Sering kali, sebagai perempuan, kita dipandang tidak pantas kalau punya karier yang lebih baik dibanding laki-laki. "Jangan terlalu tinggi pangkatnya, nanti laki-laki yang mau nikahin kamu jadi minder," kurang lebih begitu nasihat orang tua.

Tak hanya generasi tua yang berpikiran semacam itu, pacar kita sendiri pun secara tidak langsung setuju kalau dia harus lebih sukses dari kita. Bahkan mereka lebih baik putus dibanding memiliki pacar yang gajinya lebih tinggi. Padahal kamu boleh (kalau bukan harus), lho, punya karier sesukses apa pun yang kamu bisa. 

Hubungan adalah sebuah tim, bukan persaingan

Meski Perempuan, Kamu Boleh Lebih Sukses dari Pacarmu dalam Karier https://www.pexels.com/@olly

Pacarmu harusnya melihat kamu sebagai tim, bukan pesaing dalam karier. Dia tidak seharusnya keberatan jika kamu menyalipnya dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lebih banyak. Kesuksesanmu harusnya juga jadi bagian dari kesuksesannya.

Alih-alih malu, harusnya pacar mendukungmu

Meski Perempuan, Kamu Boleh Lebih Sukses dari Pacarmu dalam Karier Pexels.com/Vjapratama

Dia tak seharusnya malu jika kamu lebih sukses dalam karier. Justru dia harus menjadi pendukung nomor satu, memberikan masukan yang baik untukmu, dan menjaga hubungan kalian agar tetap berjalan baik-baik saja. 

Lebih sukses, tidak berarti lebih mendominasi

Meski Perempuan, Kamu Boleh Lebih Sukses dari Pacarmu dalam Karier unsplash.com/amyjoyhumphries

Ini alasan yang banyak diungkap pria kenapa mereka enggan jika pacarnya lebih sukses dalam karier. Mereka takut pacarnya berubah jadi lebih mendominasi karena merasa memiliki segalanya. Padahal kita bisa tidak seburuk itu, kan, Bela?

Siapa pun berhak sukses, termasuk perempuan

Meski Perempuan, Kamu Boleh Lebih Sukses dari Pacarmu dalam Karier twitter.com

Setiap manusia dianugerahi Tuhan dengan keahlian dan siapa pun bisa meraih kesuksesan dengan memaksimalkan keahliannya. Tentu tak terkecuali perempuan. Jika kita memang hebat dalam suatu bidang, kenapa harus menjadi biasa saja hanya karena kita perempuan?

Bela, yang perlu diingat agar kesuksesan dalam karier tidak mengganggu hubungan adalah menjaga karaktermu, tetap rendah hati, dan saling memotivasi dengan pacarmu.

Baca Juga: Ingin Karier Melesat? Ini 11 Kiat Untuk Meningkatkannya