Di antara empat tipe kepribadian, melankolis memiliki karakter introvert dan cenderung pendiam. Biasanya dia lebih nyaman mengungkapkan isi hatinya melalui kata-kata yang ditulisnya, karena sifat tertutup dan serius membuatnya malu untuk jujur mengucapkan apa yang ada di benaknya.

Jika kamu menyukai orang berkepribadian melankolis, kamu harus mengetahui dia adalah orang yang sensitif, analitis, introspektif, dan individualis. Semua kepribadian manusia tentu bisa menjadi hal baik atau buruk, tergantung tingkat pemahaman seseorang terhadap pasangannya sendiri. Mau dia memiliki sifat menyebalkan sekalipun, akan tidak menjadi masalah bagi orang yang memahaminya.

Sama halnya dengan si melankolis yang katanya pikiran dan perasaannya sulit ditebak. Kamu akan bisa mencintai dirinya dengan tulus jika memahami kondisi hatinya. Umumnya melankolis menyukai ketertiban, ketenangan, dan kualitas. Dia tidak akan pernah puas dengan hal-hal dangkal dan selalu menganalisis masa lalu untuk mengambil langkah di masa depan.

Sepertinya cukup perfeksionis bukan? Dilansir dari Elitedaily, simak informasi lengkap 7 hal yang harus kamu ketahui sebelum PDKT dengan si melankolis.

1. Memiliki sifat pemalu

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si MelankolisPexels.com/Samson Katt

Seperti yang kita ketahui, seorang introvert cenderung pemalu dan menghindari keramaian. Sama dengan melankolis yang memiliki sifat pemalu. Dalam membangun suatu hubungan, kepribadian melankolis enggan untuk memulai terlebih dahulu. Jika ingin berkenalan dan lebih dekat dengansi melankolis, cobalah terlihat ramah dan hangat agar dia percaya dan mulai terbuka denganmu.

2. Nyaman bekerja sendiri

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si Melankolispexels.com/fauxels

Yang menjadi tantangan jika ingin memiliki hubungan dengan kepribadian melankolis salah satunya karena dia lebih nyaman bekerja sendiri. Bagi kamu yang tertarik dan ingin menjadi pasangan melankolis, kamu harus siap untuk memahaminya. Kalau dia memang ingin bekerja sendiri dalam suatu urusan, berikanlah kepercayaan kepadanya dan jangan lupa untuk selalu memberi dukungan atau bantuan jika diperlukan.

3. Cerdas dan senang berpikir

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si Melankolispexels.com/fauxels

Kalau ingin bersanding dengan melankolis, kamu juga harus mengetahui bahwa dia adalah orang yang cerdas dan senang berpikir. Dia tidak menyukai hal-hal atau pembahasan yang dangkal, jadi coba buat percakapan yang penting bagi dirinya. Tidak selalu harus tentang data, namun tentang momen penting baginya juga suatu hal yang bisa dibahas.

4. Perfeksionis

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si Melankolis

Sifat selalu ingin tampil sempurna juga dimiliki oleh kepribadian melankolis. Dia ingin semuanya sesuai rencana, hasil yang baik, dan capaian yang besar. Sifat perfeksionis ini memang bisa menjadi sisi baik dan buruk. Baiknya, dia akan berusaha terbaik dari apa yang direncanakan, termasuk dalam hubungan. Sedangkan buruknya, dia sulit menerima sesuatu di luar rencananya.

Agar bisa mengisi hari-hari melankolis yang perfeksionis ini menjadi lebih bahagia, sebagai pasangan kamu bisa memberikan dukungan-dukungan kecil dan apresiasi apa pun hasil yang dia peroleh. Katakan bahwa dirinya sudah melakukan banyak usaha dan semua hasil patut disyukuri.

5. Pemerhati yang jeli

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si Melankolispexels.com/huyphan

Karena sifat melankolis yang pemerhati, saat PDKT pun dia akan mengamatimu diam-diam. Bagaimana penampilanmu, sifat, dan kebaikan hatimu. Jika kamu dinilai membuat dirinya nyaman, jangan kesal karena dia tidak mengungkapkannya dengan kata-kata. Dia tentunya lebih memilih memberi kode dan mencari tahu diam-diam, apakah kamu tertarik jika membangun hubungan bersamanya.

6. Sangat hati-hati

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si MelankolisFreepik.com/jcomp

Melankolis memiliki tingkat kehati-hatian yang tinggi dalam segala hal. Apalagi dalam hubungan, dia akan hati-hati agar tidak salah memilih karena khawatir berujung sakit hati. Kalau begini, kamu bisa memberikan keyakinan kepada melankolis bahwa kamu sungguh-sungguh dan bangunlah rasa saling percaya dalam hubungan.

7. Setia dan menerima

7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum PDKT dengan Si MelankolisFreepik.com/prostooleh

Di balik sifatnya yang individualis, ternyata melankolis sangat setia dan menerima. Jadi jangan pernah berbohong kepadanya. Sejatinya melankolis selalu menerima dan berusaha mempertahankan hubungannya dengan siapa pun. Walaupun dia perfeksionis, dia justru hanya menuntut dirinya sendiri untuk sempurna, sementara dia akan menerima pasangannya dan berusaha menjaga kesetiaan.

Nah, itu dia 7 hal yang perlu kamu ketahui dari kepribadian melankolis sebelum PDKT. Banyak hal memang yang harus dipersiapkan untuk membanhun hubungan dengan orang baru, termasuk mengenali tipe kepribadiannya. Namun, hal yang lebih penting dari mengenali sifat pasanganmu, kamu tentu harus bisa mengenali dan mencintai dirimu lebih dulu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya, Bela!

Baca Juga: Daftar Lagu Korea Melankolis untuk Menemani Sesi Galau di Musim Hujan

Baca Juga: Begini Caranya Membedakan Cowok Melankolis dan Realistis

Baca Juga: 4 Alasan Klasik Kenapa Cewek Kerap Kali Malu saat PDKT