Hubungan yang langgeng adalah hal yang tentu diinginkan oleh banyak orang. Meskipun ada pertengkaran dan masalah yang datang silih berganti menguji hubungan, semua itu tergantung bagaimana kedua pihak menyikapinya. Apakah pada akhirnya bisa diatasi atau justru menimbulkan keretakan dalam hubungan. 

Meski retak yang ada nampak kecil karena menurutmu bermula dari hal sepele, ternyata jika dibiarkan terus maka hal itu juga bisa mengancam keutuhan hubunganmu.

Nah, apa saja hal yang terlihat sepele namun bisa menjadi awal mula hubungan retak? Berikut poin-poinnya.

1. Rasa cemburu yang tidak dibahas dan diselesaikan

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Bisa Jadi Awal Keretakan HubunganPexels.com/Anastasia Shuraeva

Hadirnya rasa cemburu merupakan hal yang wajar ada dalam hubungan, karena katanya bagian dari rasa takut kehilangan. Tetapi, rasa cemburu yang berlebihan ataupun juga yang dipendam gak baik jika terus dibiarkan.

Sebab, hal itu bisa menghadirkan masalah karena akan ada salah paham serta perasaan curiga yang besar dalam hati. Sehingga rawan sekali membuat hubungan retak karena masing-masing sibuk dengan dugaannya sendiri. 

2. Sama-sama enggan meminta maaf terlebih dulu saat ada masalah

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Bisa Jadi Awal Keretakan HubunganPexels.com/Vie Studio

Bukan perkara siapa yang benar dan salah, namun meminta maaf terlebih dahulu adalah bukti jika kamu serta pasangan lebih mengutamakan keutuhan hubungan dibandingkan ego semata.

Terkesan sepele sebenarnya, tetapi nggak semua orang bisa menerapkannya dalam hubungan. Banyak yang masih enggan mengalah ketika hubungan diterpa masalah, padahal meminta maaf menjadi salah satu hal yang mampu meredam konflik.

3. Tidak belajar mendengarkan pasangan dengan baik

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Bisa Jadi Awal Keretakan Hubunganfreepik.com

Ketika kamu dengan pasangan saling menjadikan satu sama lain tempat cerita, maka sebisa mungkin jangan hanya ingin didengarkan saja tetapi juga mendengarkan.

Kamu bisa menyimak dengan baik apa yang pasangan katakan atau ceritakan, tanpa harus memotong pembicaraannya ataupun mendapat penghakiman. Sehingga dengan begitu, pasangan merasa dihargai dan bersedia selalu terbuka padamu.

Karena kalau kamu tidak belajar mendengarkan pasangan dengan baik, dia bisa menganggapmu tidaak menaruh rasa perhatian serta kepedulian terhadap dirinya.

4. Jarang mengucapkan kata pujian atau apresiasi satu sama lain

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Bisa Jadi Awal Keretakan Hubunganfreepik.com/beststudio

Memberi kata-kata positif, seperti pujian ataupun apresiasi adalah hal yang terlihat sepele pada dasarnya. Namun hal tersebut bisa membawa dampak baik dalam hubungan percintaan.

Pujian yang kamu ataupun pasangan ucapkan menjadi semangat karena bisa meningkatkan kepercayaan diri. Begitu juga dengan kalimat apresiasi, dia yang mendengarkannya akan merasa diperhatikan dan dianggap spesial keberadaannya.

5. Meremehkan dan mengabaikan komunikasi bersama pasangan

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal Ini Bisa Jadi Awal Keretakan HubunganFreepik.com/yanalya

Layaknya sebuah tanaman, komunikasi juga harus dirawat dan jangan sampai kamu sengaja abaikan. Komunikasi yang sehat dan lancar tercipta dari dua orang yang mau berkomitmen.

Komitmen untuk terus menjaga komunikasi dalam situasi apa pun, jangan biarkan satu sama lain jadi terbiasa tanpa adanya komunikasi. Terkesan sepele memang, tapi jika komunikasi diabaikan dampaknya bisa fatal. Karena kurangnya ikatan dan rasa saling memahami antara kamu dan dia.

Meskipun sering dianggap sepele, beberapa kebiasaan di atas adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat hubunganmu bermasalah sampai menjadi retak.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Walau Sepele, Awal Retaknya Hubungan Bisa Dipicu oleh 5 Hal Ini Lho!"

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Pasanganmu Belum Dewasa Menjalani Hubungan

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menerapkan Love Language dalam Hubungan

Baca Juga: 8 Macam Hubungan Cinta yang Punya Tingkatan Hingga ke Jiwa, Penasaran?