Ketika mengetahui pasangamu berselingkuh, mungkin kamu merasa seolah dunia akan runtuh. Di momen menyakitkan tersebut, kamu juga akan merasa menjadi pribadi yang paling hancur karena kepercayanmu dikhianati. Di lain sisi, pasanganmu mencoba menutupi kesalahannya tersebut agar hubungan bisa tetap terselamatkan.  

Salah satu cara yang dilakukan oleh peselingkuh untuk menyelamatkan hubungan biasanya dengan mengucapkan beberapa "kata-kata ajaib" yang seolah membenarkan tindakan curangnya tersebut. Agar kamu tidak tertipu lagi, maka kamu harus mengetahui kalimat pembelaan sering dilontarkan oleh peselingkuh ketika mereka ketahuan.

1. "Itu tidak berati apa-apa"

Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh PeselingkuhPinterest.com/David Keith 2099

Jika pasanganmu berselingkuh dan melakukan hal-hal intim, mulai dari berciuman hingga bahkan berhubungan seks, dia mungkin akan mengatakan bahwa itu hanyalah angin lalu, maka kamu bisa merespons pernyataanya itu dengan tegas. Nyatakan bahwa kamu marah dan hal tersebut tidak pantas untuk dia lakukan. Tak jarang laki-laki yang berselingkuh menganggap hal-hal intim itu "bukan apa-apa", karena mereka lakukan atas dasar nafsu dan bukan perasaan cinta.

2. "Aku tidak akan melakukannya lagi"

Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh PeselingkuhPinterest.com/Focusonthefamily

Jika kamu memaafkan pasanganmu karena luluh dengan pernyataan ini, maka level kewaspadaanmu harus ditingkatkan. Pasalnya, banyak bukti yang menunjukkan bahwa sekali seseorang berselingkuh, maka ia akan mudah melakukannya lagi. Dengan kata lain, sifat selingkuh yang menempel pada seseorang ialah sifat yang seolah abadi tak terhapuskan pada diri.

Respons yang bisa kamu katakan terhadap pernyataan peselingkuh ini ialah dengan mengatakan bahwa kamu mengetahui ia akan melakukan tindakan curang ini lagi di waktu yang akan datang. Dengan begitu, pasanganmu akan berpikir ribuan kali sebelum melakukan tindakan yang melukai hubungan kalian ini.

3. "Maaf, Aku menyesal"

Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh PeselingkuhPinterest.com/Salvar o meu

Perkataan ini seharusnya dilontarkan oleh laki-laki bukan saat ia tertangkap basah berselingkuh, melainkan diucapkan ketika ia sudah mempunyai niat untuk berselingkuh atau mengaku berselingkuh sebelum ketahuan. Ucapan menyesal ini juga bisa menjadi salah satu ciri bahwa pasanganmu seorang yang narsistik, lho. Hal ini dikarenakan orang yang narsistik selalu mengabaikan perasaan dan berkamuflase seolah-olah menjadi sosok yang paling peduli dan perhatian terhadap orang lain. Kamu boleh saja memaafkannya, tapi kamu tetap harus waspada karena bukan tidak mungkin dia hanya menyesal karena ketahuan.

4. "Karena kesalahanmu, Aku melakukannya"

Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh PeselingkuhPinterest.com/Breakdotcom

Banyak laki-laki yang menjadikan pernyataan ini sebagai alasan untuk berselingkuh. Nyatanya, tindakannya berselingkuh tersebut bukan sepenuhnya salahmu, lho. Keputusan untuk berselingkuh tersebut disebabkan oleh pikirannya yang menganggap bahwa ia pantas memiliki semua yang diingkan, termasuk keinginan untuk berselingkuh.

Ketika kamu dihadapkan dengan pernyataan ini, maka yang bisa kamu katakan ialah dengan mengakui bahwa kekuranganmu bukanlah penyebab ia berselingkuh, melainkan dirinya sendiri yang menjadi penyebab semua kerusakan yang ada dalam hubungan kalian.

5. "Aku dilecehkan"

Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh PeselingkuhPinterest.com/Moneytalksnews

Sebagian besar laki-laki menutupi kecurangannya dengan mengaku bahwa ia adalah korban, bahwa ia adalah pihak yang digoda. Padahal, pernyataan berbohongnya tersebut merupakan tindakan yang ia lakukan untuk mengalihkan perhatian dari topik permasalahan yang sedang dihadapi. Respons yang bisa kamu lontarkan terhadap pernyataan ini ialah kamu tetap fokus membicarakan kecurangannya.

6. "Dia berbeda dengan kamu"

Ini 6 Kalimat Pembelaan yang Sering Dilontarkan oleh PeselingkuhPinterest.com/Thought catalog

Pernyataan ini ada karena kesalahannya yang tidak sepenuhnya mengenalmu, lho. Biasanya, pernyataan ini akan terlontar dari laki-laki yang mudah bosan dalam hubungan dan suka mencoba hal yang baru. Ketika kamu dihadapi dengan pernyataan ini, maka kamu bisa meresponsnya dengan membiarkan ia pergi dari hidupmu.

Memaafkan pasangan yang berselingkuh memang tidak mudah, Bela. Semua itu ada di tanganmu. Jangan mau disalahkan, karena kesalahan yang sebenarnya dilakukan pasangan. Kenali juga kalimat-kalimat pembelaan yang sering diucapkan peselingkuh ini, supaya kamu tahu cara mengambil langkah selanjutnya. Mau terus atau bubar saja.

Baca Juga: Coba Lebih Peka! Ini 5 Tanda Pacarmu Berniat untuk Selingkuh

Baca Juga: 4 Tahapan Emosional dalam Perselingkuhan, Waspadai Sejak Awal!

Baca Juga: Dikenal Memiliki Segalanya, 5 Kpop Idol Pernah Jadi Korban Selingkuh