Berpisah atau ditinggalkan dengan orang yang disayangi bukanlah sesuatu yang mudah. Tentu terasa menyedihkan ketika melihat orang yang disayangi sedang berduka. Kehilangan bukan menjadi hal yang mudah untuk diterima dan dilalui, apalagi jika dihadapi seorang diri. Sebagai pasangan, kamu perlu untuk menemani dan selalu ada di sampingnya terlebih di saat berduka.

Rasa bingung kerap kali dialami ketika ingin mengatakan atau melakukan sesuatu untuk pasangan di momen berduka. Meskipun tidak akan mampu mengusir segala rasa sedih dan kehilangan akibat kepergian, 8 cara ini dapat kamu lakukan untuk membantu pasangan yang tengah berduka

Nggak perlu bingung apa yang harus dilakukan jika pasangan kamu tengah berduka, ini beberapa cara yang Popbela rekomendasikan untuk kamu. Yuk, simak.

1. Berada di sisi pasangan.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukafreepik.com/freepik

Jangan membiarkan pasangan kamu sendirian melewati ini, usahakan untuk tetap terus berada disisinya dan menjadi garda depan saat dia membutuhkan bantuan. Dukungan secara lisan dibutuhkan, namun bagaimanapun keberadaan dan kesediaan untuk selalu menemani di saat seperti ini menjadi energi tersendiri untuk pasanganmu melewati masa sulit ini. 

Kamu bisa menawarkan pelukan atau sandaran kepada pasangan kamu. Meskipun terkesan sederhana, pelukan dapat meredakan rasa sedih dan stres. Hal ini bisa membuat pasangan merasa tidak sendiri dan masih ada orang yang menyayanginya.

2. Menjadi pendengar yang baik.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukafreepik.com/prostooleh

Kehilangan menjadi hal yang tidak mudah untuk dilalui tentunya. Tidak perlu sibuk memikirkan saran terbaik, karena terkadang beberapa orang hanya butuh didengarkan dan teman bercerita. Justru saat cerita, cobalah untuk tidak selalu menanggapi dengan memberi solusi. Sebaliknya, dengarkan semua ceritanya dan coba memahami perasaannya.

3. Mengerjakan sesuatu yang membantu keseharian.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukafreepik.com/bignai

Hari terus bergulir pun termasuk waktu berduka. Saat pasangan masih dalam suasana berduka, tentunya ada pekerjaan baik pekerjaan sehari-hari maupun yang berurusan dengan kantor untuk sementara waktu tidak dapat diatasi. Kamu dapat membantu pekerjaan pasangan kamu yang belum bisa dia kerjakan, seperti menyelesaikan dan mengurusi akta kematian, laporan ke RT, atau ke kantor pasangan maupun membersihkan rumah. Memasak atau membelikan makanan yang pasangan kamu sukai juga dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan agar dia tidak sakit.

4. Memberikan waktu.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukafreepik.com/rawpixel.com

Di samping terus berada di sisi pasangan ketika berduka, kamu juga perlu untuk memberinya waktu sendiri untuk berduka. Kadang kala ada yang membutuhkan waktu sendiri saat berduka dan tidak ingin diganggu. Berilah waktu sendiri, namun juga tetap mengawasinya agar pasangan kamu aman dan tidak kesepian. Bagaimanapun setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi sebuah kehilangan. Kamu tidak dapat membandingkan ataupun menyamakan tingkat kesedihannya, ya, Bela.

5. Komunikasi lebih intens.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukahttps://www.pexels.com/@cottonbro

Tidak semua orang dapat terbuka dengan rasa sedih yang tengah dialami. Banyak dari mereka memilih untuk menyimpan duka itu sendiri. Bangun komunikasi yang lebih intens dari biasanya antara kamu dan pasangan. Ajak dirinya mengobrol tentang apa yang sedang dia rasakan. Berusaha untuk mengajaknya terbuka dan berduka bersama agar dia nggak merasa sendirian. Perbolehkan dia untuk berduka dan menangis atas apa yang terjadi itu tidak ada salahnya dan jadilah sandaran baginya.

6. Memberi semangat.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang BerdukaLivechatsathome.com

Meski terdengar klise, memberikan semangat ketika pasangan tengah berduka menjadi hal yang paling dibutuhkan. Kamu harus meyakinkan bahwa hidup terus berjalan sekalipun pasca kehilangan orang yang dicintai. Jangan biarkan pasangan terpuruk terlalu lama karena berduka. Tidak ada salahnya untuk bersedih beberapa waktu, namun kamu juga perlu membangkitkan semangat pasangan bahwa hidup ini terus berjalan.

7. Mengajak pasangan pergi untuk refreshing.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukafreepik.com/freepik

Pergi ke luar melihat suasana sekitar atau pergi ke tempat yang pasangan suka dapat menjadi opsi pilihan yang dapat kamu lakukan untuk membantu pasangan di masa berduka. Terus berada di rumah dapat membuat luka akan kepergian terus terekam. Ajak dia pergi jalan-jalan atau sekadar makan di luar. Tanyakan padanya jika dia ingin pergi ke suatu tempat atau makan sesuatu dan temani dia. Melihat dan merasakan udara luar dapat membuat pasangan menjadi lebih fresh. Silakan mencobanya, ya, Bela.

8. Mencari bantuan profesional.

Ini 8 Cara Membantu Pasangan yang Sedang Berdukafreepik.com/freepik

Rasa kehilangan yang terlalu besar dapat mengakibatkan depresi dan tentunya memengaruhi kualitas hidup. Ketika bantuan dari keluarga, teman, atau orang terdekat tidak cukup membantu untuk melewati masa berduka yang telah berjalan beberapa waktu. Ditambah dengan situasi pasca kehilangan semakin memburuk, sepertinya kamu dan pasangan membutuhkan bantuan profesional untuk mengatasi hal ini. Ini akan sangat berguna untuk mengetahui perasaan pasangan lebih dalam setelah kehilangan. Di sisi lain pihak ketiga juga dapat menjadi penengah ketika terjadinya kesalahpahaman di antara kamu dan pasangan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membantu pasangan yang tengah berduka. Ingat untuk menjalani segala sesuatunya secara perlahan. Dia tentu butuh waktu untuk menyembuhkan rasa dukanya.

Baca Juga: 10 Rahasia Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan

Baca Juga: 11 Tanda Pria Beristri Jatuh Cinta Padamu

Baca Juga: 5 Hal yang Boleh Kamu Rahasiakan dari Pasangan