Ketika kamu sedang menjalin hubungan asmara, maka komitmen ialah satu hal yang paling penting dan tak boleh terlewatkan. Hal ini dikarenkan komitmen merupakan hal dasar dalam hubungan asmara yang menjadi acuan untuk menyamakan pemikiran dan sudut pandang. Tanpa adanya komitmen, hubungan asmaramu hanya sekadar status tanpa arah tujuan yang jelas.

Komitmen juga membawa peran penting bagi hubungan, lho. Salah satunya ialah komitmen mampu menjadi perekat antar dua orang untuk saling melengkapi satu sama lain. Enggak hanya itu, dengan adanya komitmen, hubunganmu juga tidak mudah kandas karena adanya tujuan yang terbangun di dalam komitmen tersebut. 

Lalu, bagaimana bentuk komitmen dalam sebuah hubungan? Jawabannya beragam. Mulai dari memberikan kebebasan kepada pasangan, mampu menerima perbedaan, dan saling melengkapi satu sama lain ialah bentuk dari komitmen. 

Namun, nggak hanya itu aja, ada banyak bentuk nyata dari adanya sebuah komitmen dalam hubungan. Apa saja bentuk nyata tersebut? Berikut Popbela berikan 7 bukti nyata adanya komitmen dalam hubungan asmara

1. Sering menghabiskan waktu berdua

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 Tandanyahttps://www.pexels.com/@llucams

Ciri utama kalau hubunganmu dalam komitmen ialah kamu dan pasangmu sering menghabiskan waktu bersama. Dalam hal ini, menghabiskan waktu bersama tidak melulu harus bertemu secara fisik, lho. Bisa saja melakukan komunikasi secara virtual atau melalui telepon setelah kalian pulang bekerja. Ketika sering menghabiskan waktu secara bersamaan, secara tidak langsung kalian sudah meluangkan waktu satu sama lain untuk menjaga hubungan asmara kalian. 

2. Menampilkan hubungan asmara di depan umum

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 TandanyaPinterest.com/Vanessatothphotography

Ciri selanjutnya dari hubungan dalam komitmen ialah memperkenalkan siapa pasanganmu di depan umum, baik itu di depan teman-teman, keluarga, atau bahkan sekadar mengunggah fotonya di media sosial kamu. Hal ini secara tidak langsung memberikan gambaran bahwa hubungan kalian berada pada kondisi yang nyaman dan baik-baik saja kepada publik. Memperlihatkan kebersamaan kalian di depan publik juga meminimalisir perilaku 'curang' di antara kalian, sepertinya misalnya ada salah satu dari kalian yang selingkuh.

3. Selalu ada untuk pasangan

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 TandanyaPinterest.com/Hercampus

Berkomitmen artinya kamu selalu ada untuknya, demikian pula dia untuk kamu. Kalian tak hanya saling mengisi saat masa-masa bahagia, tapi kalian juga selalu bersama saat menghadapi masalah. Tak ada yang lebih menyenangkan dibanding bisa melalui masalah dengan orang terkasih. Sikap saling mendukung dan saling berbagi inilah bentuk dari sebuah hubungan dengan komitmen.

4. Berlibur bersama

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 TandanyaPinterest.com/Mafermarion

Berlibur bersama juga menjadi salah satu tanda kalau hubunganmu dilandasi dengan komitmen. Hal ini dikarenakan saat berlibur kamu bukan hanya menghabiskan waktu berdua yang bisa memperekat hubungan, tapi juga bisa digunakan sebagai momen dalam membangun kenangan bagi satu sama lain. 

5. Merencanakan masa depan bersama

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 TandanyaPinterest.com/Somewheredivine

Kalau kekasihmu berbicara tentang bagaimana rencana di masa depan denganmu, maka kemungkinan hubunganmu akan bertahan lama karena adanya komitmen yang terbangun. Hal ini terjadi karena biasanya orang yang sudah terikat dalam komitmen tidak lagi membuat keputusan berdasarkan keinginannya sendiri, melainkan melibatkan pasangannya. Sehingga, ketika ia membuat rencana masa depan bersamamu, hal tersebut menjadi sebuah pertanda yang baik bagi hubunganmu. 

6. Berbagi rahasia

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 TandanyaPinterest.com/Abbi Hearne

Salah satu adanya komitmen dalam hubungan asmara ialah adanya kepercayaan terhadap satu sama lain. Hal ini bisa terlihat dari aksi membagikan informasi yang sifatnya pribadi atau rahasia kepada pasangan. Oleh karena itu, ketika kamu dipercaya oleh pasangan dengan tahunya kamu terhadap informasi pribadinya tersebut, maka bisa dikatakan hubunganmu berada dalam komitmen.

7. Kompromi demi kenyamanan bersama

Arti Komitmen dalam Sebuah Hubungan, Kenali 7 TandanyaPinterest.com/Mariavizuete

Ketika berada dalam hubungan berkomitmen, seharusnya sudah tidak ada lagi sikap egois atau mau menang sendiri. Semua keputusan sudah seharusnya dilakukan demi kenyamanan dan kebahagiaan bersama. Ketika kamu dan pasangan bisa saling kompromi itu tandanya kamu berada dalam hubungan yang penuh komitmen.

Itu dia beberapa arti komitmen dalam hubungan dan tanda-tandanya. Apakah kamu sudah menemukannya di dalam hubunganmu, Bela?

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Berkomitmen Menjaga Hubungan

Baca Juga: 7 Tanda yang Menandakan kalau Kamu Belum Siap Berkomitmen

Baca Juga: 8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu