Setiap orang yang pernah jatuh cinta, pasti pernah mengalami patah hati. Rasa sedih, sakit, bingung, dan marah kerap timbul ketika kamu putus dari pacar atau ketika cinta kamu tak berbalas.

Namun patah hati merupakan tahapan yang tetap harus kamu lalui sebagai upaya pendewasaan diri sebagai manusia. Agar patah hati bisa kamu lewati dengan santai, coba, deh, tonton beberapa film berikut ini. Semoga bisa memberi inspirasi untuk kamu melewati masa-masa patah hati ini.

1. To All the Boys I've Loved Before

6 Film Wajib Tonton Buat Kamu yang Lagi Patah HatiNetflix

Lara Jean (Lana Condor) adalah seorang gadis remaja yang menulis surat cinta untuk para pria yang dia cintai tetapi tidak pernah mengirimkannya. Namun sebuah insiden terjadi ketika semua suratnya itu secara tidak sengaja terkirim.

Kehidupan Lara kemudian benar-benar kacau ketika para pria tersebut saling berhadapan. Ini adalah film keren sekaligus lucu tentang cinta dan kehidupan yang tidak boleh kamu lewatkan.

2. Crazy, Stupid, Love

6 Film Wajib Tonton Buat Kamu yang Lagi Patah HatiWarner bros picture

Jika kamu ingin move on dari kisah patih hatimu, maka film ini layak banget untuk kamu tonton. Cal Weaver (Steve Carell) patah hati setelah mengetahui bahwa istrinya Emily (Julianne Moore) telah berselingkuh.

Cal yang telah berusia 40 tahun bingung untuk mulai berkencan lagi. Saat itulah ia bertemu Jacob Palmer (Ryan Gosling), seorang playboy yang akan mengajarkan semua yang perlu ia ketahui dalam mengubah hidupnya agar bisa move on.

3. Dear Zindagi

6 Film Wajib Tonton Buat Kamu yang Lagi Patah HatiForbes.com

Kaira (Alia Bhatt) adalah seorang sinematografer andal yang selalu mencari kehidupan yang sempurna. Namun sayangnya, ia justru kerap dikecewakan, salah satunya oleh cinta saat pria yang dicintainya justru memilih orang lain.

Pertemuannya dengan Jug (Shahrukh Khan), seorang psikolog yang unik, membantunya mendapatkan perspektif baru tentang kehidupan. Dia menemukan bahwa kebahagiaan adalah tentang menemukan kenyamanan dalam ketidaksempurnaan hidup.

4. Eat Pray Love

6 Film Wajib Tonton Buat Kamu yang Lagi Patah HatiCinemapoetica.com

Apa yang kamu butuhkan untuk sembuh dari putus cinta? Pizza, meditasi, dan kesediaan untuk membuka hati kembali. Itulah pesan yang disajikan film yang mengambil lokasi syuting di beberapa negara, mulai dari Italia, India, hingga Indonesia, tepatnya di Bali.

Setelah Liz Gilbert (Julia Roberts) bercerai dan menjauh dari hubungan rebound-nya, dia memutuskan untuk mengubah hidupnya dengan keluar dari zona nyamannya. Liz memulai perjalanannya untuk eksplorasi dan penemuan diri kembali melalui perjalanannya di tiga negara. Ini adalah salah satu film paling inspiratif yang dapat kamu tonton pasca mengalami sebuah perpisahan.

5. Silver Linings Playbook

6 Film Wajib Tonton Buat Kamu yang Lagi Patah HatiTheplaylist.com

Usai dirawat dari rumah sakit jiwa, Pat Solatano (Bradley Cooper) kembali ke orangtuanya setelah kehilangan istri dan pekerjaannya. Dia ingin bersatu kembali dengan istrinya, tetapi pertama-tama dia perlu membangun kembali hidupnya sendiri.

Dia kemudian bertemu Tiffany (Jennifer Lawrence) yang berjanji akan membantunya berhubungan kembali dengan istrinya hanya jika dia setuju untuk melakukan sesuatu yang istimewa untuknya.

Silver Linings Playbook adalah cerita yang sangat menyenangkan untuk pemulihan dari patah hati kalian. Ditambah, akting memukau dari Jennifer Lawrence dan Bradley Cooper tentunya akan memberi hiburan tersendiri.

6. Blue Valentine

6 Film Wajib Tonton Buat Kamu yang Lagi Patah HatiNytimes.com

Dean Pereira (Ryan Gosling) dan Cindy Heller Pereira (Michelle Williams) adalah pasangan menikah muda. Dean bekerja sebagai pelukis dan Cindy bekerja sebagai perawat di klinik medis. Mereka memiliki seorang putri muda bernama Frankie.

Meskipun pernikahan mereka tampak bahagia, kehidupan pernikahan mereka kemudian berubah dengan berbagai konflik bersama dan oleh pengalaman yang mereka miliki sebelumnya. Keduanya terlahir dari sebuah keluarga disfungsional yang memeberikan efek psikologis mendalam kepada keduanya.

Patah hati itu adalah satu hal dalam hidup yang perlu kita nikmati juga layaknya jatuh cinta. Karena keduanya selalu mengajarkanmu arti kehidupan.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Film Ini Wajib Ditonton Kalian yang Sedang Patah Hati"

Baca Juga: Kumpulan Puisi Patah Hati yang Menyentuh Hati