Berselisih pendapat dan bertengkar pada saat menjalin hubungan dengan seseorang alias pacaran sudah biasa. Entah itu konflik sepele seperti memilih menu makanan, hingga ke konflik besar. Jika kamu menginginkan hubungan yang langgeng dan solid, cobalah untuk berargumentasi dengan cara yang sehat. Cara berkomunikasi yang benar akan mengubah perspektif kamu dan pasangan sekaligus menggiring komunikasi ke arah jalan keluar.

Berikut ini Popbela berikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk berargumentasi dengan cara dewasa. Agar konflik yang terjadi dalam hubungan kamu bisa teratasi dengan baik. Yuk disimak.

5 Cara Berargumen dengan Pasangan Tanpa Merusak Hubungan

Dalam berargumen, emosilah yang paling penting. Jika emosi sudah terpancing, perkataan yang kamu ucapkan bisa diluar logika dan terbawa perasaan. Jadi, selalu tarik napas dengan dalam sebelum berargumen ya.

5 Cara Berargumen dengan Pasangan Tanpa Merusak Hubungan

Pemilihan kata biasanya sudah menjadi bawaan setiap individu, apalagi ketika sedang emosi. Kebanyakan pasangan tidak dapat mengontrolnya dan justru menyakiti satu sama lain. Sangat mudah mengatakan sesuatu yang bakal disesali tanpa memikirkannya terlebih dahulu.

Memperhatikan pemilihan kata agar terdengar positif adalah hal pertama yang harus kamu jaga ketika sedang bertengkar dengan pasangan. Semakin menyakitkan kata-kata yang keluar dari mulutmu, semakin sulit pula untuk menemukan jalan keluar.

5 Cara Berargumen dengan Pasangan Tanpa Merusak Hubungan

Saling membuka hati dan bicara jujur akan membawa perbedaan besar dalam komunikasi kalian, bahkan jika bentuk komunikasi itu adalah pertengkaran. Jangan sampai pembahasan masalah berputar di topik yang itu-itu saja karena kedua belah pihak enggan jujur terhadap satu sama lain.

5 Cara Berargumen dengan Pasangan Tanpa Merusak Hubungan

Ingatlah kalau pertengkaran dengan pasangan pada dasarnya bertujuan untuk menemukan solusi, bukan untuk mencari siapa yang menang atau kalah. Ketika kamu menuruti ego dan memprioritaskan diri untuk menang dalam adu argumen, maka saat itulah kamu sedang mempertaruhkan hubunganmu dengan pasangan.

Belajarlah untuk berkompromi untuk mendapatkan solusi yang memuaskan bagi kedua belah pihak. Kadang jalan keluar terbaik tak datang dari salah satu pendapat. Tak jarang kalian harus melebur keinginan masing-masing dan mencari solusi alternatif yang lebih adil bagi kedua belah pihak.

5 Cara Berargumen dengan Pasangan Tanpa Merusak Hubungan

Cara terbaik menyelesaikan konflik dalam hubungan kamu adalah menghadapinya. Ketika berargumen, jangan kamu menolak untuk mendiskusikan masalah dan lebih memilih untuk pergi. Perkataan seperti, "Tidak ada yang harus aku katakan. Sebaiknya aku pergi saja" justru akan semakin memperburuk suasana. Kamu harus melihat bahwa argumen bisa menjadi solusi penyelesaian masalah. Cobalah untuk mendegarkan perasaan pasangan tanpa memotong perkataannya. Dengarkan hingga selesai, baru utarakan pendapat kamu.

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Pasangan yang Sering Bertengkar Justru Hubungannya Sehat