Agar hubungan asmara tetap terjaga, setiap pasangan harus bisa memahami satu sama lain. Pasalnya, saat perempuan marah atau menginginkan sesuatu, dia akan mengeluarkan sifat kesal dan manjanya. Sementara laki-laki cenderung diam seribu bahasa dan hanya bicara seperlu yang dia inginkan. Bagi perempuan yang nggak terbiasa menghadapi situasi tersebut, mungkin akan kesal yang dapat memicu konflik.

Sifat laki-laki dan perempuan yang berbeda, tentu agar bisa saling melengkapi dan memahami. Walaupun laki-laki memang cenderung tertutup dan lebih suka sibuk dengan pikirannya sendiri, ciri-ciri layang sedang marah tapi masih sayang bisa diketahui, lho. Jadi, kalau lelaki tiba-tiba diam dan sungkan bicara kepadamu, bukan berarti dia sudah tidak cinta lagi dan akan meninggalkanmu.

Dari diamnya laki-laki kepada pasangannya, sebenarnya ada banyak hal yang masih dia pikirkan dan lakukan terbaik untukmu. Apalagi kalau dia bersikap dingin, jadi tambah bingung, bukan? Mungkin saja, lelaki memilih diam karena dia sedang memproses emosi dalam dirinya. Tepatnya, emosi marah yang jika dikeluarkan bisa menyakiti hati pasangannya.

Daripada penasaran, simak langsung 12 ciri-ciri lelaki marah tapi masih sayang dengan pasangannya di bawah ini!

1. Diam-diam memberi perhatian

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/Scott Webb

Ciri-ciri lelaki marah tapi masih sayang yang pertama adalah dia diam-diam memberikan perhatiannya kepadamu. Walaupun lagi dirundung emosi marah, lelaki yang sayang kepada pasangannya pasti akan selalu bertanya kondisi dan berusaha memenuhi kebutuhan pasangan. Mungkin memang nggak begitu kelihatan karena laki-laki dipenuhi rasa gengsinya.

Namun, kalau kamu ingin merasakan perhatian dari laki-laki yang sedang marah, dia masih peduli ketika kamu sakit, masih mau menjemputmu pulang kantor, membelikan makanan kesukaan, dan tetap menanyakan kesibukan harianmu yang padat. Dari semua kemungkinan yang tadi, tentu nggak semuanya dia berikan. Laki-laki memberikan perhatian satu per satu dan memang biasanya nggak kelihatan, tapi bisa dirasakan.

2. Khawatir kepadamu jika sulit dihubungi

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!pexels.com/budgeron-bach

Siapa bilang kalau laki-laki sedang marah akan benar-benar diam kepada pasangannya? Belum tentu, Bela. Justru meskipun sedang marah sekalipun, dia akan khawatir kepadamu ketika kamu sulit dihubungi. Jadi jangan kaget, kalau tiba-tiba pasanganmu panik dan langsung datang ke tempat terakhirmu yang diketahuinya. 

Itu karena dia betul-betul khawatir jika ada sesuatu yang buruk menimpamu. Walaupun perasaannya sedang bergejolak marah padamu, dia akan tetap menaruh rasa khawatir kepada pasangannya. Nggak mungkin kalau laki-laki masih sayang sama pasangannya, dia malah membiarkannya. Sebaliknya, karena rasa sayang masih ada, semarah apa pun, laki-laki akan tetap berusaha melindungi pasangannya.

3. Selalu mengingatkan walaupun dia sibuk

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/Emma Bauso

Pernah nggak ketika kamu mengira pasanganmu sibuk, tiba-tiba dia mengingatkanmu akan suatu hal? Misalnya, dia mengingatkan makan, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya yang mengingatkan akan kebaikan buat dirimu sendiri. Ya begitulah kalau laki-laki marah, tapi masih sayang. Dia tetap akan teringat tentang kebutuhan pasangannya.

Jadi, para kaum Hawa kalau ingin tahu laki-laki marah tapi masih sayang, dia akan selalu mengingatkan hal-hal kebaikan buat pasangannya. Mulai sekarang nggak overthinking lagi, kan? Buat perempuan yang masih diingatkan pasangannya, kamu harus bisa menyambutnya dengan baik supaya mengembalikan mood lelaki yang lagi marah.

4. Memintamu mendengarkan penjelasannya

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/Alena Darmel

Pertengkaran atau konflik dalam sebuah hubungan asmara itu hal yang wajar. Tandanya, kamu dan pasangan sedang dalam proses memahami satu sama lain sehingga sedikit perbedaan di awal bukan menjadi masalah yang besar. Namun, beda cerita kalau salah satu dari pasangan enggan mendengarkan penjelasan satu sama lain. Bukannya masalah selesai, justru pertengkaran semakin panas.

Namun, meskipun dia sedang marah, dia memintamu untuk mendengarkan penjelasannya. Tujuan dari hal tersebut karena dia ingin memberi pemahaman kepada pasangannya mengenai sesuatu yang bisa menjadi salah paham. Dalam kondisi ini, perempuan harus bisa paham bahwa pasangannya masih sayang dan ada hal yang ingin disampaikan, jadi dengarkanlah lebih dulu.

5. Menjaga ucapan dan emosi di depan pasangan

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Kalau dalam emosi marah, semua orang biasanya mengeluarkan ucapan sumpah-serapah kepada lawan bicaranya. Namun, berbeda dengan laki-laki yang sayang dengan pasangannya. Semarah apa pun, dia akan berusaha menjaga ucapan dan emosinya agar tetap stabil.

Tujuan dari menjaga ucapan dan emosi di depan pasangan agar bisa mengendalikan marah. Dia nggak ingin melukai fisik maupun hati pasangannya tanpa sadar. Dengan begitu, laki-laki berusaha untuk banyak mengalah dan menjaga emosinya dalam keadaan marah sekalipun. 

6. Terkadang menunjukkan sifat cemburu

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/RODNAE Productions

Walaupun kamu dan pasanganmu sedang bertengkar, jangan sekali-kali meninggalkannya, ya. Laki-laki yang marah tapi masih sayang mendiamkanmu bukan karena benci, namun untuk memberikan jeda waktu bertengkar. Biasanya, saat jeda tersebut laki-laki akan lebih posesif dan menunjukkan sifat cemburu. Wajar sih karena dia masih sayang dan nggak mau kalau kamu diambil lelaki lain.

Pesan buat para perempuan, cobalah mengerti perasaan pasanganmu. Dia mendiamkanmu bukan berarti ingin pisah. Justru dia ingin kalian saling belajar dari kesalahan yang lalu untuk menumbuhkan rasa cinta yang lebih dalam. Di balik marahnya, laki-laki juga sangat butuh kehadiran pasangannya untuk menenangkan hatinya.

7. Berusaha menyelesaikan masalah bersama

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!pexels.com/polina-zimmerman

Kebanyakan laki-laki akan menghindari masalah dengan pasangannya untuk beberapa saat. Itu karena dia membutuhkan waktu untuk mengelola emosi dan memikirkan jalan keluar dari masalah. Beberapa masalah memang ada yang mudah dan sulit diselesaikan. 

Namun hebatnya, laki-laki yang lagi marah tapi sayang sama pasangannya, dia akan berusaha menyelesaikan masalah bersama, sekalipun itu berat. Dia juga tidak nyaman berlama-lama dalam masalah dengan orang yang dicintainya. Jadi, jika pasanganmu berusaha menyelesaikan masalah dalam hubungan asmara, tandanya dia memang sedang marah tapi masih sayang padamu.

8. Rindu pertemuan denganmu

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Bagi pasangan yang memiliki hubungan jarak jauh atau yang sering disebut LDR (Long Distance Relationship), tentu memerlukan komunikasi yang baik dan lancar. Sebaliknya, jika ada kesalahpahaman antara pasangan, pasti akan menimbulkan konflik dan pertengkaran.

