Setiap hubungan pasti memiliki masalahnya masing-masing. Seiring berjalannya waktu dan akhirnya kamu saling mengenal satu sama lain, masalah baru pun kerap muncul.

Bukan berarti hubungan yang sehat adalah hubungan yang bebas dari masalah, lho. Masalah dalam hubungan adalah hal yang wajar, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kalian menyikapi masalah tersebut. Jika kamu dan pasangan berhasil melewati masalah tersebut, hubunganmu bisa menjadi lebih erat dari sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menyelesaikan masalah dengan pasangan. Dicoba, ya!

1. Jujur pada diri sendiri dan pasangan.

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganpexels.com/vanessagracia

Kejujuran adalah hal yang utama dalam sebuah hubungan. Utarakanlah dengan jujur apa yang kamu rasakan pada pasangan. Tidak perlu gengsi atau menutupi perasaanmu, ingat apa pun yang kamu rasakan adalah valid.

2. Usahakan kamu ada tetap dalam keadaan tenang.

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan PasanganPexels.com/luizclas

Saat menghadapi masalah, tak jarang emosi mengontrol penilaianmu. Jika itu terjadi, tenangkan dirimu. Fokuskan diri pada penyelesaian masalah, bukan saling menyalahkan. Walaupun emosi, coba kendalikan diri agar tetap tenang dan emosi tidak menguasai dirimu.

3. Sampaikan keluhan dengan baik

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Jika kamu merasa ada sesuatu yang salah, baik itu soal perilaku pasangan atau kebiasaan buruk di dalam hubungan, atau bahkan hal-hal yang mengganjal hatimu, sampaikanlah pada pasangan. Tentu saja, bicarakan semuanya dengan baik, ya, jangan sampai terkesan menyalahkan pasanganmu.

4. Dengarkan pendapat pasangamu

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganfreepik.com/stockking

Orang sering kali lebih mudah berbicara, tapi sulit menjadi seorang pendengar yang baik. Jadi, selain menyampaikan apa yang kamu rasakan, jangan lupa untuk menjadi pendengar yang baik juga atas keluhan pasanganmu. Bisa jadi, masalah yang kalian miliki sebenarnya terjadi karena kesalahpahaman.

5. Berikan jeda saat kamu atau pasangan terlalu emosi.

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganpexels.com/Tirachard Kumtanom

Mengambil jeda saat terjadi sebuah argumentasi sangat disarankan, daripada kamu dan pasangan membuat keputusan yang akan disesali kemudian hari. Saat kamu butuh jeda, komunikasikan hal ini dengan pasangan, ya, jangan langsung hilang begitu saja. Silent treatment bukan sebuah solusi yang baik bagi hubunganmu.

6. Fokus kepada masalahnya, bukan orangnya

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganfreepik.com/nomadsoul1

Fokus untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu dan pasangan hadapi. Biasanya kita terlalu emosi dan menyalahkan pasangan, sampai lupa pada masalahnya yang sebenarnya. Hindari pula mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu, yang bisa membuat pertengkaran kalian tak kunjung usai.

7. Lebih baik curhat ke teman daripada media sosial

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan PasanganPexels.com/Immortal Shots

Jika kamu tidak sanggup menghadapinya sendiri dan membutuhkan pendapat dari orang lain, atau sekadar butuh tempat untuk meluapkan perasaam, curhatlah ke teman yang kamu percaya. Ini lebih baik dilakukan daripada kamu menumpahkan di media sosial, karena khawatir pasanganmu membacanya dan masalah menjadi lebih besar.

8. Usahakan bertemu atau minimal telepon

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganhttps://www.pexels.com/@karolina-grabowska

Menyelesaikan masalah melalui pesan singkat rentan terjadi salah paham, karena keterbatasan medium. Jika bertemu langsung atau minimal melakukan komunikasi lewat telepon, kamu akan bisa menjelaskan semuanya dengan lebih tepat.

9. Minta maaf dengan tulus

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganid.pinterest.com/7rpy

Jika memang kamu melakukan kesalahan, akuilah dan minta maaf dengan tulus. Hal ini sangat mempengaruhi keharmonisan hubungan, lho. Kamu juga pasti akan senang saat pasangan melakukan hal yang sama.

10. Jangan mudah menyerah

10 Cara Menyelesaikan Masalah dengan Pasanganhttps://www.pexels.com/@tima-miroshnichenko

Untuk menyelesaikan sebuah masalah memang tidaklah mudah, yang paling penting adalah kemauanmu dan pasangan untuk membuat hubungan ini berhasil dan menyelesaikan masalah yang ada. Jadi jika kamu memang benar-benar mencintainya, jangan mudah menyerah hanya karena satu masalah, ya, kecuali jika masalah tersebut sudah berulang, itu lain cerita.

Itu dia beberapa cara untuk menyelesaikan masalah dengan pasangan yang bisa kamu lakukan. Bisa dicoba kalau hubunganmu tengah dilanda masalah, ya, Bela.

Baca Juga: Pasangan Penuh Kejutan! Ini Kecocokan Zodiak Gemini dan Aquarius

Baca Juga: Jangan Risau! Coba Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Menjaga Jarak

Baca Juga: Kenali Pasangan Lebih Dekat dengan 40 Pertanyaan 'Deep Talk' Ini