Mengucap kata "maaf" memang sebuah solusi paling ampuh untuk mengatasi masalah yang ada dalam hubunganmu. Namun, kamu harus tahu, mengucap kata maaf terlalu sering ternyata bisa menimbulkan efek yang tidak sehat bagi hubungan, lho.  

Terlalu sering melontarkan kata maaf kepada pasangan atas hal yang tidak kamu lakukan atau atas hal-hal yang ingin kamu lakukan nyatanya bisa membuat hubunganmu menjadi rusak. Hal ini dikarenakan pasangan akan menilaimu sebagai orang yang lemah dan memungkinkan penindasan untuk mendominasi kamu. Nggak hanya itu, terlalu sering mengucap kata maaf juga akan membuat kepercayaan diri kamu menjadi hilang. 

Nah, agar kata "maaf" yang terucap ke pasangan tidak menjadi perusak hubunganmu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menggunakan kata maaf. Kira-kira apa saja ya hal tersebut? Untuk mengetahuinya, simak artikel di bawah ya!

1. Jangan minta maaf karena berambisi

Mau Hubungan Langgeng? Jangan Minta Maaf Terhadap 4 Hal Ini!Pinterest.com/Psychologytoday

Hubungan dan karier memang dua hal yang krusial dalam hidup. Di saat ingin berambisi dengan karier, di situlah muncul ketakutan akan menjadi jauh dengan pasangan. Kamu mungkin takut pasangan menjadi marah karena kamu sibuk mengejar karier atau khawatir pasangan minder ketika karier kamu melesat, kamu memutuskan untuk meminta maaf kepadanya. Padahal, permintaan maaf tersebut tidak perlu dilakukan. Kamu tidak perlu meminta maaf ketika kamu ingin mengejar ambisimu. Pasangan yang baik adalah pasangan yang selalu suportif terhadap setiap mimpi-mimpimu.

2. Jangan minta maaf karena menginginkan ruang

Mau Hubungan Langgeng? Jangan Minta Maaf Terhadap 4 Hal Ini!Pinterest.com/BrandonScott

Walaupun sudah berpasangan, bukan berarti semua waktumu dihabiskan bersama pasangan. Kamu tetap butuh "me time" dan butuh ruang untuk bisa melakukan apa yang ingin kamu lakukan secara sendiri. Hal yang harus kamu lakukan adalah saling menghormati ruang dan waktu "me time" tersebut. Selain itu, hal penting lainnya, kamu tidak perlu meminta maaf kepada pasangan atas waktu "me time" mu itu.

3. Jangan minta maaf karena menjadi emosional

Mau Hubungan Langgeng? Jangan Minta Maaf Terhadap 4 Hal Ini!Pinterest.com/Romper

Berhentilah untuk takut dalam mengekspresikan emosimu kepada pasangan. Jangan takut mendapat cap "emosional" ketika kamu perlu menunjukan hal itu. Ingat, kamu sama sekali tidak perlu meminta maaf dalam hal ini, karena pada dasarnya emosi merupakan sebuah ekspresi yang wajar.

4. Jangan minta maaf karena berbicara jujur

Mau Hubungan Langgeng? Jangan Minta Maaf Terhadap 4 Hal Ini!Pinterest.com/Charleneeckstein

Kamu nggak perlu minta maaf ketika ingin berkata jujur kepada pasangan ya, Bela. Jangan takut juga untuk memberikan kritik yang membangun bagi pasangan atau sekadar berpendapat. Pada dasarnya, dalam hubungan, posisi perempuan maupun laki-laki tidak ada yang lebih dominan. Kalau kamu mempunyai pasangan yang tidak bisa menghargai kejujuranmu, maka bisa dipastikan ada yang salah dengan hubunganmu.

Baca Juga: Mabuk Asmara, Ini 9 Kesalahan Umum Sering Dilakukan di Awal Hubungan