Setiap menjalin hubungan, tentunya ada potensi perselisihan di dalamnya. Bukan hanya hubungan profesional, tapi juga hubungan pribadi seperti percintaan juga dapat berujung konflik jika tidak diatasi dengan bijak. Untuk menjaga hubungan asmara memang perlu adanya komitmen kedua belah pihak dan saling berjanji agar tidak mengedepankan ego masing-masing.

Wajar jika dalam hubungan terdapat perbedaan yang menimbulkan konflik. Namun, hal tersebut bukan berarti kamu dan pasanganmu tidak bisa bersatu. Untuk mengatasi perbedaan dengan pasangan, sangat diperlukan sikap-sikap saling memahami dan mengerti pasangan. Dengan begitu, setiap perbedaan dalam hubungan bisa diatasi dengan bijak.

Karena saat perbedaan pendapat seringnya emosi tidak terkendali, penting bagi setiap pasangan belajar untuk mengatasi perbedaan dengan bijak. Ingin tahu? Simak enam cara mengatasi perbedaan pandangan dengan pasangan di bawah ini.

1. Kondisikan suasana menjadi komunikasi terbuka

6 Cara Mengatasi Perbedaan Pandangan dengan PasanganPexels.com/Katerina Holmes

Agar diskusi berjalan baik dan saling jujur, cobalah mulai mengondisikan suasana menjadi komunikasi terbuka. Bicarakan apa yang selama ini mengganggu hubunganmu dengan pasangan. Dalam diskusi ini, cobalah untuk tidak menyalahkan satu sama lain. Utamakan sikap jujur tanpa menekan pasangan. Dengan memulai komunikasi terbuka, bisa menandakan hubungan yang sehat.

Hal yang perlu diingat dalam membicarakan perbedaan dalam komunikasi terbuka ini adalah tidak berfokus hanya pada masalah. Namun, mendiskusikan hal yang bersifat solutif dan positif yang dapat mendorong permasalahan ke arah penyelesaian, sehingga kamu dan pasanganmu terhindar dari debat kusir yang tak berkesudahan.

2. Jadilah pendengar yang baik

6 Cara Mengatasi Perbedaan Pandangan dengan PasanganFreepik.com

Hal yang paling penting dari mengatasi masalah dengan pasangan adalah menjadi pendengar yang baik. Sangat tidak mungkin perbedaan pandangan bisa diselesaikan jika tidak ada orang yang mau mendengar dan memahami. Sebagai pasangan yang baik, penting juga untuk menjadi pendengar yang baik.

Cobalah dengarkan apa isi hati pasanganmu. Biarkan dia mengungkapkan hal yang selama ini mengganjal perasaan dan hanya disimpan sendiri. Tak masalah jika pasangan mulai mengeluhkan banyak hal tentangmu, tugasmu menjadi pendengar yang baik dan mengingatkan pasangan agar tidak melampaui batas.

3. Berusaha memahami pasangan

6 Cara Mengatasi Perbedaan Pandangan dengan PasanganPexels.com/Los Muertos Crew

Setelah menjadi pendengar yang baik dalam diskusi bersama, kamu juga perlu berusaha memahami pasangan. Biasanya, orang cenderung tidak setuju dengan pendapat yang lain jika berbeda. Konflik akan terjadi jika tidak adanya kesepakatan dan batas dalam menyelesaikan masalah. Namun, kalau kamu sudah berusaha memahami pasangan, tentu kamu akan bisa melihat sisi positif pasanganmu.

Saat kamu dan pasanganmu bisa saling memahami, kalian juga tidak mudah menyanggah atau menolak permintaan dan harapan yang dilontarkan oleh masing-masing. Tentunya kalian akan mencari jalan tengah untuk menemukan cara terbaik untuk kepentingan bersama. 

4. Jauhi ego pribadi

6 Cara Mengatasi Perbedaan Pandangan dengan Pasanganfreepik.com/lookstudio

Kalau sudah bicara soal hubungan asmara, pastinya membicarakan dua insan yang saling mencintai. Dengan begitu, saat mengatasi perbedaan dengan pasangan lewat diskusi, harus bisa saling menjauhi ego pribadi. Hindari juga sikap memanipulasi pasangan yang menuntut berdasarkan keinginan pribadi. Kalau memang ingin menghasilkan diskusi solutif, harus ada sikap dewasa menjauhi ego masing-masing.

Dalam mengatasi perbedaan dengan pasangan, menjauhi ego pribadi bisa menjadi tolok ukur apakah hubunganmu sehat atau tidak. Jika kamu dan pasangan bisa saling mengalah dan mencari solusi jalan tengah, tandanya ada upaya dari kamu dan pasangan untuk mengatasi perdebatan yang terjadi.

5. Tetap pada prinsip tanpa menekan pasangan

6 Cara Mengatasi Perbedaan Pandangan dengan Pasanganfreepik.com/lookstudio

Perihal membicarakan perbedaan tentu banyak melibatkan diskusi untuk mempertimbangkan banyak hal. Kalau kamu dan pasangan sudah bisa menjauhi ego pribadi, namun ada prinsip yang saling tidak bisa digeser, tidak masalah untuk tetap berpegang teguh dengan prinsip. Caranya tanpa menekan pasangan, ya.

Mungkin akan timbul pertanyaan, bagaimana menyatukan dua prinsip yang berbeda? Caranya tetap memilih jalan prinsip masing-masing dengan penuh tanggung jawab dan saling mendukung. Jangan pernah melontarkan ucapan penyesalan atas apa yang sudah kamu yakin mengambilnya.

6. Saling menghargai dan mulai berkompromi

6 Cara Mengatasi Perbedaan Pandangan dengan PasanganPexels.com/Shvets Production

Menemukan keseimbangan dan jalan tengah solusi mengatasi perbedaan dengan pasangan sangatlah penting. Caranya dengan berkompromi agar menemukan solusi dan membangun komunikasi terbuka antara pasangan. Dalam kompromi perlu adanya evaluasi dari kedua pihak agar tidak menimbulkan dominasi atau manipulasi yang membuat hubungan menjadi tidak sehat.

Setelah berkompromi dan menemukan solusi, terapkanlah sikap saling menghargai. Apa pun keputusan yang dibuat merupakan kebaikan untuk bersama. Hargailah dirimu dengan berkomitmen dan hargailah pasanganmu dengan terus mendukungnya.

Itulah 6 cara mengatasi perbedaan pandangan dengan pasangan. Yakinlah bahwa perbedaan tidak selamanya buruk. Justru membuat pasangan bisa saling mengerti satu sama lain tentang masa dengan dan harapan kedepannya. Semoga kamu dan pasanganmu bisa terus saling belajar memahami satu sama lain ya, Bela.

Baca Juga: Meski Tak Mudah, Ini 5 Alasan Pria Mau Menerima Perbedaan Pasangannya

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Perbedaan Bahasa Cinta dengan Pasangan

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan Personal