Boleh saja cemburu kepada pasangan, apalagi katanya cemburu tanda sayang. Asal, cemburu masih dalam batas rasional. Menyadari kalau kamu pencemburu berat akan lebih baik lagi, supaya bisa mencari solusi agar si dia tidak lantas pergi karena tertekan dengan kamu yang terlalu cemburu buta. Simak 7 cara untuk mengatasi perasaan cemburu kamu yang irasional kamu di bawah ini.

1. Jangan bandingkan dengan hubungan kamu yang dulu

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Inityden.cz

Dibohongi atau dikhianati dalam hubungan sebelumnya dapat menyebabkan seseorang memiliki pandangan negatif tentang cinta. Mungkin pacarmu dulu pernah membohongi kamu, jadi kamu merasa sulit mempercayai pasangan kamu saat ini. Kalau kamu membandingkan hubungan yang dulu dengan yang sekarang kamu jalani itu sangat tidak adil dan justru akan merusak hubungan yang sedang kamu jalani sekarang. Alibi kamu mungkin adalah berjaga-jaga agar tidak terluka lagi. Tapi tindakan kamu yang selalu membandingkan masa lalu akan membuat si dia tidak nyaman. Jangan biarkan ketakutan dan keraguan kamu mengambil alih hubungan yang sedang kamu jalani saat ini. Cobalah melepaskan perasaan negatif yang melekat pada hubungan masa lalu.

2. Temukan alasan cemburu

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Iniaroundmovies.com

Apa yang membuat perasaan cemburu tersebut bisa ada? Biasanya rasa cemburu itu terjadi karena rasa curiga, perlakuan yang berbeda dan juga karena cara memandang kita yang berbeda dari faktanya. Untuk itu, cari dan temukan alasan cemburu berlebihan dan rubahlah pola pikir yang membuat rasa cemburu itu ada.

3. Berhenti memeriksa media sosial pasangan

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Initasteofcinema.com

Jangan mengintai pacarmu secara online. Hal ini dapat dengan mudah berubah menjadi obsesi yang tidak sehat di mana kamu merasa perlu untuk memeriksa pacar kamu setiap hari. kamu membaca tweet-nya, periksa Instagram-nya melalui teleponnya ataupun teleponmu. Kamu merasa perlu untuk mencari konfirmasi bahwa si dia adalah pacar yang setia, padahal sebenarnya tindakan kamu itu adalah ‘bom waktu’ bagi hubungan kamu sendiri. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu dapat menyembunyikan kebiasaan stalking kamu, tapi cepat atau lambat pacarmu akan mengetahuinya. Dia akan merasa bahwa kamu tidak mempercayainya dan itu akan memberi tekanan dalam hubungan kamu. Si dia bisa saja pergi meninggalkan kamu karena sikap tidak percaya kamu itu lho, Bela. Jika kamu memang mempunyai kecurigaan terhadap pasanganmu bicarakanlah.

4. Ubahlah sikapmu

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Inifdb.pl

Jika kamu memulai sebuah hubungan yang baru dengan sikap cemburu yang lama itu sama saja mengulang masa lalu. Dia perlu tahu bahwa kamu mencoba untuk mengendalikan cemburu kamu. Pasangan yang baik akan memilih membicarakan masalah mereka, jadi jika ada sesuatu yang mengganggumu, jelaskan itu pada dia tanpa mengarah pada sebuah argumen yang berujung pada pertengkaran besar. Misalnya ubahlah sikapmu yang selalu harus diprioritaskan, perlu kamu ingat bahwa kehadiran kamu bukan berarti mengambil ahli semua kesibukan dan dunianya.

5. Mengambil tanggung jawab

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Inifilmgrab.com

Tidak ada orang lain yang bertanggung jawab atas perasaan cemburu kamu. Kamu adalah satu-satunya orang yang bertanggungjawab untuk sebuah hubungan yang sehat. Jangan mengalihkan kesalahan pada pasangan kamu atau orang lain.

6. Ungkapkan perasaanmu

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Inifilmaffinity.com

Jadilah pasangan yang terbuka tentang perasaan cemburu yang kamu rasakan. Perasaan cemburu bukanlah sesuatu yang tidak boleh sama sekali dirasakan, tapi ada kalanya kamu perlu mengungkapkan alasan kenapa kamu merasa cemburu. Hal itu untuk membuat pasangan kamu mengerti mengapa kamu merasakannya dan melihat dari sudut pandang kamu juga sebagai perempuan. Dengan mengungkapkan rasa cemburu kamu kepada pasangan, mungkin kalian bisa berkompromi untuk beberapa hal sehingga kamu juga merasa lebih tenang.

7. Hadapi ketakutan kamu

Cegah Cemburu Berlebihan terhadap Pasangan dengan 7 Trik Ampuh Inipinterest.com

Kamu perlu bergaul juga bersama teman-teman pasangan, terutama lawan jenis. Hadapi ketakutan kamu dengan lebih sering bersentuhan dengan pergaulan pasangan. Dengan menyelami dan berbaur bersama teman pasangan, kamu mulai bisa menerima dan belajar berpikir lebih rasional.

BACA JUGA: 9 Trik Atasi Pacar yang Cemburuan, Dijamin Makin Lengket​