Seorang introvert dikenal lebih suka menghabiskan waktunya sendiri atau bersama beberapa orang terdekatnya. Introvert tipikal orang yang mengumpulkan energinya dengan menyendiri dibanding harus bertemu banyak orang dan terlibat dalam lingkungan sosial. Namun, bukan berarti introvert anti sosial, ya. Seorang introvert bisa, kok, berteman dengan yang lain. Hanya saja dia lebih nyaman dengan kesendirian.

Introvert adalah tipe yang menarik energi dengan sebuah refleksi terhadap dirinya. Kalau banyak yang beranggapan introvert seorang pemalu dan pendiam memang betul, tapi dalam hubungan dia bisa lebih terbuka dengan orang yang dia percaya. Soal berkomunikasi, orang introvert cenderung tidak suka obrolan ringan atau basa-basi dan lebih suka membahas hal yang bermakna.

Bagi introvert, kencan pertama adalah sesuatu yang sulit dan perlu penyesuaian. Dia tidak begitu antusias dan merasa khawatir karena pengalaman pertamanya bertemu dengan orang baru. Namun, setelah introvert mengenal pasangannya lebih dalam, dia akan tahu bagaimana cara memperlakukannya dengan sebaik mungkin.  

Walaupun introvert dinilai sulit membangun hubungan asmara pertamanya, tapi ada, lho, tanda kalau hubunganmu sehat sebagai orang introvert. Ingin tahu apa saja? Melansir dari Introvert Dear, simak 7 tanda kamu memiliki hubungan yang sehat sebagai introvert di bawah ini, ya.

1. Kamu merasa menjadi dirimu sendiri

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai IntrovertInstagram.com/Budgeron Bach

Seorang introvert akan lebih suka menyendiri ketika pikiran dan perasaan rasanya sudah kacau. Dalam hubungan, betapa senangnya jika ada yang bisa mengerti dirimu dan dia bagaikan rumah ketika kamu sedih maupun senang. Kalau sudah merasa jujur dengan diri sendiri dan bersikap apa adanya di depan pasanganmu, tandanya hubunganmu sehat!

2. Pasanganmu paham kalau kamu butuh waktu sendiri

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai Introvertpexel.com/migs-reyes

Akan sulit jika dalam membangun hubungan tidak adanya rasa saling memahami. Apalagi jika kepribadian ekstrovert dan introvert bersatu, tetapi tidak ingin sama-sama mengerti. Agar hubunganmu lebih sehat, cobalah sampaikan kebutuhanmu, termasuk kebutuhanmu untuk merefleksikan semua yang kamu sudah terjadi hari ini.

3. Pasanganmu peduli dengan duniamu

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai IntrovertPexels.com/Gustavo Fring

Menjadi pendengar yang baik bukanlah hal mudah. Bahkan, saat seorang sudah menjadi terapis sekalipun, dia harus tetap belajar mendengarkan pasiennya. Sama halnya dalam menjalin hubungan, perlu adanya kemampuan untuk memahami pasangan dengan mendengar ceritanya. 

Jika pasanganmu mau meluangkan waktunya hanya sekadar mendengarkanmu, berbahagialah karena artinya dia peduli dengan duniamu. Hal ini menjadi sesuatu yang paling bahagia tanda hubunganmu sehat.

4. Kamu merasakan semangat dalam hubunganmu

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai IntrovertPexels.com/Katerina Holmes

Cukup banyak dari introvert yang menggunakan intuisinya dalam merasakan sesuatu karena sangat mungkin bagi introvert yang suka merefleksikan dirinya. Dengan begitu, penting sekali bagi introvert untuk mendengar setiap intuisi dan mengetahui apa yang kamu rasakan.

Ketika seorang introvert sudah merasa kehabisan energi, sangat perlu untuk diisi kembali. Sama halnya dalam hubungan, kamu juga butuh untuk memperhatikan di level berapa energi hubunganmu. Jika kamu merasa sedih, kecewa, dan bosan bisa saja hubunganmu tidak sehat. Sebaliknya jika kamu merasa bahagia, puas, dan damai tandanya hubunganmu sangat baik.

5. Kamu didukung menjadi versi terbaikmu

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai IntrovertKaterina Holmes/Pexels

Sebuah harapan, mimpi, dan passion selalu ada di hati introvert. Sebisa mungkin dia akan mengejar apa yang dia cita-citakan dan hal yang dia sukai. Seperti memulai bisnis, mengajar anak-anak, atau membuka toko kue. Jika pasanganmu mendukung apa yang kamu mimpikan, tandanya dia juga mendukung kamu menjadi versi terbaikmu.

6. Pasanganmu bahagia, tapi tidak bergantung padamu

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai IntrovertPexels.com/Katerina Holmes

Kamu disatukan dengan pasanganmu tentu ada tujuannya, yaitu untuk saling mencintai dan bahagia bersama. Namun, bukan berarti bahagia bersama harus bergantung dengan pasangan. Ada kutipan menarik dari Will Smith, “Bahagianya dia bukan tanggung jawabku. Dia berhak bahagia dan aku juga berhak bahagia dengan cara kita masing-masing.”

Hubungan yang sehat tidak menjadikan pasangan selalu saling menggantungkan kebahagiaan, tapi masing-masing mereka membawa kesukaan dan latar belakang yang berbeda untuk saling berbagi dan menghasilkan rasa bahagia. Ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dan baik agar hubungan tetap sehat.

7. Pasanganmu membicarakan hal tersulit denganmu

7 Tanda Kamu Memiliki Hubungan yang Sehat Sebagai Introverthttps://www.pexels.com/@cristian-rojas/

Di balik kepribadian introvert yang pendiam, dia hanya ingin dimengerti dan dicintai karena dunia sering kali salah memahami dirinya. Kesalahpahaman itu bisa berakibat konflik tak berujung bagi pasangan. Apalagi jika ada masalah, pasanganmu memilih lari dan tidak menyelesaikannya secara baik-baik. Bahkan, hanya untuk memvalidasi emosi dalam diri.

Namun sebaliknya, jika pasanganmu mengetahui pentingnya jujur kepada pasangan untuk selalu membicarakan apa pun, hal itu akan membangun komunikasi yang baik dalam hubungan. Tandanya kamu juga memiliki hubungan yang sehat dengan pasanganmu.

Itulah 7 tanda kalau kamu memiliki hubungan yang sehat sebagai introvert. Hal utama dalam menjaga hubungan adalah komunikasi yang baik karena hal-hal yang dianggap sulit diselesaikan akan menjadi mudah dengan komunikasi. Jadi jangan lupa untuk terus saling memahami dan berusaha menjadi pasangan yang diinginkan ya, Bela.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik ENFP, Si Ekstrovert yang Paling Introvert!

Baca Juga: 5 Hal yang Diinginkan Seorang Introvert dari Pasangannya

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Dirasakan Introvert Saat Jatuh Cinta