Saat kencan, siapa yang harus bayar? Bolehkah kamu traktir si dia makan? Kalau penghasilanmu lebih tinggi apa pacarmu akan minder dan hubungan kalian akan lebih berisiko cepat putus? 

Tidak ada etika paten dalam keuangan di masa pacaran. Tapi paling tidak ada lima etika yang perlu kita perhatikan saat mengeluarkan uang bersama dengan pacar.

1. Sepakati dari awal

5 Etika Mengeluarkan Uang Saat Pacaranfreepik.com/freepik

Ini wajib, kalian harus sama-sama sadar dengan keuangan masing-masing dan membuat kesepakatan untuk setiap hal yang akan terkait dengankeuangan selama pacaran, dari hal kecil seperti soal bayar makan saat kencan, hinggal hal yang besar seperti biaya rencana pernikahan (jika ada) harus disepakati di awal.

2. Perempuan boleh berpenghasilan lebih tinggi dari pacarnya

5 Etika Mengeluarkan Uang Saat Pacaranunsplash.com/Josh Appel

Laki-laki nggak selalu harus bergaji lebih tinggi dari pacarnya. Jadi jangan sampai kamu menghambat peluang kariermu sendiri hanya demi pacarmu tidak minder di depanmu. Berkaryalah sebaik mungkin, jika uangmu lebih banyak berarti kamu memang berkompeten. Harusnya pacarmu ikut terpacu agar menjadi versi terbaik dari dirinya.

3. Selalu minta izin saat memakai uangnya

5 Etika Mengeluarkan Uang Saat Pacaranthesavvycouple.com

Mentang-mentang sudah pacaran bukan berarti kita bebas membuka dompetnya, menggesek kartunya, dan ikut campur dengan finansialnya. Berikan dia ruang sendiri untuk urusan keuangan. Bahkan jika dia mengizinkanmu untuk menggunakan uangnya secara bebas, sebaiknya kamu menolak. Katakan kalau kamu memiliki uang sendiri dan sebaiknya uangnya juga menjadi hak dia sendiri sampai kalian sah berpasangan.

4. Selalu gantian bayar saat kencan

5 Etika Mengeluarkan Uang Saat Pacaranwww.pexels.com/

Kata siapa harus laki-laki yang bayar saat kencan? Tak ada salahnya perempuan bayar kencan sesekali, karena itu menjadi bentuk harga diri kita. Pacaran adalah hubungan dua orang yang saling timbal balik. Dia bukan sandaranmu dan kamu juga perempuan mandiri yang tidak butuh sandaran. Dia juga pasti akan lebih menghargaimu, kok.

5. Jangan buat tabungan bersama

5 Etika Mengeluarkan Uang Saat PacaranPexels.com/Maitree Rimthong

Kalaupun kalian berencana menikah dan ingin membuat tabungan bersama, jangan gunakan satu rekening. Tabunglah di rekening masing-masing. Untuk mengontrolnya kalian bisa saling melaporkan jumlah uang yang kalian tabung tiap bulannya. Memiliki satu tabungan bersama akan sangat berisiko jika ternyata kalian harus putus di tengah jalan. Siapa yang tahu kan?

Jadi, selama ini kamu atau pacarmu yang bayar saat kencan, nih?

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Masih Single