Perbedaan usia dalam hubungan sering kali menjadi masalah bagi sebagian orang. Sebab biasanya, berbeda usia maka berbeda pula pola pikir dan gaya hidupnya. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang merasa bimbang. Apakah hubungan tersebut layak untuk dilanjutkan atau sebaiknya diakhiri saja?

Meski begitu, menjalin hubungan dengan orang yang lebih muda juga sebenarnya memiliki beberapa kelebihan, antara lain pacaran jadi lebih menyenangkan, gaya pacaran yang lebih terbuka, bahkan bisa jadi awet muda karena aura positif dari pasangan.

Untuk memastikan hubungan harmonis dan langgeng, ada beberapa tips berkencan dengan laki-laki lebih muda yang bisa kamu coba. Yuk, simak!

1. Mengakui dan menerima adanya perbedaan usia

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!soompi.com

Untuk memiliki hubungan harmonis dengan laki-laki yang lebih muda adalah dengan mengakui dan menerima fakta tersebut. Tak perlu malu atau menutupi fakta bahwa pasanganmu lebih muda darimu. Sebab, hal ini bukan sesuatu yang perlu disembunyikan. Kamu harus tetap bangga menunjukkan pasanganmu kepada orang-orang di sekitar.

2. Tetap percaya diri di depan pasangan maupun orang lain

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!soompi.com

Selanjutnya, pastikan kamu juga tetap tampil percaya diri, baik di depan pasangan maupun di depan orang lain. Tak perlu minder atau takut pasanganmu akan melirik perempuan lain. Sebab, jika kamu percaya diri, maka aura dirimu pun jadi lebih menarik. Bahkan, jika kamu tetap percaya diri maka pasangan bisa jadi makin cinta sama kamu lho, Bela!

3. Jangan anggap dirimu sebagai sosok lebih tua yang harus dihormati

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!Pexels.com/Tran Long

Meskipun secara umur kamu memang lebih tua dari pasangan, hubungan harus tetap berjalan dengan setara. Artinya, kamu tidak bisa menganggap dirimu sebagai sosok lebih tua yang harus dihormati pasangan.

Ingatlah untuk tidak bertindak layaknya kamu adalah orangtua dia. Sebab, selain membuat tak nyaman, hal tersebut justru akan menjadi kebiasaan toxic bila terus-menerus dilakukan.

4. Cobalah untuk tidak banyak menuntut, agar dia tidak merasa terkekang

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!Pexels.com/Samson Katt

Berkencan dengan laki-laki lebih muda, berarti kamu sudah mengetahui hal-hal yang mungkin terjadi, termasuk adanya perbedaan gaya hidup dan pola pikir. Untuk memastikan hubungan tetap harmonis, cobalah untuk tidak banyak menuntut dirinya agar sesuai dengan keinginanmu.

Misalnya, kamu menuntut dia untuk menikah secepatnya, padahal dia masih muda dan belum siap menikah. Bila kamu banyak menuntut, justru hal tersebut akan membuatnya merasa terkekang dan tidak bahagia dalam menjalin hubungan.

5. Punya hobi sendiri untuk mengimbangi perbedaan gaya hidup

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!www.unsplash.com/ Pill Coffman

Jika perbedaan usia antara kamu dan pasangan membuat kalian memiliki kegiatan yang jauh berbeda, tak perlu jadikan hal tersebut sebagai masalah ya, Bela! Lebih baik kamu tentukan hobi dan kesenanganmu sendiri. Tujuannya, untuk mengimbangi perbedaan antara kamu dan pasangan, juga agar kamu tak merasa kesepian saat dia sedang asyik berkumpul bersama teman-temannya.

6. Sesekali ikut bersenang-senang, tak ada salahnya kok!

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!Pexels.com/cottonbro

Meski kamu merasa sudah tidak cocok untuk bersenang-senang a la anak muda, nyatanya tak ada salahnya untuk sesekali mencoba. Jika kamu meluangkan waktu untuk melebur dan bergabung dengan dunianya, justru akan membuat pasangan merasa dihargai. Selain itu, kalian jadi punya lebih banyak waktu berharga untuk dihabiskan bersama-sama.

7. Pastikan komunikasi terjaga dengan baik dan saling terbuka

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Menjaga komunikasi dan selalu terbuka satu salam lain juga termasuk sebagai tips berkencan dengan laki-laki yang lebih muda. Hal ini dilakukan untuk memastikan hubungan kalian sehat tanpa rahasia. Kalian berdua harus mulai membicarakan harapan, kebutuhan, ketakutan, hingga kekhawatiran untuk menemukan solusi bersama-sama.

8. Tak perlu dengarkan omongan orang selama kamu dan dia bahagia

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!tvn.com

Sejatinya, jalinan asmara yang dijalani adalah antara kamu dan pasangan. Untuk itu, tak perlu dengarkan apa kata orang lain, ya, Bela! Meski berpotensi dicemooh karena berkencan dengan laki-laki lebih muda, ingatlah selalu bahwa hal tersebut tidak benar. Tanamkan keyakinan dalam dirimu bahwa hubungan yang kalian jalani adalah layak dan mampu membuatmu bahagia.

9. Ketahui apa yang kamu inginkan untuk hubungan tersebut

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!Amber Kipp/Unsplash

Berkencan dengan laki-laki lebih muda bukan berarti hubungan bisa terus main-main tanpa kejelasan. Untuk itu, ketahuilah apa yang kamu inginkan pada hubungan tersebut. Apakah ingin hubungan jangka panjang hingga menikah, atau ingin hubungan kasual yang berjalan dengan apa adanya. Semua harus dikomunikasikan secara terbuka, ya, Bela!

10. Ciptakan ruang pribadi untuk dirimu sendiri dan juga dirinya

10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!seeannajane.com

Terakhir dan tak kalah penting, kamu harus ciptakan ruang pribadi untuk dirimu dan pasangan. Daripada selalu menghabiskan waktu bersama pasangan hingga akhirnya merasa bosan dan suntuk, cobalah untuk nikmati waktu untuk diri sendiri.

Lakukan semua hal yang kamu sukai tanpa perlu mengkhawatirkan apa pun. Niscaya, kamu dan pasangan bisa jadi lebih antusias pada kegiatan masing-masing, hingga akhirnya memiliki hubungan sehat dan harmonis.

Nah, itulah dia beberapa tips berkencan dengan laki-laki yang lebih muda. Dengan menerapkannya, hubunganmu bisa jadi lebih langgeng lho, Bela!

Baca Juga: Tetap Serasi, 5 Pasangan KDrama Song Hye Kyo Ini Usianya Lebih Muda

Baca Juga: 8 Artis Wanita Ini Pacari Pria Lebih Muda, Ada yang Beda 36 Tahun!

Baca Juga: 5 Masalah Sering Dialami Saat Kamu Pacaran dengan Laki-laki Lebih Muda