Kendati demikian, dia selalu rindu pertemuan denganmu. Ketika ada masalah yang terjadi, dia juga lebih lega bertemu langsung menemui pasangannya. Dia nggak suka jika ada salah paham yang terulang. Jadi untuk menunjukkan kesungguhan cintanya, dia rindu pertemuan denganmu dalam menyelesaikan masalah bersama. 

9. Menanyakan kabarmu ke teman

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!pexels.com/william-fortunato

Biasanya, pasangan yang sedang bertengkar akan memilih untuk tidak menghubungi satu sama lain dalam beberapa waktu. Namun, kalau laki-laki tersebut masih sayang, dia nggak tahan berlama-lama berpisah dengan pasangannya. Minimal dia ingin tahu kabar pasangannya lewat temannya.

Karena bingung dan cukup gengsi, laki-laki akan terus mencari cara agar bisa mengetahui kabar pasangannya. Yang paling mudah, tentu menanyakan kabar lewat teman terdekatmu. Bukan untuk menambah masalah, justru dia menanyakan kabar lewat temanmu sebagai bentuk kepeduliannya.

10. Tak ingin lama-lama bertengkar

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Freepik.com

Tak hanya itu, lelaki yang masih sayang juga berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan bijak dan mencari jalan keluar bersama pasangan. Dia berusaha untuk mengomunikasikan hal-hal yang menjadi penyebab pertengkaran dengan baik.

Hakikatnya, setiap pasangan yang masih terpaut kasih dan sayang di dalamnya tidak ingin lama-lama bertengkar. Hal tersebut karena pasangan kekasih saling membutuhkan untuk melengkapi kehidupan. Jadi, dia tak ingin lama-lama bertengkar denganmu, Bela.

11. Memastikan kondisimu baik-baik saja

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/KoolShooters

Selanjutnya, dia akan memastikan kondisimu baik-baik saja. Mungkin tidak secara tersurat. Namun. laki-laki yang sungguh-sungguh mempertahankan hubungannya, dia akan tetap peduli dan memastikan kondisimu baik-baik saja.

Walaupun dalam masa bertengkar, laki-laki yang masih sayang dengan pasangannya akan mencoba memperhatikan dan memedulikanmu dari jauh. Bagaimana pun caranya, dia akan terus mencari tahu agar mengetahui kamu dalam kondisi aman. So sweet, ya!

12. Nggak tega mendiamkanmu lama-lama

12 Ciri-Ciri Lelaki Marah tapi Masih Sayang, Anti Silent Treatment!Pexels.com/Hugo Martinez

Lelaki kalau sudah marah, bawaannya diam atau mengeluarkan emosinya dengan omongan yang menyakitkan. Tapi kalau dia sayang, mungkin akan memilih diam seribu bahasa membiarkan pasangannya menebak apa yang dimaksudnya. Walaupun perempuan dikaruniai kelebihan dalam perasaan, tetap saja sulit untuk menebak keinginan pasangan yang sedang marah.

Kalau sudah begini, nggak masalah memberikan waktu sendiri untuknya sambil menanyakan hal apa yang bisa dibantu. Dengan begitu, pelan-pelan hatinya akan luluh. Di samping itu, lelaki yang masih sayang nggak akan tega mendiamkan pasangannya lama-lama.

Itulah 12 ciri-ciri lelaki marah tapi masih sayang sama kamu. Penyebab marah memang banyak, tapi alasan untuk kembali hanya satu, yaitu cinta. Jika ada hal-hal yang mengganggu hubunganmu, sebaiknya dikomunikasikan dengan baik dan bijak. Semoga bahagia selalu kamu dan pasangan, ya.

Baca Juga: 10 Cara Membujuk Pacar yang Marah, Bikin Hatinya Adem Lagi

Baca Juga: Doa untuk Menentramkan Hati Istri Saat Marah

Baca Juga: 8 Tips Langgeng 5 Tahun Pertama Pernikahan, Penuhi Kebutuhan Pasangan