cheating.

7. Sangat protektif terhadap handphone-nya

Terkesan Sepele, 7 Hal Ini Termasuk Selingkuh Kecil, Lho!theswexperts.com

Jika pasangan kamu menggunakan password pada poselnya dan tidak mengizinkan kamu membukanya bisa jadi dia melakukan micro cheating. Karena banyaknya rahasia yang ia simpan di dalam poselnya, maka kamu tidak diperbolehkan untuk melihatnya. Seperti ‘nama samaran’ yang ada di dalam kontak ponselnya atau chat yang berisi curhatan dia dan ‘temannya’. Kamu patut waspada lho, Bela.

BACA JUGA: Jenis-jenis Selingkuh yang Wajib Kamu Waspadai​