Tak bisa dipungkiri, mengakhiri hubungan dengan pasangan merupakan salah satu bagian terberat dalam hubungan asmara. Berbagai kenangan manis yang pernah dilalui bersama mantan pasangan akan menghantui pikiran dan membuat kamu menjadi sedih tak karuan. Di fase ini pula, kamu merasa butuh waktu untuk menyendiri dan mengintropeksi diri atas semua hal yang terjadi.

Namun, di balik itu semua, kamu harus tahu bahwa sedih dan perasaan ingin menyendiri merupakan hal yang sangat normal, lho. Pasalnya, kedua hal tersebut termasuk ke dalam 11 fase yang akan dialami oleh perempuan saat mereka putus cinta. Tenang saja, di 11 fase tersebut tidak melulu soal sedih dan keterpurukan, kok, karena pada akhirnya kamu akan menemukan kebaghagianmu kembali. 

Spesial untuk kamu, yang mungkin baru putus cinta, berikut 11 fase tersebut.

1. Tidak merasakan emosi apa pun

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Wattpad

Tahap yang ini merupakan tahap tersulit. Di tahap ini kamu seolah tak acuh dengan situasi yang terjadi. Kamu tidak memedulikan mantan pasangan atau hubunganmu yang telah bertahun-tahun kamu bina. 

2. Emosi mulai naik dan mengenang berbagai kenangan manis

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Flickr

Jika di tahap pertama kamu seolah tak acuh, maka pada tahap ini kamu mulai merasakan yang namanya "galau". Kamu akan mengenang berbagai kenangan yang pernah kamu lalui bersama mantan pasangan dan di fase inilah emosimu mulai timbul dengan bentuk emosi yang beragam. Kamu akan merasakan sedih, marah, menyesal, atau bahkan gembira. 

3. Mengakhiri emosi

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Vsco

Setelah dihantui oleh emosi yang beragam, di fase selanjutnya kamu akan melangkah maju. Kamu akan mengakhir tangisanmu dan akan "move on". Di fase ini juga kamu menghempaskan hal-hal negatif yang selama ini mengekang dirimu untuk berkembang. Kamu juga ogah melakukan PDKT dalam waktu dekat dan memfokuskan diri kepada diri sendiri. 

4. Fase rebound

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Organicspamag

Di fase ini, kamu memutuskan untuk membuka lembaran baru dalam kisah asmaramu. Kamu mulai membuka hati untuk orang lain, entah itu untuk mencari pengganti kekasih atau hanya sekadar memperluas pertemananmu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memperbaiki serta meningkatkan rasa kepercayaan diri setelah "hancur" karena kisah asmara sebelumnya.

5. Mulai bosan

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Karlie Photograph

Masih belum menemukan sosok pengganti, di fase ini, kamu mulai merasa jenuh. Kamu merasa hampa karena tidak ada pasangan yang bisa melakukan kegiatan seru di waktu luangmu. Kesepian dan kebosanan ialah dua hal yang akan menjadi teman setiamu pada fase ini.

6. Mengunduh aplikasi kencan

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Freepik

Setelah dihantam dengan rasa bosan dan sepi, kamu memutuskan untuk mengunduh aplikasi kencan. Keputusan ini ada lantaran kamu penasaran dengan dunia luar dan juga ingin menyibukkan diri. Di fase ini, kamu sangat antusias melihat perubahan dunia kencan dan melihat peluang pasangan yang akan kamu dapatkan.

7. Menghapus aplikasi kencan

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Byrawpixel

Fase ini bisa dilalui oleh beberapa orang yang merasa kecewa ketika bermain aplikasi kencan. Pesan tidak senonoh yang didapatkan di aplikasi tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak perempuan langsung mengahpus aplikasi kencan yang baru saja mereka unduh. 

8. Mulai mengandalkan teman lebih dari biasanya

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Wattpad

Karena kesendirian, kamu akan jauh lebih dekat dengan teman-temanmu. Kalendermu akan penuh dengan jadwal pertemuan dengan teman-teman untuk melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Di fase ini, kamu akan merasakan sibuk yang membahagiakan. Perasaan sedih juga akan hilang karena kamu tidak punya waktu untuk menyendiri dan menangisi segala hal yang telah berlalu.

9. Melupakan kencan

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Independent

Terlalu nyaman dengan situasi yang membahagiakan, kamu mulai enggan untuk kencan dan mencari sosok pengganti mantan pasanganmu. Saat kamu mencoba untuk memikirkan kencan, kamu malah terbayang oleh rasa sakit dan takut. 

10. Single dan bahagia

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Omsphoto1

Mungkin kamu tidak mempercayai bahwa kamu sudah di fase ini dengan perasaan yang gembira. Kamu merasa bangga dengan pencapaianmu di titik ini. Kamu juga merasa bahwa semua hal yang telah berlalu membuat dirimu jauh lebih mandiri dan membuat harga diri serta kepercayaan diri juga ikut meninggi. 

11. Siap untuk memulai hubungan kembali

Ini 11 Fase yang Dialami Perempuan Setelah Putus CintaPinterest.com/Xnihilo_official

Ketika semua sudah terlewati, luka di hati turut sembuh, serta jiwa dan raga siap untuk kembali, maka ini lah momen yang tepat untuk membuka hati untuk mencari pengganti pasanganmu.

Nah, itu dia 11 fase yang biasanya akan kamu hadapi setelah putus cinta. Nggak perlu khawatir, Bela, semua akan sembuh seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Paling Bijaksana dan Dewasa, Pakai 7 Cara Ini Untuk Putuskan Si Dia

Baca Juga: Ingatlah 6 Hal Ini Saat Berkencan dengan Si Dia yang Baru Putus Cinta

Baca Juga: Putus dengan Kekasih, 5 Artis Korea Ini Melakukan Hal Memalukan